Hal Menarik Tentang Pria Jerman

Apa yang terbayang dari Anda bila bertemu pria Jerman pertama kali? Apa yang Anda pikirkan bila berkencan dengan pria Jerman? Apakah Anda sedang menjalin hubungan dengan pria Jerman? Apakah Anda memimpikan pria Jerman sebagai pasangan hidup?

Jika pria-pria yang berasal dari Italia, Perancis atau Spanyol kerap dipandang romantis, pintar merayu dan bahkan seksi menurut pendapat kebanyakan perempuan berdasarkan survei di Inggris, lalu bagaimana dengan pria asal Jerman?

Berikut hasil pengamatan dan pengalaman saya:

1. Tepat waktu/Disiplin dalam hal waktu

Bila kita kencan dengan pria Jerman, mereka akan selalu datang tepat waktu. Mereka lebih memilih menuggu di awal 25 menit misalnya, daripada terlambat 5 menit. Mereka akan menganggap kita tidak sopan jika kita terlambat datang. Jadi jika kencan dengan pria jerman, harap diingat datang tepat waktu.

Lalu, jika mengajaknya keluar pergi “nongkrong”, mereka tidak paham. Buat mereka harus ada tujuan yang jelas, sehingga mereka lebih memilih di rumah. Dialognya bisa diganti, “Let’s have a coffee outside” misalnya.

2. “Gila kerja”

Boleh dibilang Jerman adalah negeri para pria, hal-hal yang berbau “teknik”, “inovasi”, dan eksakta meski Jerman tidak pernah mengenal perbedaan pria dan wanita. Saya melihat pria Jerman sibuk dengan aktivitas pekerjaannya atau “gila kerja”.

Namun jika libur atau akhir pekan tiba, mereka akan khusus memprioritaskan waktunya buat keluarga dan orang yang disayang.

Jadi jangan mudah menaruh curiga bila pacar sedang tidak bisa dihubungi, itu artinya mereka sibuk bekerja. Mereka cukup mampu membedakan ranah pekerjaan/bisnis dengan urusan personal/keluarga.

3. Serius dan tidak suka humor

Bila bertemu di awal, mereka memiliki tampang serius dan tidak senyum. Namun, jika Anda berhasil memikatnya dijamin mereka juga akan ramah pada Anda juga. Mereka juga punya selera humor yang tak banyak.

Mereka akan senang, jika Anda berinisiatif untuk bersikap humoris dan punya segudang cerita konyol. Dijamin hubungan kalian tidak akan “garing”.

4. Tidak romantis

Deutschland adalah negeri bagi para pemikir dan pujangga. Goethe salah satunya. Romantis itu relatif meski tidak seperti pria Perancis dan Italia, tetapi pria Jerman punya cara tersendiri untuk menunjukkan sisi romantisnya.

Tak melulu soal kata-kata atau puisi cinta, memasakkan makanan di hari Valentine atau membantu Anda membersihkan rumah bisa jadi romantis menurut mereka.

5. Beer Lovers

Sebagai negeri pembuat bir terkenal di dunia, Jerman punya lebih dari 300 jenis bir. Buat mereka bir adalah minum yang bisa dinikmati kapan saja, tua atau muda, musim panas atau musim dingin.

Mereka pun merayakan tradisi minum bir massal yang dikenal “Oktoberfest”. Bir di Jerman juga murah untuk wilayah daratan Eropa.

Bir adalah minuman lokal mereka. Sebagai pencinta bir, pria Jerman pun ingin juga menghargai bir lokal buatan negara lain. Selera mereka tentang bir patut diacungi jempol.

6. Suka Sepakbola (Fussballverrückt)

Masih ingat dong artikel saya sebelumnya jika Jerman layak juara dunia FIFA 2014 untuk ke-4 kalinya? Super! Minum bir sambil nonton bola adalah sebagian besar aktivitas pria Jerman yang dilakukan di kala senggang.

Hampir di setiap kota bermunculan klub sepakbola. Coba nonton film “Der Ganz Grosse Traum” tentang awal kisah sepakbola di Jerman. Dalam Bundesliga, Klub favorit Jerman berlaga di lapangan, Anda akan banyak mengenal klub sepakbola selain Bayern München.

Nasionalisma pria Jerman memang patut diacungi jempol, apalagi jika soal sepakbola.

7. Ekonomis dan praktis

Bukan kikir atau pelit, pria Jerman tahu bagaimana kebutuhan soal uang. Mereka adalah orang yang praktis dan efisien dalam membelanjakan barang. Bahkan sampai ada survei pasar yang menyebutkan pria Jerman termasuk pelit dalam mengeluarkan uang untuk keperluan valentine.

Mereka tidak akan menghamburkan uang hanya untuk hadiah pacarnya, tetapi mereka akan membeli parfum, cokelat dan hadiah lainnya bagi pasangan hidupnya, istrinya.

Jadi buat apa beli hadiah mahal jika nanti putus. Mungkin begitu prinsipnya, itu analisa saya. Lalu mereka akan membelikan hadiah istimewa jika Anda sudah resmi jadi istri/pasangan hidupnya.

8. Makan Sosis dan roti

Jika ditanya pada orang Jerman yang sedang berada di luar Jerman, apa yang dirindukan dari Deutschland? Jawabnya pasti roti dan sosis.

Ya, Jerman memiliki aneka jenis sosis. Hampir tiap hari mereka akan makan roti dan sosis. Pria Jerman suka mengkonsumsi roti ditambah kopi/teh saat sarapan pagi.

9. “Dingin”

Sebagai perempuan, Anda memang harus berinisiatif terlebih dulu terhadap pria Jerman. Dalam hal asmara, pria Jerman tidak cukup ahli untuk merayu, sehingga hal ini bisa dikatakan pria Jerman termasuk “dingin” terhadap perempuan.

Jadi Anda harus cukup kreatif untuk menghangatkan hubungan Anda agar tidak hambar dan kemudian bubar. Rajinlah menambah wawasan Anda sebab pria Jerman senang diajak diskusi.

10. Pemalu

Meski seorang pria Jerman ini naksir berat dengan Anda, mereka tidak mudah mengatakannya pada Anda. Di belahan dunia barat yang lain, mungkin kita masih bisa menemukan pria yang berinisiatif berkenalan, mengobrol duluan dan mengajak kencan, tetapi tidak untuk pria jerman.

Jika Anda sudah menyadari signal-signal cinta sebaiknya bantu arahkan dia untuk percaya diri menyatakannya.

11. Jujur

Pria Jerman adalah orang yang jujur meski kadang kejujuran menyakitkan hati Anda. Mereka suka bicara apa adanya. Dalam hal perasaan, jika dia sudah menyatakan kekaguman dan keinginan untuk jadi pacar Anda, itu artinya dia jujur kepada anda.

Jika dia sudah siap membina rumah tangga dan jujur menyatakannya, Anda adalah segala-galanya untuknya.

12. Tidak banyak bicara

Pria Jerman dikenal sebagai orang pemikir dan senang diajak diskusi. Namun mereka lebih suka mendengarkan agar mereka punya waktu untuk mengenal karakter perempuan yang diincarnya lewat topik pembicaraannya.

Jadi siapkan banyak bahan bacaan agar tidak “mati kutu” dan “nyambung” saat diajak bicara. Tunjukkan jika Anda juga pandai dan punya banyak wawasan.

Kesimpulan

Seluruh poin di atas hanya sebagai gambaran umum, tidak untuk digeneralisasikan. Ini hanya kecenderungan agar Anda yang sedang mengincar pria Jerman dapat mempersiapkannya.

Pelajari karakter dan budayanya, niscaya anda akan mengatakan, Deutschland über alles. So, siapkan diri Anda buat pria Jerman incaran ya!

96 thoughts on “Hal Menarik Tentang Pria Jerman

  1. Halo kakk salam kenak
    Instagram kaka apa.. 🙂
    Aku mau cerita ini, bimbang soalnya hehe sama cowok german itu, kalau kakak mau dengarkan bisa bagi ig kakak? Hehe Danke 🙂

    Liked by 1 person

    1. Tapi yang di ceritakan di atas hampir ada benarnya, cowok jerman pemalu, tepat waktu dan cuek, model jual mahal gitu tapi romantis. Yang LDR sama cowok jerman tetap semangat semoga hubungan tetap langgeng.

      Liked by 1 person

  2. Saya mau tanya..saya lg deket aja tp blm pasangan..kira2 kalau german suka jujur meski jadi profesinya DJ apa pria tersebut akan jujur?
    Dan usia pria digerman rata2 umur berapa untuk keseriusan mencari pasangan?jadi bagian cewe ga perlu terlalu agresif hahaha😋

    Liked by 1 person

    1. Hallo,

      Kejujuran sih tidak dilihat dari kebangsaan. Jika di awal kenal, banyak hal jujur yang terungkap maka bisa jadi dia orang yang jujur. Komunikasi mereka direct, tidak ditutup-tutupi. Jika dia suka, dia pasti kasih tanda misal ajak jalan, suka ngobrol atau omong langsung. Soal serius apa tidak dalam komitmen, ada loh teman saya menikah dgn pria jerman yang masih berumur 23 tahun sementara si perempuan umur 22 tahun, atau justru sebaliknya usianya sudah mendekati kepala 5. Itu beberapa teman yang saya kenal. Jika sudah serius, percaya saja dengan dia. Sebagai perempuan, kita biasa punya intuisi kok🙂

      Salam,
      Anna

      Like

  3. Bener banget mbak Ana.. aku udah merasakannya karena setahun pacaran sm orang Jerman. Cuek + pemalu itu perpaduan yg tepat buat cowok Jerman. Tp kadang ada juga sisi romantisnya meski cm sederhana.. hehehe

    Liked by 1 person

  4. ya ampun itu semua dia bgt parah. aku bingung bgt dia tuh katanya suka tapi cuek bgt parah. kalo chat selalu aja aku yg ngechat duluan tapi kalo udah sekalinya chat bisa sambil berjam jam gitu. waktu itu pernah aku setengah jam ga bales chat eh dia sampe nelfon masa haha.
    orangnya straight forward bgt bener nih jujur parah, kalo dia suka pasti bilang suka kalo ngga ya bilang ngga. dia ga pernah sih officially bilang “i like you be my gf bla bla” palingan cuma bilang “you have a great personality that’s why i like you” tapi jadi bingung juga sih maksud sukanya itu apa di sini 😂
    tapi dia baik sih kalo ngedate kayaknya harus cowok yg bayarin.
    dia kan bilang kalo dia seneng banget chat sama aku, tapi kalo aku nungguin dia ngechat duluan bisa 2 minggu lebih dah makanya bingung ni bule maunya apa sih

    Liked by 2 people

    1. Hallo Vvax,

      Terimakasih sudah berbagi cerita di sini. Saran saya jalani saja dulu hubungan pertemanannya dengan si dia, sampai ke arah serius jika mungkin. Nikmati pertemanan sambil mempelajari budaya dan bahasa Jerman jika kamu benar-benar tertarik dengan pria Jerman.

      Salam,
      Anna

      Liked by 1 person

  5. Hai mbak salam kenal 😊. Saya Mii dan saya punya pacar orang Jerman. Saya dan dia pacaran menuju arah yg lbh serius tapi saya masih bingung apa benar dia yakin untuk serius sama saya? Saya mau menanyakan nih mbak, cwok Jerman yg benar2 serius itu seperti apa ya?

    Dia memang audah menghadap orang tua saya dan mengatakan bahwa dia mau menjalani hubungan yg serius dengan saya, tapi saya bingung mbak apa benar dia serius?

    Liked by 1 person

    1. Hallo Mii,

      Seserius apa pun seorang pria memang tidak bisa digeneralisasikan berdasarkan kebangsaannya. Namun memang seyogyanya pria Jerman bisa dipegang ucapannya, jika dia mengatakan serius menjalani hubungan denganmu. Nah untuk mendukung pernyataan cowokmu itu, kamu bisa simak bagaimana dia sudah berbicara soal masa depan atau bagaimana dia berbagi informasi seputar keluarganya sampai-sampai membagikan visinya berumahtangga. Jika memang itu yg terjadi bersiaplah serius menjalaninya bersama dengannya. Semoga sukses ya😊

      Like

    2. Wah mbak beneran deh kata-kata mbak itu tepat banget. Aku dan dia sudah sama-sama tahu semua-semua nya mengenai hal-hal privasi nih mbak karan dia orang nya jujur banget dan terus terang. Alhamdulillah kami sedang browsing-browsing mengenai pernikahan Indonesia-Jerman (karna kami sudah menetapkan tanggal dan tahun nya dengan masing-masing orang tua). Tapi ada hal yang saya khawatirkan nih mbak, aku dan dia itu masih sama-sama muda yaitu 25 tahun dan kami memang sudah memutuskan untuk menikah,. Saya akan di boyong sang calon nih mbak ke Jerman, saya khawatir gimana cara nya berteman dengan orang-orang Jerman ya? sedangkan bahasa Jerman saya tidak lancar.

      Like

  6. wahh bener bgt sama banget sama sifat dia. dia tuh cuek banget chat aja cuma dibales seminggu sekali, kayaknya sibuk bgt dan bener bener fokus sama studinya mana dia pinter banget dah kuliahnya aja ngambil jurusan matematika. dia orangbya kalo bales dichat singkat bgt cuma seperlunya aja. ora

    Liked by 1 person

  7. Hai aku mau nanya.. apa sih yang biasa dilakukan orang jerman pada weekend? Khusunya cwo disana.. soalnya aku beru kenalan sama cwo jerman, dan bertanya mengenai waktu yg dia isi pada waktu weekend tp sepertinya dia kya masih menjaga privasi dia.. apa salahkah saya bertanya seperti itu? Btw bagaimana cara biar lebih dekat lg demgan pria jerman misalnya dia gebetan kita.. soalnya klo weekday kya selalu ada waktu menyempatkan bls wa.. tp klo weekend jd kaya ada batasan gt..
    Minta sarannya ya hehe

    Liked by 1 person

    1. Hallo Nerissa,

      Mengenai akhir pekan, kebanyakan dihabiskan di hari sabtu dengan urusan keluarga atau bersih2 rumah/berbelanja/pekerjaan rumah tangga. Namun ada juga yg tiap sabtu juga bekerja. Sedangkan hari minggu, ruhetag, mrk kebanyakan beristirahat di rumah. Saya sndri tidak tahu malahan jika weekend ada batasan, apakah dia ada urusan keluarga? Atau tetap bekerja di hari sabtu sehingga tak ada waktu bebas. Itu semua dikembalikan ke masing2 orang, tidak bisa digeneralisasikan. Tipsnya, saya pikir pria Jerman sama seperti para pria dari negara lainnya, termasuk Indonesia. Pelajari saja dulu kultur dan bahasanya sehingga lbh mudah memahami. Siapa tahu Nerissa bisa menemukan tambatan hati. Semoga membantu😉

      Salam,
      Anna

      Like

  8. Mau share dong, aku dapet kenalan cwo jerman..
    Baru kenal beberapa hari.. setelah 3 hari kenalan dia bilang ” i like u” disitu w bingun maksud dia tuh suka sebagai pacar atau hanya interest ngobrol ke aku doang.. trus dia pernah mau ajak jalan dan dia bilang pinginnya sama aku.. karena dia suka aku.. tp dia blm ada ungkapan mau jdi pacar atau sekedar bilang i love u..
    Tp akhir2 ini dia cuek..
    Btw emang klo cwo jerman sesingkat gt kah bls pesannya?

    Liked by 1 person

    1. Hallo Putri,

      Menjawab pertanyaanmu ttg pesan singkat, sebenarnya bukan panjang atau pendek pesannya tetapi lebih pada komunikasi direct, langsung atau to the point pada umumnya. Semoga hubunganmu dengan si dia berlanjut ya👌

      Salam,
      Anna

      Like

  9. Kak, aku juga lagi pdkt sama orang jerman, aku tahu dia orangnya asik baik ramah gitu. Tapi itu aku chatan sama dia cuman sehari, aku juga pengen chatan sama dia lagi gitu, tapi aku takut dia keganggu,trs takut kalo aku ngechat dia basa basi gitu entar dia tiba2 cuek atau gimana gitu.Ini gimana ya kak?

    Liked by 1 person

    1. Hallo Hanida,

      Tiap pria Jerman punya kisahnya sendiri. Apa yang saya tulis adalah kecenderungan umum dimana mereka begitu serius saat bekerja, bisa jadi kamu chat saat hari kerja ketika dia mgkn tampak lelah dan cuek. Coba atur waktu saat wiken atau sekarang libur dua hari di Jerman! Siapkan juga banyak topik untuk obrolan ringan. Pada dasarnya mereka senang diajak diskusi kok😉
      Semoga berhasil😊

      Salam,
      Anna

      Like

  10. dari apa yang aku alami sekarang mereka tuh… Susah banget untuk membuka topik pembicaraan duluan…..
    tiap kali ditanya dia selalu bilang “what would you like to talk about?”

    Liked by 1 person

    1. Hey Mey,

      Begitulah seperti yang saya ceritakan, kita harus kaya akan wawasan dan humor biar gak garing. Pastinya seru jika mengajak diskusi si dia soal apa saja. Semoga berhasil ya😉

      Like

  11. Dingin betul banget tuh kek gitu.. gila kerja = banget , susah bilang i love you = so pasti 😀 ampun dah kaya kita merawat anak kecil gtu alias ngemong ahahah tapi kenapa juga kita malah jatuh cinta… mana susah banget lagi kalo di suruh senyum. 😥 bikin galau aja deh mba…

    Like

  12. Hi..
    Skrg aq lg deket sama pria German, baru lewat chatting di WA sih.. Dia ga prnh bilang I love you .. Krn memang diawal kenal dan komunikasi sy selalu bicara sperti teman dan dekat, dan komunikasi slalu baik dan sopan.
    Tapi dia prnh tiba2 Tanya apakah sy kangen dia atau tidak.
    Nah, skarang dia berencana mau datang menemui saya, dia bilang stelah ketemu baru buat rencana bersama.
    Nah, sy bingung nih, sebenarnya dia Ada perasaan yg lebih terhadap sy atau sekedar teman ya?

    Like

    1. Jeanne, bisa jadi pertemuan yg dirancangnya untuk memastikan perasaan satu sama lain dan kelanjutan hubungan kalian. Stay positive!! Setiap pria Jerman punya kisahnya sendiri. Terimakasih sudah mampir ya

      Like

  13. Hello kak,aku udah 1 tahun lebih pacaran dengan german guy..kita LDR via skype atau just text on WA.kita udah tau karakter masing2 dan udah juga melewati rintangan dan hambatan yg ada (e.g waktu,jarak,perbedaan pendapat,dll).tapi kita sadar ada 1 yang kita ga bisa lakuin,kita ga bisa saling mengubah keyakinan (agama)kita.kita sadar akan hal itu tapi sekarang kita masih berhubungan.aku berdiskusi sama dia,kita sepakat kalo kita ngejalanin temporary relationship dan akan berakhir ketika aku/dia menemukan yg baru.kita terbuka akan hal ini,bahkan after breaking up,he promises that he will never leave me,we can be friends..dia udah ngelamar aku kak,dia sayang sama aku,dia ga pernah memaksaku untuk berpindah keyakinan.tapi terkadang suka ngasih statement sendiri kaya “u should become non strict,so we can finally marry”(dia no problem dengan keyakinanku,beratnya di aku).kita sama2 terlalu cinta untuk ngelepasin.berulang2 aku minta putus atau pelan2 ngejauh,tapi dia ga mau.dia yakin aku juga ga mau kaya gitu..dia bilang dia mau ikutin “mau”nya aku kalo aku udah nemuin pengganti dia.intinya dia ga mau aku sendiri. Dia juga nunggu aku sampe aku yg dapet pengganti dia duluan. Setiap kita “pacaran” dan ketika sesuatu yg berhubungan dengan keyakinan itu muncul pada topik pembicaraan kita.it feels like 100 knives stabbed me..and im sure that he feels the same way too..
    Aku ga yakin aku bisa nemu “the moslem version of him” and our love is getting stronger day by day.we realize it..
    What should i do,kak? 😢

    Like

  14. kalau saya sih nggak punya pacar orang Jerman, tapi kalau baca comment dari beberapa teman diatas, secara umum pria Jerman itu perhitungan banget ya, apalagi tadi ada yang bilang kalau orang Swabia itu malah terkenal paling pelit, (hi..hi..hi…jadi ingat sama mas pangeran Swabia yang sempat menikah dengan pesohor negeri ini kalau begitu dia termasuk pelit, waktu kerja disini dia tinggal di rumah kos, padahal dia seorang bangsawan.) But a way, pelit kalau ada alasan yang masuk akal sih nggak masalah yang penting nggak lupa tanggung jawab saja sama pasangannya.

    Like

  15. Untuk yang pertama kalinya aku dating sama pria Bule Jerman kak, dia orangnya baik dan perhatian banget kak, meski aku sadar aku gak pinter bahasa Inggris, untungnya dia orangnya sabar atau cuma perasaanku aja ya hehe soalnya pas dating karena saking jujurnya sama dia, aku bilang aja kalo aku make alat bantu google translate kalo ntar gak ngerti. Dan untungnya dia tipikal orang yang suka ngomong jadi kadang kalo tiba tiba lagi diem dia duluan yang mencairkan suasana dan dia banyak cerita, kebetulan karena aku juga tipikal pendengar yang baik kak. Entah kenapa juga kak, saat dating itu aku ngerasa jadi diri aku sendiri, dia orangnya gak jaim dan dia banyak sharing kebudayaannya sama aku, Tapi pas diakhir dating kan aku minta foto bareng dia, tapi dia ada bilang kalau nanti jangan di share ke intagram atau facebook ya, cukup untuk kita berdua aja. Bagaimana menurut pendapat kakak ? dan apa kiranya yang harus saya perbaiki kak jika di masa depan ingin memiliki suami bule ? Mohon sarannya kak 🙂

    Like

  16. 99% bener banget kak… Aq lagi deket ma cowo jerman… Klo di WA cuma diread or jawab seperlunya tapi klo ketemu ada aja bahan yang diomongin.. Seru!!! Klo masalah jam karet dy coba mahamin sih mungkin karna dy tau kondisi jalanan disini and kadang aq info kalo aq bakal telat… Makasih mba infonya aq jadi semakin paham dy… He9x

    Liked by 1 person

  17. Aamiin thankyouuu
    btw kak Anna sdh nikah ya sm pria jerman nya ^^ congrat ya smg langgeng & happily ever after
    Perlu banyak belajar nie dr ka Anna hihihi

    Liked by 1 person

  18. Hmmm ramah n sopan emang ada tapi kalau urusan mau makan diluar dibilang buang waktu pas banget Deh kaya Tmn kU Eddy , kerja sudah No 1 bagi dia sibuk apapun ttp dikerjakan sampai mau bertemu didahulukan pekerjaan daripada Tmn , cocok artikelnya tapi tergantung dari orang3nya juga g semua sih ada dalam diri manusia

    Liked by 1 person

  19. Hello Anna & all
    Thanks bgt sharingnya,
    Aku setuju tuh sm artikelnya haha kalau co ku itu dingin bgt aku sie suka co super cool tp kadang2 mikir emang ga romantis sie cuma dia perhatian bgt dan afal smua hal yg aku suka dan aku ga suka jd terbukti org jerman rata2 pinter. Kl soal kerjaaan ya pasti Lupa wkt jd kl bls whatsapp lama bener,
    satu hal yang aku tau co jerman itu jarang ngegombal tp kasih bukti kl emang dia bener2 sayang sm pasangannya ^^
    Goodluck gals

    Love,
    Cia

    Like

    1. Hallo Cia,

      Terimakasih sudah mampir dan berbagi cerita. Semoga hubunganmu langgeng dengan si dia ya 🙂

      Salam,
      Anna

      Like

  20. Hi,
    Pas baca artikelmu jadi ngebandingin sama sifat suamiku yg org Jerman. Banyak samanya dgn sifat suamiku. Selain yang disebutkan diatas, suami dan keluarganya adalah orang2 yang selalu membuat rencana dahulu. Kalau diajak spontanitas kayaknya pada stress. Apalagi kalau aku berrubah pikiran. Waduh..kalau alasannya gak sekuat baja..bisa perang dunia dirumah..hahaha..kadang stress juga saking kakunya dia. Tapi positifnya adalah jadi lebih mudah buat aku untuk mengerti maunya dia apa. Karena semua logic dan terbuka. Straight forward. Kita bisa pegang omongannya. Cuma ya itu..jangan coba2 berubah pikiran dr rencana yang sudah dibuat dan jangan berani2 terlambat..hahaha

    Liked by 1 person

    1. Hallo Nina,

      Terimakasih sudah mampir dan berbagi cerita. Ceritamu betul sekali, saya juga mengalami hal yang sama. Salam kenal ya 🙂

      Gruße,
      Anna

      Like

  21. Hy anna thanks udah di reply dan dya ternyata punya pacar cewek thailand selama dy study di shanghai tapi mereka memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka karena jarak jauh dan dy mau fokus sama study dan kerjanya di german dan skrg dya lg berlibur di thailand dan ketemu sama si cwek si cwok bilng kalau mereka sudah putus dan si cwek blg kalau mereka msih pacaran dan akan mengakhiri hubungannya kalau si cwo sudah blik ke german dan saya pusing hrus percaya ke siapa saya dan dy tidak ad contact dh hampir seminggu saya berjanji berusaha tidak akan menghubungi si cowok selama dya di thailand sama si cwek itu tapi saya sayang banget sama dya dy yang membuat saya dekat dengan ortu saya baru pertama kali sampai segininya saya cinta sama cowok dan saya akan buktikan kalau cinta saya ke dya tulus saya berusaha bersabar saat ini walau hati sakit tolong kasi saran mb anna thanks

    Like

  22. Hy anna q lg dket nie sma cwo german dy agak cuek klo di chat kdng di read ajj tapi klo ktmu dy perhatian banget so sweet bnget dy bkin q fall in love but dy gk pernah bilang I love you dan dy smart bnget dya bnyak ajarin aku mslh study dya orangnya terbuka dan sekarang dy balik kenegaranya dya ngerasa kalau aku suka sama dy tapi dy masih focus dengan study dan kerja dya gk ad wktu buat pacaran dan dia gak yakin kalau dya bisa balik ke bali krna german jauh banget dan dya tau klau q sedih dan dya selalu bilang jangan habiskan waktumu untuk bersedih konsentrasi dengan studymu ajj bagaimana ya buat dya cinta sama saya dan dya yakin kalau saya sayang banget sama dya saya bilang ke dya suatu saat pasti kita bsa ktmu dan aku akan menunggu kamu dya blg klau kamu mau cri cowok lain gpp tapi aku blng q bakal tunggu dya dan gk mau cowok lain lagi trs dy blg okay tolong kasi saran dong agar kita bisa bersama lg wlpun long distance bagaiman cara menarik perhatian dya?thanks

    Like

    1. Hallo Rika,

      Saya pernah mengalami long distance. Mereka butuh waktu untuk berpikir serius termasuk menyatakan “I love you”, buat mereka hal itu tidak mudah. Sebaiknya Rika konsentrasi saja dulu dengan studinya, siapa tahu studi yang terbaik bisa membawa dirimu ke Jerman. Intinya, jika dia memang yang terbaik, perjuangkan mimpimu 🙂

      Salam,
      Anna

      Liked by 1 person

  23. Pria jerman yg kukenal ga romatis bgt. Dia lebih sibuk sma maen game, trus pas ditungguin smpe selesat dia malah watching series, hari biasa kerja sampe jam 12 malem ngobrol sedikit. Hari libur sibuk hangout sma temen”nya. Trus kalo berdebat sama orang jerman rada” egois. Mereka ga peka sma sekali ga bisa kash kode harus to the point. Kdang suka ga nyaman. Mnurut mba apa yah solusinya? Aku sih waktu iti mau mutusin habis kesel bgt hehe

    Like

    1. Hallo Rihaanah,

      Wah, senangnya lagi dekat dengan pria Jerman. Saya pikir apa pun latar belakang kebangsaannya, pria hanya ingin dipahami ketika mereka punya dunianya sendiri seperti main games, bekerja, dsb. Diskusikan saja dengan si dia. Mereka senang kok kalau diajak diskusi.

      Salam,
      Anna

      Like

  24. Aku juga deket sama cowok jerman , kayak di atas jujur kalo emang lagi sibuk “I’m busy, we can talk later ” langsung amsyong aku
    Sama dia juga terbuka bgt tentng keluarganya tentang dia juga , tampangnya soh cakep tapi pas sama2 bicara make tampang seius mulu jarang senyum :/

    Like

    1. Hallo Devi,

      Terimakasih sudah mampir dan bercerita. Begitulah mereka. Selamat juga karena dia sudah terbuka, tidak mudah loh.

      Salam,
      Anna

      Like

  25. Hi,aku lagi deket sama orang jerman tapi gak tau ni dia suka atau gak sama aku mungkin karena baru kenal beberapa hari ya,tapi dia udah ngajak dating gitu. Aduh gimana ya biar dia jadi cowo aku?

    Like

    1. Hallo Tyai,

      Santai saja dan nikmati dulu ajakan pertemanannya. Jika dia serius mau jadi kekasihmu, akan kerasa kok. Ok, ditunggu cerita selanjutnya.

      Salam,
      Anna

      Like

  26. woo, thanks sharing nya, kek na mang hampir byk cocok na (:
    kebetulan lagi deket sama cowok German, kadang ngerasa na kek aku yg kebawelan hahaha tp kdg dy byk crita jg tp gak sesering aku wkwwkwk ternyta gini toh, pdhl td na aku pikir dy uda bosen sama or gak interest gtu, sempet mw di udahin aja 😂😂tp makin kesinj hub. komunikasi makin baik sih^^ thanks sharing na (:

    Liked by 1 person

    1. Hello ddreamergirl, terimakasih sudah mampir. Semoga hubungan dengan si do’i bisa langgeng

      Salam,
      Anna

      Like

  27. Halo… thanks buat sharingnya… aku baru dekat sama cowo jerman..
    Baru kenal dia langsung bilang “u wanna be my girl?” Dan aku tanya apa kamu serius, dan dia jawab serius.
    Bulan 4 dia bilang mau ke indonesia untuk dating.

    Jadi yang mau ku tanya, apa mereka selalu memegang perkataan mereka?
    Thank u buat jawabannya.. 🙂

    Like

    1. Hallo Tiara, jawabannya bahwa pria bisa memegang perkataannya tidak bergantung pada nationality (kebangsaan) tetapi personality (karakter). Saya rasa Tiara bisa melihat dan mengamati sepak terjangnya selama ini untuk uji perkataannya. Dia konsiten? Berkomitmen?

      Semoga menjawab ya

      Salam,
      Anna

      Like

  28. Emang bener banget sih kak, sesuai sama cowok Jerman yang deket dgn q. Dia kuliah di UGM yogya sekarang.. yang bikin badmood, si dia sibuk terus menjelang natal. Padahal udah janjian ketemuan,eh harus batal karena dia lagi sibuk . Huftt 😦

    Harus gimana ya kak tanggapinnya ?..

    Like

    1. Hallo, apa yang saya tulis hanya kecenderungan sebagian besar Pria asal Jerman,intinya mereka sangat bertanggungjawab dalam pekerjaan, bisa jadi acara Natal jadi bagian tugasnya. Maaf terlambat merespon, semoga menjawab persoalanmu. Sukses untuk kelanjutan hubunganmu ya. Trims sudah mampir 🙂

      Like

  29. Aku kenal ama orang jerman baru dua bulan dan pas bget ama yg ditulis, dia rada cuek tp berharap suatu saat kami menikah. Dia hampir ga pernah bilang I love you or I miss you, tp skali di sakitin katanya ” isi perutnya hampir mau keluar dan jantungnnya mau copot” lebay gaa sih??

    Klo dah kerja bilangnya “we can talk latter, I’m busy” biasanya kesal klo aku dah ga ada kerjaan d kantor. But dari smua itu dia perhatian… Love deh buat dia hahaha

    Like

    1. Hallo,

      Terimakasih sudah mampir dan berbagi cerita. Semoga hubunganmu dengan si dia berjalan baik.

      Salam,

      Like

  30. Hai. Salam kenal.. kebetulan saya juga lagi dekat dengan orang Jerman. Tapi menurut saya, dia terlalu cepat menyatakan perasaan cintanya kepada saya. Dan trlalu seriusnya sampai saya diajak bertemu. Bahkan dia rela menanggung biaya transport untuk ke Jerman. Dia berkata sangat menyukai orang Asia. Dari awal kenal dengan saya, dia slalu memuji. Apa secepat itu orang Jerman terkesan dengan orang Asia? Dia bahkan menawarkan Akan mencarikan pekerjaan dan menetap disana kepada saya.

    Like

    1. Hallo Rina, saya tdk bisa memberi penilaian krn hanya kamu dan dia saja yg berkomunikasi. Jika dia ingin serius padamu, lebih baik dia yang datang menemui kamu. Saya agak khawatir krn saya juga pernah termakan penipuan iming2 kerja juga di sana. Sebaiknya kamu berhati-hati saja. Untuk berangkat ke Jerman pun tidak mudah, ada prosedur syarat yg hrs dipenuhi pengundang ke Jerman.

      Salam,

      Like

  31. Wah,thanks bgt sharingnya ya. Dr kmrn nanya2 dlm hati,ni cowok sebenernya bgm sm aku,eh,gataunya emang begitu. Emang susah bgt bilang kata2 romantis. Sering nguap ngantuk kl obrolan udah mulai garing. Ga tau nya emang kitanya yg kudu kreatif. Dan bener,bangga bgt pas liat coklat made in Germany di kampungnya dia, dan cerita panjang lebar. Yah,mulai ngerti deh hrs bgm… Masalah mandi,mmg kyknya mereka biasa mandi malam,lgsg tidur, dan pagi nya ga usah mandi lagi.. Ekonomis sekali…

    Like

    1. Hallo Dee, terimakasih sudah mampir dan berbagi cerita. Intinya setiap orang itu unik. Semoga hubunganmu berjalan lancar dan langgeng ya…

      Salam

      Like

    1. Hallo, malas mandi tidak dikategorikan dari asal bangsanya tetapi pribadinya. Semua cowok Jerman yang saya kenal rajin mandi, termasuk suami saya.

      Terimakasih sudah berkunjung 🙂

      Like

    1. Hallo Wila, jadi diri sendiri aja.. Ga usah dibuat-buat. Yang natural malah semakin menarik loh.. Semoga berhasil pendekatannya ya..

      Salam

      Like

  32. Mbak.. aku mau banget punya cowo jerman.. kenalin dooong 😥 dan kasih aku solusi nyarinya dimana.. huhuhu, pasienku sempat ada orang jerman.. ramaaaaaaaah banget… mau aku dekatin eh cuma dirawat 1 hari aja..

    Like

    1. Hallo Erica,

      Terimakasih sudah mampir dan berkomentar. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Jadi pelajari dulu budayanya, bahasanya dan bangsanya. Saya yakin Erica akan menemukan sang pujaan hati seiring pengalaman mengenal lebih dalam.

      Salam,
      Anna

      Like

  33. satu mungkin yg kurang dr hubungan sblmx pria jerman rada2 posesif lhoo alias kadang maksa. 1 thn dkt dgn pria jerman walaupun msh cinta aku putusin krn perbedaan prinsip. moga dpt pria jerman lainnya 🙂

    Like

    1. Hallo Someone,

      Terimakasih sudah mampir di sini. Apa yang saya tulis hanya kecenderungan umum saja. Pastinya berbeda-beda satu dengan yang lain, seperti yang kamu alami juga. Semoga kamu berhasil mendapatkan pria jerman idaman ya 🙂

      Salam,
      Anna

      Like

  34. kurang lebih sifatnya Sama Sama Si doi,Harus pinter2 ngajak ngobrol, karena lebih Suka dengerin, Tapi sekalinya ceritain sesuatu Bisa seru banget.. Dan ya punya cara romantis sendiri.. Tapi susah Buat Bilang Apa Yg dirasain.. Jadi susah nebaknya
    intinya artikel Ka keren lah..😀

    Like

    1. Hai Rindiventia,
      Terimakasih sudah berbagi cerita dan mampir di sini. Jika ada cerita ada yang menarik, jangan ragu untuk datang lagi ya 🙂

      Salam,
      Anna

      Like

  35. Senengnyaaa bisa sharriingg…
    Akuu jg lg jalan sama org germann..
    Menyenangkann banget..humoris jg kq..dia cenderung mengikuti selera atau gaya humorku..ngukutin apa yg aaku mau..baik..manis..syg bangeet rasanya..dia mulai banyak belajar mengenai budaya kita..suka alay..namaku meyna.. dia manggilnya meynahh..meymunarr..kadang meynnomeynnor..hahaha..kl soal komunikasi thats right ketika mereka sedang bekerja mereka sangat fokuss…sepanjang hari..tp sekali2 ngasih kabar sih..mngkn biar aku ga kawatir..tapi begitu uudah lewat jam kerja..dia pasti nyariin aku..teriak2 ga jelas..ngasih tau kl dia udh free buat aku ajak ngapain ajaa..Alhamdullillah kbtulan cakepp sekalii..sesuai crtaku diatas..mnumnurut temen2 dia syg beneran ga sama aku…??

    Like

    1. Hallo Meyna,

      Wah ceritamu menarik sekali. Semoga bisa berlanjut baik hubungannya ya…
      Salam kenal,
      Anna

      Like

  36. haha,,iya sis mang byk yg ccok tu tulisan ma karakter cwokq,
    cuman kalo mslh bola dy g bgtu maniak bnget,
    mlah lebih ke cosplay dianya,,

    kalo urusan jln2,nah disini ni yg bkin q ill feel bnget,suka menggerutu sendiri dia,,
    apa2 bilangnya so expensive,hihihi

    tp asyiknya dia sopan dan ramah yg bkin q betah dan makin lengket ma dia,
    ngerasa di syg bnget walau pun g bsa bgtu romantis dlm urusan cinta,,,

    Like

    1. Hallo Lilia,

      Terimakasih sudah mampir dan berbagi… romantis bisa dilihat dari berbagai sisi…
      Semoga hubunganmu berjalan lancar ya…
      Salam kenal,
      Anna

      Like

  37. Emang betul kak yang kakak sampaikan, tp tidak semuanya maniak bola. cowokku maniak golf.
    tambah lagi, nich, org jerman itu suka berpikir kritikal dan nanya ampe detil banget, selain itu suka komplain tp jujur, bahkan klw diajak ke restoran sate kambing, klw satenya nggak empuk dibilangin ke penjualnya biar besoknya masak yg lebih empuk. Cowok jerman jg suka klw calon pasangannya punya kegemaran yg sama jd sama-sama nyambung. Klw masalah pelit nggaknya, mereka memang berpikiran ekonomis, kecuali yang sudah terkenal di bagian Swabia itu mereka bahkan menganggap orang-orang Swabia itu peliiiittttt..Pria jerman terbiasa beropini, suka bercerita membandingkan budaya yg dia punya/dia kunjungi, dan kadang terdengar sinis bahkan hal sepele yg kadang membuat kita jengkel. Mrk sangat bangga thd kepandaian mereka, bangga thd merek mobil dan mesin dr negaranya. Org jerman mmg reserved, nggak ngumbar keramahan, mereka pandai menahan diri, dan tidak semua orang bisa disebutnya sebagai teman.

    Like

    1. Hallo Siti,

      Hahahahaha… sepertinya kamu sudah mengenal karakternya, begitulah mereka 😉
      Salam kenal,
      Anna

      Like

  38. Aku jg lagi deket sama orang Jerman nih mbak. Tp agak beda dengan karakter diatas. Orangnya suka ngegombal bgt. Jangan2 doi player lagi ya. Haha tp memang kl soal pinter sih orangnya pinter bgttt. Dan itu yg buat saya kesengsem. Tp ada satu hal yg bikin saya bingung, dia selalu komplain kl saya maunya dihubungin duluan, tapi giliran saya hubungin duluan dia pasti selalu aja sibuk dan telat bales. Zzzzz

    Like

    1. Hi Tia,

      Satu hal yang menarik buat saya, setiap orang itu unik, termasuk cowokmu itu. Saya menulis berdasarkan pengalaman dan bacaan saja, hanya untuk membantu saat pendekatan. Kalo soal telpon, tergantung tipe orangnya, bisa jadi karena dia sedang bekerja. Mereka adalah orang yang begitu serius dalam bekerja, begitu hehehee.. Salam kenal ya 🙂

      Anna

      Like

  39. “Jerman” ku romantis abis, tapi klo romantis kata2 rada garing sih
    sisi romatisnya dia tunjukin seperti kupasin buah, mengganti perban ku wkt aku luka walaupun itu di telapak kaki, dia dg lembut menggantinya. Sometimes he make me melted with the little things

    Like

    1. Hallo Ita,

      Begitulah, romantis itu bisa dilihat dari berbagai sisi. Terimakasih sudah mampir 🙂
      Salam kenal

      Anna

      Like

  40. Terima kasih buat tulisannya.

    apa yg dibilang, memang pas banget cocok sama cowok jerman yang lagi dekat sama sy. Makasih.. akhirnya saya tahu bagaimana menghadapi pria jerman. Karena memang saya bingung sama sikap mereka yang berbeda dengan yang lainnya.

    Like

    1. Hallo Safria Samual,

      Thanks for visiting. Terimakasih sudah mampir dan berbagi pendapat. Salam kenal ya 🙂

      Anna

      Like

  41. Cowokku mah kok kenapa been-counter bgt ya? susah bener kalau ngeluarin duit dari kantongnya. gatau apa namanya, perhitungan? pelit? mitik? Kalau lg jalan, berhenti lunch nya kebanyakan di Mc. D atau Burger King 😦 kalau byr parkir di Jerman kan mmg mahal ya, tar doi ngedumel2 dah dimobil..aku pura2 pejamkan mata, abis BT dgr dia kompleeeeen melolo hahahaha

    Dan oh iya, kebanyakan dari mereka itu kan mmg cerdas ya, tapi jadi kesannya too proud of themselves gitu. Aku pernah lgi nyiapin materi buat workshop ditempat aku mengajar, dan aku nyeletuk “Agak susah nih”, dan dia dong sambil minum kopi jalan kedapur sambil komen dgn enteng blg, “Gampang itu mah. Bwt org Jerman itu mah daily things they usually do. So easy.” Hhhhmm…aku lsg diem..manyun sambil nerusin kerjaan tp sebenernya udh keburu gagal focus. Kampret! hahahahaha

    Maap kepanjangan.. 😀

    Like

    1. Hi there,

      Terimakasih sudah berkunjung dan mampir. Terimakasih juga sudah berbagi. Yah, begitulah mereka, tetapi suka kan 😛 hehehe… Don’t take it personally whatever they say hehehe… Salam kenal ya

      Anna

      Like

  42. Bener semua tuh…cowokku ya gitu banget… Susaaaahh banget kalo diminta bilang kata-kata romantis…. 1 lagi, rata-rata pria Jerman itu geek berat… saya mah udah biasa kalo pas nge-date agak dicuekin dikit karena dia lagi maen game.. nyelesai’in chapter game, katanya… hmmmmmmppp -__- dan. . . .lebih sering diskusi dari pada saling memuji… 😀 tapi. . .so far asik lah…

    Like

    1. Hallo Cynthia, salam kenal😀
      Terimakasih sudah mampir dan berbagi komen soal cowokmu. Yah begitulah cowok Jerman, tapi jadi jatuh cinta ‘kan? hehehhehe..

      Anna

      Like

  43. Dari semua tipe yang kakak tuliskan diatas, kayaknya perempuan harus punya banyak ilmu mencairkan suasana dong. . . kayaknya susah deh kak, masalahnya bila perempuannya saya, bisa sampai pagi bengong2an, gak kreatif sih. . salut buat kk. .
    Klo org jerman minum nya sampai mabuk gak kak? ? Klo orang korea (lihat di drama sih. .) santai aja teler dijalan. .

    Like

    1. Hahaha… tengkyu gresiaputri kamu mampir lagi. Kalo soal mabuk tergantung karakter orangnya, bukan kebangsaannya:) kebetulan aku berkenalan dengan beberapa pria Jerman yg memang tidak mabuk saat kami bertemu.

      Like

Leave a comment