Begini Tips Atasi Sepatu “Kebesaran” atau “Kekecilan”

Posted on May 3, 2015

0



Pernah mengalami sepatu yang terasa “kebesaran” atau “kekecilan”? Jika membeli sepatu saya sempat memiliki ukuran tak pernah sama. Alhasil saya berniat membeli sepatu yang saya sukai tapi rupanya setelah dipakai terasa sempit. Kadang malah pernah saya paksa untuk membeli karena saya suka modelnya dan terasa sesuai di kaki. Besoknya saat dipakai, sepatu terasa longgar alias kebesaran.

Nah, berikut tips mengakali sepatu yang ” kebesaran” agar terlihat pas dan nyaman dipakai. Di toko yang khusus jual sepatu biasanya dijual sol tambahan. Saya beli di Jerman, namanya “Einlegesohle” dengan harga 2-3 Euro. Sol tambahan ini terasa nyaman dipakai dan terasa sesuai di kaki sehingga sepatu tidak terasa longgar. Sol tambahan juga kini tersedia di gerai sepatu seperti payless.

image


Sol tambahan buat sepatu yang kebesaran. Sumber foto: Dokumen pribadi

Sepatu “kebesaran” dan tak sesuai sering saya lihat jadi masalah pada perempuan. Pernah suatu kali, saya dan suami nongkrong di Kafe dan memperhatikan beberapa perempuan dengan sepatu yang tampak longgar kebesaran sehingga berjalan dengan aneh. Saya pikir sepatu yang pas di kaki ibarat Cinderella menemukan sepatu kacanya.

Lalu bagaimana mengakali sepatu yang kekecilan? Ini juga trik dari suami. Sumpal dan isi sepatu dengan kertas hingga memenuhi seluruh rongga sepatu. Tahan hingga beberapa lama. Bahkan saya membuatnya hingga sebulan.Hasilnya, sepatu akan menyesuaikan dan membuat besar dari sebelumnya. 

Sebenarnya, di toko sepatu ternama sudah disediakan alat khusus penyangga yang dimuat di dalam sepatu agar sepatu pas dan tidak kekecilan lagi. Biasanya ini termasuk dari pelayanan sehingga tidak perlu bayar. Kita bisa kembali beberapa jam setelah sepatu dipasang alat tersebut.

image


Mengakali sepatu yang kekecilan. Atau anda bisa gunakan cara kedua, memasang penyangga sesuai ukuran kaki lalu masukkan selama 2-4 minggu agar ukuran sepatu menyesuaikan. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Agar sepatu pas di kaki, sebaiknya kita mencoba beli saat sore hari saat kaki sudah banyak bergerak. 

Selamat mencoba!

Advertisements
Posted in: OPINION