OPINION

Pantas Saja Bangkok Jadi Destinasi Terpopuler Dunia

Sambil browsing kemana tujuan liburan, saya mampir lihat hasil survei yang dirilis MasterCard Global Index baru-baru ini di bulan September 2016 bahwa Kota Bangkok menduduki top ranked tujuan destinasi populer dunia. Menurut rilis ini Bangkok menduduki posisi pertama dari 132 kota di dunia yang menjadi tujuan wisata. Ya iyalah wajar, secara saya pun sudah  beberapa kali ke sana. Dari Thailand selatan hingga perbatasan dengan Laos pun sudah ditelusuri.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang wisata Thailand di sini. Nah, berikut analisa saya mengapa Bangkok wajar jadi destinasi populer dunia:

1. Promo Thai Airways 

Pernah suatu kali saya dan suami cek harga maskapai dari München ke Jakarta atau sebaliknya, ya ampun Thai Airways buat promo gila-gilaan sehingga harga tiketnya murah banget. Siapa yang tidak tergiur harga murah yang begitu? Seperti biasa transit di Bangkok airport, kita bisa tergoda untuk wisata sejenak. Malahan ada teman Oz (Australia) juga sama memanfaatkan tiket murahnya dari Australia ke Indonesia tetapi lewat Bangkok dulu, halah. Trik ini bagus juga seandainya bisa ditiru oleh kita agar semakin banyak wisatawan datang ke Indonesia.

2. Ramah terhadap wisatawan

Mereka adalah penduduk lokal Thai yang menyadari bahwa sebagian besar pendapatannya dari wisatawan, so pasti mereka ramah dan memperlakukan dengan baik. Pernah saya nyasar kembali ke penginapan, mereka ramah membantu meski tidak bisa berbahasa Ingris. Di beberapa negara Asia lain, penduduk lokal lebih baik menghindar dan tak membantu saat saya bertanya dalam bahasa Inggris. Di Thailand mereka berusaha bantu anda yang datang berwisata. Bahkan kini mereka menyediakan huruf latin sehingga wisatawan yang datang bisa paham informasi yang dimaksud.

3. Harga makanan terjangkau, citarasa sesuai

Makanan kaki lima hingga hotel bintang lima ada di sini. Kalau perut lapar, bisa beli di pedagang kaki lima juga. Coba tengok Walking Street Pattaya yang jadi ikon Pattaya night life, di sini banyak makanan citarasa Asia yang sudah dikenal pelancong dengan harga terjangkau. Bahkan bagi turis asing semisal dari Amerika dan Eropa sudah lama mengenal makanan Thailand yang sudah mendunia. Jika saya kangen masakan asia, banyak di München restoran Thailand, malahan ada franchisenya segala. Itu artinya makanan Thailand sudah mendunia, yang tentu membuat mereka tertarik berkunjung.

4. Tempatnya eksotik untuk sunbathing

Wah, jika mau kulit tanning mungkin cukup datang ke pantainya yang bertebaran dikenal eksotiknya. Ini yang membuat wisatawan tertarik datang untuk menikmati keindahan pantainya yang masih indah meski dekat ibukota negara. Datang satu jam setengah dari Bangkok Airport ke Pattaya, anda bisa menikmati beberapa pulau yang memiliki pantai yang indah. 

5. Ada banyak pilihan hiburan dan wisata

Salah satu floating market di Bangkok. Sumber foto: Dokumen pribadi


Ada banyak paket tur yang menawarkan pilihan hiburan dari Cabaret Show, aneka museum, tempat religi yang cantik hingga aktraksi budayanya juga bisa jadi pesona wisatawan. Bayangkan pasar apung atau floating market bisa jadi pilihan bagaimana mereka masih bertransaksi dalam suasana tidak modern. Atau desa tradisional tentang keseharian masyarakat Thai. Pokoknya seru!

Advertisements

Categories: OPINION, TRAVELING

Tagged as:

4 replies »

  1. Posisi pertama tujuan wisata dunia? Waooww…. keren ..

    Bagaimana menurut anda dengan negeri kita?
    Apakah Indonesia termasuk dlm kategoti ramah terhadap wisatawan?
    Soalx ada sebagian kota tujuan wisatawan, pengunjung kadang menerima sesuatu yg kurang menyenangkan dari penduduk setempat.

    Liked by 1 person

    • Ketika saya berada di luar Indonesia, tergantung wilayah areanya ada yang tahu tentang Indonesia karena pariwisatanya yang terjangkau namun ada juga yang belum tahu Indonesia itu dimana. Namun ketika saya bercerita tentang Indonesia kepada mereka yang belum, mereka antusias sekali. Indonesia itu negara yang kaya dan indah. Hanya saja yang perlu dibenahi adalah manajemen dan tata kelola pariwisata agar memudahkan wisatawan untuk datang. Selain itu rasa nyaman dan aman di Indonesia, karena dulu Indonesia sempat dikenal dengan slogan Sapta Pesona, salah satunya adalah ramah. Mohon koreksi jika salah 🙂

      Liked by 1 person

    • Saya rasa itu benar. Dan tidak ada yg perlu dikoreksi. Justru fikiran saya mulai meraba-raba ,mulai tertarik dengan dunia luar melalui ulasan-ulasan anda.
      Sangat menarik saya fikir ..!
      Terima kasih…😊

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.