Ilustrasi. Gereja katolik di Zugspitze.

Perayaan Epiphany juga dikenal dengan perayaan ‘Tiga Raja dari Timur’ yang dikatakan dalam bahasa Jerman ‘Heilige Drei Könige’ lalu siapa mereka? Tiga Raja ini diakui datang saat kelahiran Yesus Kristus dengan mengikuti tanda bintang di langit. Nama mereka adalah Caspar, Melchior dan Bathasar.

Apa makna tradisi ini?

Gereja Katolik memiliki banyak tradisi yang kemudian diikuti oleh masyarakat Jerman pada umumnya yang masih mengimani Gereja Katolik.

Usai pulang misa merayakan Epiphany di minggu ini, kami membawa pulang kapur yang sudah diberkati oleh pastor. Kapur ini menandai pintu rumah masing-masing keluarga. Palang pintu masuk diberi tulisan sebagai berikut:

Angka 20 dan 17 adalah angka tahun ini, 2017. Huruf C, M, B adalah singkatan nama tiga raja tersebut. Namun ada pula yang beranggapan C, M, B merupakan singkatan bahasa latin, Christus Mansionem Benedicat yang berarti ‘Semoga Kristus memberkati rumah ini’ dan lambang + sebagai salib.

Penulisannya menjadi seperti ini:

20 * C + M + B + 17

Suami saya kemudian menuliskannya di palang pintu masuk. Ini bukan jimat, bukan pula mantra atau bala mengusir roh jahat tetapi sebagai penghayatan iman agar Tuhan memberkati keluarga kami sepanjang tahun 2017 ini.