Seafood Panggang Cah Sayur 

Posted on January 14, 2017

0



Atas, porsi kecil dengan irisan cabe. Bawah, porsi besar dengan tambahan lada bubuk. Sumber foto: Dokumen pribadi.

Saya tidak tahu akan menamakan masakan ini apa, tetapi ini hasil kreasi saya sendiri. Lihat isi kulkas lalu buat makanan itu menjadi sensasi lidah yang disukai! Apalagi jika itu sehat dan mengenyangkan. 

Makanan laut yang saya miliki adalah 

1. Fillet ikan Dori dari 200 gram

2.Udang besar 0,25 kg

Untuk Cah Sayur, ini bahan yang saya miliki:

1. Kentang 2-3 buah

2. Buncis secukupnya

3. Jagung manis yang sudah dibuat bonggolnya

4. Bawang bombay

Untuk bumbu pelengkap yakni

1. Margarin secukupnya 

2. Minyak goreng

3. Jeruk nipis

4. Bubuk Oregano

5. Olive oil

6. Garam

7. Lada atau cabe hijau. 

Langkah memasak:

1 .Cah Sayur dimulai dengan merebus kentang selama 30 menit setelah dikelas. Kemudian potong-potong kentang menjadi dadu lalu singkirkan. Kedua, rebus buncis setelah di potong-potong 2 sentimeter. Jangan terlalu matang rebus buncis, kira-kira 2 menit dengan api sedang! Lalu singkirkan buncis. Ketiga, siapkan wajan panas lalu masukkan margarin dan sedikit minyak sayur. Masukkan irisan bawang bombay hingga layu. Kemudian masukkan pipilan jagung manis dan oseng bersama bawang bombay. Masukkan kentang dan juga buncis setelah itu. Oseng bersama hingga layu. Masukkan garam sedikit. Lalu biarkan matang. Jika suka pedas, bisa dimasukkan cabe juga. 

2. Bersihkan udang,  singkirkan kepala dan ekornya. Taburi jeruk nipis, garam secukupnya dan bubuk oregano. Lalu panggang dalam api kecil udang di teflon setelah diberi olive oil atau minyak sayur jika tidak ada. Lihat hingga warna kecokelatan kurang lebih 3-5 menit. Kemudian singkirkan.

2. Potong fillet ikan Dori menjadi beberapa bagian. Taburi dengan bubuk oregano dan garam secukupnya. Panaskan teflon dan masukkan olive oil sedikit kemudian panggang ikan yang dibumbui dalam air kecil. Masak kurang lebih 5 menit. Kemudian singkirkan dan beri jeruk nipis di atasnya. 

Hidangan siap disajikan. Selamat mencoba! 

Advertisements
Posted in: FOOD