Ladies Market di HK

Posted on March 8, 2017

0



Hai para perempuan di seluruh dunia, selamat merayakan hari ini!!!  Yups, hari ini adalah “the international women’s day”  yang dirayakan setiap 8 Maret. 

Salah satu yang jadi ciri khas bagi perempuan adalah kebiasaan berbelanja. Ini mungkin yang melatarbelakangi nama lokasi yang terbentang sepanjang jalan di Hong Kong (HK), dengan nama Ladies Market. 

Ladies market semacam pasar ala tradisional yang dimaksud bisa terjadi transaksi tawar menawar antara pedagang dan pembeli. Apakah ini hanya barang – barang keperluan perempuan saja? Jawabannya tidak. Ada juga berbagai pernak-pernik bagi kaum adam di sini seperti tas, pakaian,  jam tangan hingga underwear loh. 

Apakah pedagangnya hanya kaum perempuan saja? Lagi – lagi jawabannya tidak. Banyak juga lelaki sebagai pedagang di sini. Jadi kedua pertanyaan ini tidak berkaitan dengan nama pasar ini. 

Suasana saat jam 11 siang, masih ada lapak yang belum buka.

Bagaimana menjangkaunya? 

Paling mudah naik MTR turun di stasiun Mong Kok, ikuti petunjuk keluar di pintu D3. Dari sini anda berjalan sedikit lalu akan menemukan ratusan lapak yang dihiasi tenda-tenda terpal sepanjang jalur. 

Jam berapa buka operasionalnya? 

Sewaktu pagi hari jam 9, saya datang ternyata belum ada lapak yang buka. Saya melihat banyak pekerja menurunkan barang dagangan dan menggelar tanda. It is totally open yet in the morning. 

Kira-kira setelah jam 11 atau mendekati jam makan siang perdagangan dimulai. Bila anda jadi pembeli pertama dan saat anda menawar terjadi kesepakatan dengan pedagang maka anda mendapatkan pujian dari penjual agar dagangannya sepanjang hari mendapatkan berkah untung. 

Pasar berlangsung hingga malam hari. Tidak ada resminya penutupan pasar. Malahan anda akan menemukan keindahan pasar semacam Night Market. 

Coba tebak apa itu? Aneka celana dalam. Unik dan menarik.

Suasana menjelang malam hari, tetap ramai.

Suasana dalam pasar.

Apa saja yang dijual? 

Saya bisa mendapatkan berbagai sovenir menarik untuk oleh – oleh dengan harga miring. Mengapa? Sebelumnya saya sudah datang di toko sovenir dengan harga pasti namun ternyata harganya lebih mahal. Jika kita pandai menawar, kita akan mendapatkan  banyak barang dengan harga terjangkau. 
Selain sovenir, ada juga berbagai keperluan life style perempuan seperti tas, pakaian, jam tangan, perhiasan hingga pakaian dalam. Banyak pernak- pernik menarik buat perempuan jika anda suka bergaya stylish ditambah harganya miring. 

Hal menarik lain, di pasar ini beberapa pedagang bisa berbahasa Indonesia. Mereka tahu soal harga dengan baik dalam Bahasa Indonesia. Bahkan di sini saya menjumpai banyak juga pembeli asal Indonesia ketika saya mendengarkan mereka berbicara satu sama lain. 

Tips 

  1. Pilih alas kaki yang nyaman. Sebaiknya sneakers atau sepatu tertutup. Anda akan terbiasa berdesak-desakkan jika pembeli sedang padat. 
  2. Jika anda punya keahlian menawar harga maka anda beruntung. Jika tidak, mungkin anda bisa pastikan setengah harga dari yang ditawarkan kecuali mereka memasang harga pasti misalnya beli 3 harganya 100 HKD. 
  3. Jika anda tidak bisa menawar harga, anda bisa lakukan survei harga dulu dengan datang ke toko supermarket yang berharga pasti. Misalnya, anda ingin beli sovenir, anda sudah tahu di supermarket untuk harga 5 dompet kecil maka saat datang di Ladies Market anda bisa membuat lebih rendah lagi. 
  4. Jika tidak jadi membeli atau sudah terlanjur mencoba namun harganya tidak cocok maka bersiaplah menghadapi perangai pedagang. Menurut saya, hal itu wajar. Sebaiknya pikir ulang sebelum mencoba dan menawar harga. 
  5. Berhati-hati copet jika dalam keadaan ramai pembeli! Sebaiknya siapkan uang yang terpisah dari dompet yang berisi dokumen seperti paspor dan aneka kartu. Jadi jika terjadi kehilangan atau kecopetan, dokumen anda masih terselamatkan. 
  6. Sebaiknya bawa tas besar sehingga segala barang yang dibeli bisa dijadikan  satu jinjingan dan tidak merepotkan. Kadang ada pula pedagang yang tidak memberikan plastik jinjing untuk bawa barang yang baru dibeli.

Selamat berbelanja! 

Advertisements
Posted in: TRAVELING