FOOD

Mengunjungi Shenzhen, Tiongkok

Jalur Metro di Kota Shenzhen.

Jika di Singapore ada MRT, Hong Kong MTR maka Shenzhen punya Metro. Apa itu? Kendaraan publik semacam kereta yang menghubungkan satu stasiun ke stasiun lain dalam kota Shenzhen. Konon Metro di Tiongkok, tidak hanya di Shenzhen saja tetapi juga Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Tianjin. 

Metro di sini ada 6 jalur yang sudah mulai di gunakan sejak tahun 2008 . Jalurnya hingga ke lokasi wisata dan bandara juga. Jadi jika ingin ke windows of world atau beberapa lokasi wisata lain bisa menggunakan Metro, tak perlu taksi.  

Awalnya khawatir juga apabila menggunakan taksi saat di Shenzhen karena biaya dan kesulitan bahasa. Nyatanya kita bisa menggunakan Metro. 

Sebagai kota industri yang sedang giat membangun, kota Shenzhen memang layak untuk dieksplorasi. Ada banyak wilayah komersial dan bisnis di sini. Anda juga bisa berbelanja puas karena Mal dan pusat perbelanjaan juga tak kalah dengan Hong Kong. 

Contoh dim sum yang dijajakan.

Persiapan sarapan pagi di restoran.

Suasana kota Shenzhen dari kamar jendela hotel.

Biaya hidupnya  relatif murah ketimbang di Hong Kong. Sebagai misal, saya bisa tidur di hotel bintang empat di sini dengan fasilitas yang baik, dengan harga yang sama dan belum tentu bisa didapatkan di Hong Kong. Di sini beli air minum kemasan 500ml bisa dapat 3 RMB sedangkan di Hong Kong bervariasi mulai 5 HKD-9HKD. 

Begitu pun soal makanan. Ada beberapa restoran yang menjual makanan halal. Lalu ada aneka dim sum yang yummy dan boleh dicoba. Di beberapa restoran, mereka memasang nama makanan dan apa saja yang disajikan dalam Bahasa Inggris sekalian gambarnya juga. Jadi tak perlu cemas soal makanan karena banyak juga restoran cepat saji atau gerai makanan franchise Internasional di sini. 

Tips

  1. Ada beberapa spot publik yang bisa memanfaatkan jaringan WIFI seperti di gerai KFC atau taman misalnya, syaratnya anda harus punya nomor SIM negara Tiongkok. Anda masukkan nomor tersebut dan langsung terhubung internet. 
  2. Tidak semua bisa berbahasa Inggris di sini. Anda bisa memanfaatkan kamus atau google translate tools bila mana anda perlu berkomunikasi dengan penduduk setempat seperti menawar harga atau tanya alamat. 
  3. Di sini tidak terima uang HKD atau mata uang lain, jadi anda harus sudah menukarkannya sebelum tiba. 
  4. Sebaiknya jika tidak cukup ahli dalam teknologi, tidak tergiur membeli aneka produk meski mereka memasang harga murah. 
  5. Pesan terakhir yang saya rekam saat membaca information board di hotel, yakni jangan menerima telpon dari orang yang tidak anda kenal dan ajak bertemu. Tolak juga jika anda tidak merasa yakin bila mereka ajak berfoto bersama, ajak salaman atau berkata “peace with you”.

Happy traveling! 

Advertisements

Categories: FOOD, TRAVELING

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.