Flohmarkt: Ketika Barang Tak Terpakai Masih Bernilai

Posted on July 13, 2017

1



Di suatu kota yang saya jumpai, saya menemukan papan informasi bahwa akan segera digelar Flohmarkt. Apa itu Flohmarkt? Pasar barang bekas. Pasar yang menjadi tempat bertemunya penjual yang menjajakan barang tak terpakai namun layak dan bernilai. Atau pasar antik, juga bisa karena anda akan menemukan barang-barang kuno yang bernilai. Penyelenggaranya adalah pemerintah setempat.

Ibaratnya jika ada barang yang sudah tidak terpakai lagi di rumah, siapa tahu ada orang lain di luar sana yang tertarik memanfaatkannya. Apa iya? Itu mengapa saya menjumpai salah satu Flohmarkt yang tak terlalu besar. Biasanya Flohmarkt diadakan di tempat publik atau terbuka yang dijangkau banyak orang. 

Di sana saya menemukan aneka macam benda mulai dari pakaian, alas kaki, buku, elektronik, perabotan hingga aksesoris rumah tangga. Lengkap! 

Saya amati bagaimana mereka bertransaksi. Jika ada penjual yang memajangkan harga per benda atau per kelompok barang, maka jangan menawar lagi! Kata suami, tak elok. Namun jika barang dagangan tak terpajang harga, ya silahkan bertanya lalu buat penawaran harga.

So jika anda mampir ke Jerman, anda bisa sempatkan untuk datang di setiap kota yang menawarkan pasar terbuka seperti ini. Siapa tahu anda bisa mendapatkan barang langka namun masih bernilai?! 

Advertisements