Vogelpark Irgenöd, Taman Burung di Bayern: Ternyata Indonesia Kaya Varian Burung

Bangganya datang ke taman burung di sini, karena ternyata banyak juga jenis burung yang berasal dari Indonesia. Sebagai contoh, di setiap lokasi burung disebutkan dalam papan informasi darimana asal burung tersebut yang kebanyakan papan informasi hanya menyebut nama benua saja, tetapi jenis burung asal Indonesia secara langsung tertera di papan informasi berasal dari Indonesia. Bangga ya!


(Lihat di papan informasi yang menunjukkan Indonesia disebut secara langsung, sedangkan yang lain hanya disebut benua atau bagian benua saja.)

Alasan lain mengapa saya, suami dan mertua datang ke taman burung. Suatu kali saya dan suami menonton siaran fauna di salah satu televisi Jerman. Sang informan dalam program tv tersebut menyebutkan bahwa sebagian besar burung-burung tersebut berasal dari tanah air, Indonesia. Wah! Indonesia itu kaya, kaya flora dan fauna. 

Awalnya vogelpark tidak sebesar sekarang. Itu cerita suami saya yang pernah datang beberapa kali sejak masih kanak-kanak. Bertambahnya aneka jenis burung, vogelpark pun semakin luas. Apalagi taman ini dilengkapi dengan arena bermain untuk anak-anak di beberapa tempat. Selain belajar tentang jenis burung yang beraneka ragam, anak-anak juga bisa bermain riang dengan suasana alam terbuka.

Taman burung seluas 60 ribu kuadrat meter ini mengikuti kontur geografis alam sekitar dan berdasarkan habitat burung. Kebutuhan dan kehidupan burung di sini benar-benar diperhatikan. Ada lebih 100 burung yang hidup di sini. Pengunjung tidak hanya mendapatkan edukasi tentang burung yang beraneka ragam jenisnya, namun juga menikmati relaksasi segarnya alam sekitar.

Harga tiket bisa dilihat dalam papan informasi (lihat foto bawah) 

(Harga tiket dan tiket masuk berwarna oranye.)

yakni 6€, sedangkan anak-anak hingga usia 12 tahun dikenakan biaya 3€. Ada juga tiket 1 tahun berlangganan. Yang menarik, harga tiket tidak berubah saat hari libur/hari minggu. Kebetulan kami datang saat hari libur, 15 Agustus yang diperingati tiap tahun sebagian Jerman, terutama Bayern yang mayoritas Katolik sebagai ‘Hari Raya Bunda Maria Diangkat ke Surga’ atau ‘Mariä Himmelfahrt’.

(Arena bermain anak-anak dan tempat duduk untuk melepas lelah tersedia di beberapa titik.)

Di beberapa tempat tersedia bangku-bangku dan saung jika lelah berjalan menyusuri taman. Taman ini dilengkapi pula restoran dan kafe dengan harga terjangkau. Anda juga bisa membeli aneka sovenir menarik di akhir kunjungan.

Jika tertarik, anda bisa datang ke Vogelpark Irgenöd di Otenburg. Jika tidak ada kendaraan pribadi, silahkan naik bis dari Passau ke Otenberg. Semoga bermanfaat!

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.