OPINION

Saya Pilih Bahagia

Jika hidup dikatakan pilihan, maka pilihlah menjadi bahagia. Buat apa memikirkan hal yang rumit? Sementara hal yang sederhana bisa dilakukan yakni jadi bahagia. 

Orang lain punya ini itu, kita pun punya sesuatu yaitu tetap bahagia. Bahagia itu mudah, semudah melakukannya. Hal yang susah untuk bahagia bilamana kita mematok dan memasang syarat menjadi bahagia. Sejatinya bahagia itu tanpa syarat.

Tidak ada alasan buat menjadi bahagia. Bahagia itu dipraktikkan, bukan sekedar pola pikir. Bahagia itu tidak ditentukan dengan apa pun juga. Karena sejatinya tiap orang berbeda-beda untuk menjadi bahagia. Bukankah tiap pribadi itu unik pola pikirnya?

Jika buat kalian makan sambal terasi dan ikan asin tidak bahagia, justru buat saya yang jauh dari Indonesia, makanan tersebut membahagiakan. Bahagia itu lebih dari sekedar rasa karena tidak dapat dideskripsikan. Bahagia itu jadi menikmati ikan asin dan sambal melebihi makanan lain di sini.

Suatu kali saya bertemu dengan seorang teman Jerman yang baru saja naik balon udara. Wisata balon udara menyenangkan saat musim panas di Jerman seperti ini karena kita bisa melihat keindahan warna dari atas sana. 

Nah saya tanya apa perasaannya setelah naik balon udara? Dia jawab bahwa ‘saya merasa bahagia’ lalu saya pikir yah pasti bahagia karena wisata balon udara itu kan perlu uang yang tak sedikit. Artinya jadi bahagia itu perlu uang atau mahal harganya.

Saya salah! Teman saya menjelaskan begini. ‘Anna, syarat untuk naik balon udara adalah jadi bahagia.’ Bengong dong saya. Katanya ‘Saat kamu di atas dalam balon udara, pikirkanlah yang membahagiakan. Rasakan bahwa kamu bahagia. Jika perasaanmu tidak bahagia, sebaiknya tidak usah naik (balon udara).’ 

 Heh!!!

Jika kita tidak bahagia, kita tidak dapat menikmati keindahan pemandangan dari balon udara.

Pertama-tama dalam melakukan sesuatu, pilihlah jadi bahagia. Mengapa? Saat kita bahagia, kita dapat menikmati apa pun juga, keindahan hidup ini.


Selamat Hari Minggu! Happy sunday! 

Advertisements

Categories: OPINION, PSYCHOLOGY

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.