ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Kalt Essen: Makanan Dingin ala Jerman Tak Perlu Dimasak

Brotzeitplatte. Makanan Kalt Essen bersama roti. 

Detilnya makanan tersebut misalnya acar timun, paprika, tomat dan sayuran segar. Kalt Essen ada bacon, daging yang sudah dipanggang terlebih dulu, telur dan sosis. Sebagai penyedap rasa, bisa ditambahkan cocolan semacam wasabi, pasta senf (warna kuning yang berasa pedas) dan butter. 

Dulu waktu masih pacaran sama suami saya, rasanya terlihat aneh saat dia makan Kalt Essen seperti makan ala kadarnya jika waktu makan malam tiba. Aneh juga bagaimana makan masakan yang tak perlu dimasak dengan rasa yang dingin pula. Sehat dan bergizikah makanan seperti itu? Itu pemikiran saya di awal. 

Namun seiring waktu, saya belajar mencicipi kemudian jadi terbiasa menyantap Kalt Essen. Nikmat juga Kalt Essen kala musim panas terik seperti ini sehingga tubuh tidak perlu berkeringat karena menyantap makanan. 

Kalt dalam bahasa Jerman diterjemahkan dingin sedangkan Essen adalah makanan. Kalt Essen menjadi kebiasaan untuk menyantapnya di Jerman terutama Bayerisch. Sebenarnya Kalt Essen bisa dijadikan sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Namun kebanyakan mereka menyantap Kalt Essen saat makan malam. Saat makan malam, porsi makanan memang seharusnya tidak perlu penuh atau banyak. Jadi cocok makan Kalt Essen di waktu makan malam. 

Senangnya menyiapkan Kalt Essen buat saya yang tidak ahli memasak adalah kita tidak perlu repot memasak. Irit listrik untuk memasak di kompor. Selain itu, tidak perlu repot pula mencuci piring. Mengapa? Menyiapkan Kalt Essen sangat sederhana dan tidak memerlukan berbagai peralatan dapur.

So bagi kita yang terbiasa makan tiga kali dengan makanan yang hangat, tentu rasa Kalt Essen menjadi hambar dan dingin. Itu wajar, makin lama jadi terbiasa. Apakah mengenyangkan juga? Tentu saja. Ternyata prinsip menyantap Kalt Essen adalah makanan yang menyehatkan, bukan hanya mengeyangkan perut saja. 

Makanan Kalt Essen mudah ditemukan di semua supermarket bahan makanan. Kita cukup membeli kemudian menyantapnya sesuai selera. Dalam Kalt Essen pastinya roti menjadi makanan pokok. Ada aneka jenis roti ditawarkan tergantung sajiannya. Kadang bisa juga mengganti roti dengan Kartoffelsalat yang juga paling enak disantap kala dingin. 

Cakupan Kalt Essen antara lain telur, ikan, sayuran, sosis, daging yang sudah dimasak sebelumnya, salat dan bacon. Ada juga buah-buahan, keju dan produk susu lainnya. Pastinya makanan yang dijual ini aman dan diuji secara ketat dengan kandungan gizi serta masa berlakunya. Jika malas masak, Kalt Essen tepat juga loh

Selamat Hari Minggu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.