ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Apa yang Menarik dari Kebun Binatang Wildpark Ortenburg?

Pengunjung dapat memberikan makanan dan berinteraksi langsung dengan satwa di sini. Tampak rusa dengan berbagai jenis menikmati makanan yang diberikan pengunjung.

Anda tahu apa fungsi jembatan seperti ini di pintu masuk? Jembatan kayu yang kokoh dengan selang seling berlubang dimaksudkan agar hewan takut melangkah keluar. Jadi hewan tak mungkin kabur keluar.

Dibandingkan Tierpark Hellburn di München, kebun binatang Wildpark di Otenberg tak seberapa banyak satwa yang hidup dan dipelihara. Dengan area seluas kurang lebih 25 hektar, anak-anak dan para penyayang binatang bisa bersentuhan langsung dengan satwa di sini. 

Satwa dibiarkan hidup sebagaimana habitatnya. Tentunya lahan yang luas mengikuti kondisi geografis alam sekitar sehingga pengunjung tidak hanya menikmati wisata satwa tetapi juga wisata alam. Pengunjung tidak usah khawatir karena memang hewan dalam kebun binatang ini bukan hewan berbahaya dan buas seperti ular, harimau dan semacamnya. 

Poin yang menarik dan mungkin bisa disontek untuk menjaga kelestarian kebun binatang:

1. Papan informasi hewan 

Papan informasi penting untuk memberikan edukasi kepada pengunjung. 

Meski tak banyak satwa di sini, namun tak semua satwa mudah dijumpai di Indonesia. Contohnya saya baru tahu beberapa satwa yang belum pernah saya jumpai. Misal, perbedaan antara Kuda dengan Pony, meski masih dalam satu familie ternyata Pony memiliki fisik tidak sebesar Kuda. Pengunjung bisa mengetahui dengan membaca deskripsi hewan dari papan informasi yang letaknya tak jauh dari lokasi keberadaan hewan tersebut. Ada juga hewan Lama yang saya hanya lihat di televisi.

2. Ketersediaan brosur dan leaflet.

Di muka pintu masuk, pengunjung bisa mengambil brosur/leaflet yang menggambarkan keseluruhan kebun binatang tersebut. 

3. Sarana bermain untuk anak-anak

Tampak kejauhan adalah sarana bermain anak-anak dan di sekitarnya ada tempat duduk untuk istirahat.

Meski ini adalah kebun binatang, namun tak lupa pengelola menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Itu artinya, pengelola paham betul kebutuhan anak-anak untuk bisa tetap menikmati kebun binatang.

4. Tempat duduk atau bangku istirahat

Kondisi geografis yang berundak-undak tentu memerlukan energi yang cukup melelahkan. Pengelola menyediakan tempat santai untuk pengunjung di banyak tempat.

5. Kran air cuci tangan

Tampak kran air untuk cuci tangan dan tempat membuang sampah di beberapa sudut area yang disediakan pengelola.

Pengelola sadar betul bahwa pengunjung bisa bersentuhan dengan hewan. Oleh karena itu kran cuci tangan disediakan di beberapa tempat.

6. Mesin minuman dan es krim

Tampak mesin otomatis untuk minum dan es krim yang disediakan pengelola.

Lagi-lagi tidak hanya restoran dan kafe yang bisa dijumpai, namun jika memerlukan minuman dingin (soft drink) dan es krim, silahkan datang ke mesin otomatis yang tersedia.

7. Makanan khusus hewan

Bagi anak-anak dan kaum penyanyang binatang, aktivitas memberikan makanan kepada satwa langsung sangat mengesankan. Dengan membeli 0,50€ tentu aktivitas ini menyenangkan.

Aktivitas menyayangi binatang disukai oleh anak-anak dan keluarga. Di sini pengelola pun menyediakan makanan khsusus untuk satwa. Pengunjung merogoh 0,50€ maka mendapatkan satu kotak makanan. Makanannya adalah jagung yang khusus dan bisa diberikan kepada satwa di sini. 

Hal yang perlu diperhatikan:

  1. Dilarang membawa makanan sendiri. Kebun binatang ini juga bukan arena pikinik dimana keluarga dapat menggelar makanannya sendiri. Pengelola sudah menyediakan restoran dan kafe jika memang membutuhkan. 
  2. Sangat tidak dianjurkan memberikan makanan kepada hewan selain makanan yang tersedia khusus yang berada di dalam area. 
  3. Menggunakan sepatu yang nyaman mengingat kondisi geografis alam di wilayah pegunungan. 
  4. Tidak buang sampah. Pengelola menyediakan banyak tempat sampah. Jadi kesadaran untuk menyayangi alam itu juga besar, tidak hanya sayang binatang saja. 
  5. Untuk kenyamanan bersama, ikuti petunjuk yang ada seperti penunjuk jalan. Tidak menyalahi aturan yang ada.
  6. Jika anda punya binatang peliharaan semisal anjing atau kucing, dilarang untuk dibawa ke dalam kebun binatang!


 So, semoga bermanfaat 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s