ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Haus? Ternyata Air Mineral Bersoda…

Saya dan suami pesan minum di restauran. Suami minum bir, saya dapat minuman air mineral bersoda kadar medium dengan irisan lemon dimasukkan dalam minuman. Di restoran amat jarang air minum mineral tak bersoda.

Andere Länder, Andere Sitten. Itu kalimat bijak dari mertua saya. Artinya setiap tempat pasti beda adat dan kebiasaannya. Ini pula yang menginspirasi saya menuliskan hal sepele, air minum. Saya ingat dulu di Penang, Malaysia, saya pesan es teh maka saya dapat es teh susu. Nah di Jerman, jika pesan air mineral maka saya dapat air mineral bersoda.

Pertama kali tiba di Jerman, saya merasa haus lalu mampir sebentar di kafe bandara untuk beli air mineral. Rupanya saya mendapatkan air mineral bersoda. Lalu saya makan di restoran, saya pesan minum air mineral dan lagi-lagi saya dapat air mineral bersoda. Karena kelamaan tak minum selama perjalanan dari bandara, di rumah akhirnya saya minum air dari kran langsung. Masuk akal memang bahwa air kran rumah bersih. 

Namun bukan berarti ada tamu, orang Jerman akan memberi air putih langsung dari kran ya, ini bukan kebiasaan mereka. Jika ada tamu, semisal ada teknisi yang akan memperbaiki internet rumah saya tempo lalu, maka saya memberikan air mineral tetapi ini air mineral bersoda. Saya menyediakan stok air mineral bersoda dan tak bersoda dalam jumlah banyak di rumah. 

Air mineral bersoda sudah menjadi minuman kebiasaan buat kebanyakan orang Jerman yang saya kenal. Nyatanya betapa sulit mendapatkan air mineral tanpa soda atau yang disebut ‘Mineralwasser ohne Kohlensäure’ di tempat umum seperti kafe dan restauran. Jika ingin membeli air mineral tak bersoda bisa datang ke supermarket sembako, yang tersedia dalam berbagai pilihan harga dan merek. 

Karena berasa aneh juga buat saya minum air putih langsung dari kran, ini pengalaman pertama kali datang ke Jerman ya, saya akhirnya membeli air minuman kemasan dalam jumlah banyak. Jangan ditanya, apakah ada air dalam galon dan water dispenser di Jerman? Jawabannya tidak ada kemasan air minum dalam bentuk galon di sini. Tidak ada pula dispenser air untuk panas dan dingin. 

Jika penasaran, apa minuman orang Jerman setelah makan? Saya jawab tergantung apa yang dimakan dan selera masing-masing orang. Namun memang air mineral kebanyakan dijual di tempat umum sebagai air mineral bersoda. 

Soal harga minuman kemasan tergantung merek juga. Saya biasa pilih yang ukuran besar 1,5 liter dengan harga yang termurah 0,25€ hingga 2€ per botol. Oh ya, saat membayar memang terdengar mahal, namun setiap botol ada 0,25€ untuk ditukarkan botolnya sebagai proses daur ulang. Hmm, menarik ya! 

Jika anda melihat tanda seperti gambar di atas, artinya botol kosong bisa bernilai sesuai harga yang dicantumkan 0,25€.

Namanya Geldautomat atau Pfandautomat, anda memasukkan botol kemasan air mineral yang dibeli, kemudian dihitung per botol kosong 0,25€. Setelah dihitung secara otomatis, mesin akan mencetak jumlah botol dan nominal Euro yang didapat, misal 5 botol maka bon akan menuliskan nominal 1,25€. Bon ini bisa ditukar uang kembali di kasir atau dijadikan potongan untuk berbelanja. Geldautomat biasa tersedia di supermarket sembako. 

Jika datang ke Jerman dan berasa haus, beli saja air mineral tak bersoda di supermarket sembako. Jangan lupa botol yang kosong dikumpulkan dan dijadikan potongan untuk berbelanja sembako! Lumayan ‘kan. Dari sekedar air minum kemasan, kita jadi paham pentingnya menjaga dan merawat alam juga. Jika memang ada air kran yang tidak bisa diminum langsung, biasanya mereka menuliskan dengan baik di papan informasi.

Semoga bermanfaat 😊

Advertisements

7 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s