ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Ini Bukan Bakso!

Leberknödelsuppe yang dibeli instan. Ditambah bawang goreng dan irisan cabe.

Leberknödelsuppe buatan sendiri. Hasil kerja keras tetapi bentuknya tidak bulat bagus seperti dalam kemasan instan. 

Saya suka bakso. Salah satu makanan yang buat saya kangen bila berada di luar negeri adalah bakso. Terbuat dari daging sapi pilihan, ditambah sedikit bumbu lalu dimakan kala panas beserta sawi atau mie jika suka. Bakso menjadi sajian yang nikmat untuk siapa saja. Bakso dikenal karena harganya yang terjangkau. Saya pun tak bisa melupakan lezatnya makan bakso bersama keluarga dan teman-teman.

Lalu saat udara dingin, tentu yang terbayang di Indonesia salah satunya adalah menyantap bakso. Kuahnya yang panas dan harga yang terjangkau membuat siapa saja suka bakso, termasuk saya.

Suami saya tahu bahwa saya suka bakso. Begitu seringnya saya makan bakso di Indonesia, kemudian dia penasaran mengapa saya suka bakso. Kemudian suami menghubungkan bakso dengan salah satu makanan Jerman. Makanan ini menyerupai bakso, namanya Leberknödelsuppe.

Leberknödel adalah masakan yang terbuat dari hati sapi yang dihancurkan. Jika bakso terbuat dari daging sapi yang dihancurkan maka makanan ini terbuat dari hati sapi. Makanan ini adalah sajian tradisional yang dijumpai di Jerman, Austria dan Ceko. Bentuk makanan ini sama seperti bakso yang bulat.

Saya pernah mencoba membuat sendiri, namun buatan tangan saya, tidak sebulat seperti bakso. Ini resepnya, jika mau disontek. Makanan ini tentu dimakan dengan kuah yang panas, sehingga disebut Leberknödelsuppe. Di wilayah Bavaria, makanan ini cukup terkenal.

Setelah berjibaku membuat Leberknödelsuppe, saya pikir lebih baik beli yang instan. Makanan ini tersedia dalam kemasan kaleng berikut kuah supnya. Kita hanya menghangatkan di panci 20-30 menit, kemudian siap disajikan.

Salah satu Leberknödelsuppe yang tersedia instan di supermarket. Tak perlu repot membuatnya, cukup dihangatkan di panci dan langsung disajikan. 

Saya sungguh menikmati makanan ini serupa dengan bakso, dimakan dengan kuah yang panas di kala dingin. Di Jerman memang belum memasuki musim dingin. Tetapi bagi saya, makanan ini juga sudah mengobati rasa rindu makan bakso seperti di Indonesia.

Bagaimana? Apa anda mau mencoba membuatnya? Ini resepnya.

Advertisements

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s