ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Selain Oktoberfest, Ini Dia Festival Rakyat yang Tetap Eksis 

Ada berbagai biergarten di sini yang diselenggarakan oleh merek-merek bir ternama. Ini hanya ilustrasi biergarten saja karena tetiba hape saya kurang batre untuk ambil foto biergarten.

Senangnya di musim panas adalah banyaknya festival yang bermunculan di tiap tempat. Mungkin iklim dan cuaca yang mendukung yang menyebabkan acara festival berlangsung secara outdoor selalu diminati siapa saja. Festival akbar yang saya ketahui adalah Oktoberfest. Oktoberfest mampu menyedot animo turis mancanegara untuk datang ke Munich.

Namun Oktoberfest belum mulai, festival akbar yang juga menarik minat masyarakat Bavaria sekitarnya adalah Karphamfest. Ternyata pengunjung tidak hanya datang dari wilayah Bavaria saja, ada juga dari tetangga sekitar seperti Austria. Disebut Karpham karena diselenggarakan tiap tahun di kota kecil Karpham, di wilayah Niederbayern.

Sampai sekarang festival rakyat ini masih memberi kesempatan untuk memperlihatkan inovasi di bidang pertanian, seperti pameran traktor dan berbagai alat berat lainnya.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa Karphamfest telah ada sejak lama, malah katanya sejak awal abad 19. Karena pada masa itu, banyak digelar pesta rakyat untuk merayakan hasil panen atau perayaan atas hasil kerja di ladang. Tak heran jika acara Karphamfest juga menjadi ajang pameran berbagai peralatan yang digunakan untuk pertanian. Berbagai alat berat seperti traktor dan semacamnya dipamerkan juga di sini. Pada tahun 2017 Karphamfest dilaksanakan selama 6 hari terhitung sejak 31 Agustus sampai 5 September. Pada hari pertama yakni Kamis biasanya digunakan sebagai pembukaan resmi dan niaga. Selanjutnya Jumat sebagai hari pembukaan untuk masyarakat umum. Di hari terakhir, Selasa ditutup dengan pesta kembang api.

Apa saja bisa ditemukan?

Di Indonesia saya menyebut atraksi ini Bom Bom Car.

Ketiga atraksi di atas tentu disukai terutama mereka yang muda dan tak punya masalah dengan ketinggian. Anda berani?

Sebagian besar yang hadir mengenakan pakaian tradisional, perempuan mengenakan drindl dan pria mengenakan lederhose. Ini semacam festival untuk semua kalangan. Ada berbagai atraksi budaya digelar seperti olahraga berkuda Springreiten, band rakyat, dll. Untuk anak-anak, ada banyak atraksi hiburan yang nenyenangkan di sini. Sedangkan kalangan remaja pun tak mau kalah, karena ada arena uji nyali dalam atraksi seperti di taman hiburan. Tentu tua muda bisa menikmati aneka jajanan festival. Jajanan festival, pernah saya tulis di sini.

Salah satu jajanan khas yang dijumpai di setiap festival.

Springreiten.

Ada banyak biergarten yang disediakan pengunjung dengan merek bir-bir terkenal. Setiap tempat menampilkan ciri khas musik, aksesoris, makanan dan bir yang berbeda-beda citarasanya. Asyik ya!

Pengunjung juga bisa menikmati pameran berbagai produk hasil pertanian dan aneka macam kebutuhan rumah tangga. Dari bisnis unit masyarakat kecil hingga perusahaan yang sudah punya nama. Lengkap!

Silahkan datang dengan membawa kocek yang tebal karena harga festival untuk berbagai sajian makanan dan minuman pastinya lebih mahal! Misal harga bir 0.5 liter normal 2-4€ di festival bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat. So, ingin merasakan bagaimana kehidupan masyarakat Bavaria pada umumnya, datang di setiap tahun di acara ini. Karpfamfest biasa digelar di penghujung musim panas.

Untuk video uji nyali, silahkan tonton video singkat berikut. Anda berani?

Semoga bermanfaat 😄

Advertisements

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s