ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Kupon Bayar WC Bisa Jadi Voucher di Mall

Setelah dari WC, simpan kupon supaya dapat potongan harga di kafe/restoran di dalam mall.

Dulu teman saya suka protes jika sama-sama traveling dan harus bayar, misal di Malaysia perbatasan, dia harus merogoh uang 2 Ringgit setara dengan 6 ribuan rupiah. Dia komplen, menurutnya di Indonesia untuk bayar WC masih 2 ribu rupiah bahkan kadang ada yang sukarela. Di luar negeri tidak semua tempat gratis untuk menggunakan WC. Meski nominalnya kecil ya tetapi jika sering pergi ke toilet, ya lumayan juga nominalnya bila dijumlahkan.

Di beberapa tempat seperti mall di Munich, bisa menerapkan harga berbeda-beda untuk bayar urusan ‘ke belakang’ misalnya. Atau di stasiun kereta, ada yang menerapkan 0,50€ hingga 1€. Jika bayar kepada petugas tentu lebih enak jika kita tidak punya uang koin, sialnya lagi sudah kebelet ternyata tidak punya uang koin yang harus dimasukkan secara otomatis ke mesin. Jika begitu, anda tetap tidak bisa masuk karena harus masukkan koin dulu untuk membuka pintu misalnya.

Jadi memang ‘urusan ke belakang’ terlihat sepele namun jika sering ke WC, terbayang juga uang koin yang seharusnya bisa untuk makan atau minum. Ngapain protes jika WC umum di Indonesia masih sukarela atau 2 ribu rupiah untuk mereka yang membersihkannya. Di luar sana, anda harus mengeluarkan lebih dari 2 ribu rupiah untuk sekedar WC. Malahan saya pernah menemukan tempat-tempat wisata yang bau pesing, karena orang mungkin malas bayar atau tak punya uang koin sehingga bisa buang air kecil sembarangan, memprihatinkan ya? Mungkin daripada keluar 1€, mending dilakukan di sembarang tempat. Bukan cara yang baik ini. Di tempat wisata populer bukan tidak mungkin biayanya 1€ untuk numpang WC.

Sambil menunggu di mall, pesan minuman hangat 2,50€ di kafe. Lumayan ada potongan voucher. 

Nah suatu kali, saya tunggu suami di mall. Saya mampir ke kafe di suatu kota di Jerman lalu memesan minuman hangat. Tiba-tiba saya ingin ke ‘belakang’ alias pergi ke WC. Duh, jika di kafe luar mall pastinya ada WC, lah ini tunggu di kafe mall mesti bayar lagi sementara tidak ada uang koin 0,50€. Akhirnya suami saya datang dan kasih uang koin 0,50€ kemudian saya terburu-buru ke toilet.

Toiletnya canggih dan bersih lagi. Tidak rugi lah jika harus bayar segitu. Setelah masukkan uang koin 0,50€ maka akan keluar di mesin otomatis kertas voucher. Setelah itu, kita bisa masuk ke toilet. Setiap voucher toilet ini bisa jadi potongan untuk satu bon bayar minuman atau makanan di kafe atau restoran yang tersedia di mall. Bukan voucher untuk berbelanja ya, sekedar mengingatkan 😄

So menarik juga ide ini. Menurut anda bagaimana ide ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.