PSYCHOLOGY

Segala Permulaan Itu Pasti Sulit

Siapa bilang perubahan itu mudah? Saat kita memulainya pasti ada kesulitan. Susah juga belajar bahasa Jerman di awal, itu pengalaman saya pertama kali. ‘Alle Anfang ist schwierig’ kata guru bahasa Jerman saya. Maksudnya, segala permulaan itu sulit. Jika dipikir di awal apa pun yang kita lakukan, mungkin tersirat pikiran putus asa. Susah di awal bahkan hampir menyerah, itu wajar!

Mengapa permulaan itu begitu sulit? Karena terjadi perubahan dari kebiasaan yang dilakukan. Mengubah kebiasaan itu tak mudah bahkan harus menghadapi berbagai benturan dan hambatan. Oleh karena itu memulai perubahan itu sulit. Biasa berbicara bahasa ibu, mendadak harus berbicara bahasa Jerman tentu tidak terbiasa.

Mengapa permulaan itu begitu sulit? Karena hukum alamnya, segala sesuatu itu dimulai dengan proses. Mana ada orang mendadak langsung pintar, tanpa melewati kesulitan belajar? Mana ada pernikahan yang berhasil tanpa melewati kesulitan di awal? Mana ada juga mereka yang sukses dalam usaha bisnis tidak melewati permulaan yang sulit? Jadi semua di awal pastinya sulit.

Apakah terjadi kekacauan saat terjadi perubahan? Bisa jadi. Di tengah perubahan anda mengalami kekacauan. Anda mulai flash back lagi apa iya saya bisa melakukan perubahan?

So, bagi anda yang saat ini sedang memulai perubahan, anda tidak sedang sendiri mengalami kesulitan untuk memulainya. Awal itu pasti sulit. Sama seperti pepatah bijak, ‘Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang kemudian.’ 

Percayalah, apa pun yang sedang anda mulai saat ini bukan proses yang mudah. Yakin dan optimis bahwa anda bisa dan sanggup juga melewati prosesnya. YES, YOU CAN! Karena hasilnya adalah LUAR BIASA!

Seperti kalimat bijak berikut: ‘Veränderung ist am Anfang schwer, chaotisch in der Mitte, aber am Ende einfach großartig.’ Terjemahan bebasnya, perubahan pada awalnya itu sulit, kacau di tengah, namun pada akhirnya hasilnya hebat. 

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s