ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Ketika di Jerman, Pembayaran Gunakan Tunai

Pluscity, salah satu mall terbesar di kota Linz, Austria. 

Pertama kali tinggal di Indonesia, suami saya ribut ketika kami jalan keluar rumah tak ada uang cash. Saya pun tersenyum, saya tunjukkan kartu sakti, maksudnya kartu debit bank saya di Indonesia. Saya katakan bahwa dengan kartu ini bayar apa saja mudah. Senangnya juga saat saya di Jakarta terutama banyak ATM berseliweran. Jadi jika butuh uang cash, bisa jalan kaki tinggal pilih yang dekat dari rumah.

Nah bagaimana di Jerman? Pertama kali datang tahun 2013, saya sudah diwanti-wanti untuk tidak bawa kartu kredit. Siapa juga punya kartu kredit? Meski saya sering traveling, tetapi hingga saat ini saya belum tertarik untuk apply kartu kredit. 

Mengapa? Di Jerman segala pembayaran seperti restoran, kafe dan berbelanja di Supermarket kebanyakan dilakukan secara tunai. Untuk berbelanja di supermarket bisa gunakan kartu debit. Saya punya kartu debit bank di Jerman. Namun yang berbeda saat di Indonesia, si kasir minta kita menunjukkan kartu identitas sebagai bukti bahwa kita adalah pemegang kartu tersebut. 

Ada pula kasir yang tidak hanya meminta penunjukkan kartu identitas diri tetapi juga meminta saya tanda tangan di belakang struk belanja. Struk ini kemudian disimpan oleh si kasir. Begitulah, lain negara, lain aturan. 

Belum lagi dulu saya menggampangkan apa saja, tidak bawa uang tunai tetapi bawa kartu debit dan tinggal tarik tunai. Nah di sini, pernah kali waktu berbelanja barang dan pas bayar di kasir, kata kasir mesin EDC offline. Hadeh, saya mesti cari ATM yang tak semudah di Indonesia. 

Pernah suatu kali saya traveling sama suami ke negara tetangga pakai mobil. Sudah sampai di negara tetangga, suami saya minta kita kembali lagi ke Jerman karena lupa bawa uang cash. Akhirnya tidak kejadian kembali ke Jerman karena kartu debit dilengkapi maestro atau visa. Jadi bisa ditarik dari ATM negara tetangga, dengan charge sekian Euro. 

Begitulah, jika anda ingin ke Jerman pastikan bawa uang tunai di tangan! Karena itu lebih baik. 

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.