PSYCHOLOGY

Mengapa Harus Senyum Di Awal Hari?

Pagi ini saya sudah diingatkan McDonalds di sini untuk tersenyum. Pilihan kentang goreng bisa diganti dengan kentang emoticon smile. Apa anda sudah senyum?

Ada orang yang mudah tersenyum, namun ada juga yang sulit melakukannya. Alasannya klise, dari soal tak punya uang hingga banyak masalah hidup. Ada juga yang memang tak terbiasa untuk tersenyum, bahkan pada orang yang dikenal sekali pun. Apa anda perlu dibayar untuk tersenyum? Padahal senyum punya banyak keuntungan.

Alasan harus senyum di awal hari:

1. Senyum itu membuat anda rileks alias tidak stres di pagi hari.

Saat anda senyum, hormon dilepaskan ke aliran darah yang mendorong kerja otak menjadi lebih rileks. Saat detak jantung tidak meningkat dan kadar darah menurun karena tersenyum, di situ anda merasa bahagia.

Sebuah riset yang diterbitkan Jurnal Psychological Science (2012) menyatakan bahwa mereka yang paling banyak senyum memiliki penurunan detak jantung dan pemulihan stress yang lebih cepat. Hal ini dibuktikan dari percobaan 170 orang dengan media sumpit dan pemberian tugas menegangkan. Detilnya bisa dilihat di sini.

2. Senyum itu menolong orang lain untuk ikut tersenyum di awal hari.

Memang tidak semua orang saat anda tersenyum di awal, akan membalas tersenyum pula. Namun ketahuilah, bahwa sebagian orang akan tersenyum bilamana anda memulai senyuman di awal. Dengan begitu anda membantu orang lain pula untuk rileks. Jadi senyum itu bawa berkah untuk orang lain juga.

3. Di pagi hari senyum mempengaruhi kerja tubuh.

Jika otak sudah melepaskan pemicu stress dengan tersenyum, maka tubuh akan bereaksi sehingga bersemangat menghadapi hari anda. Tersenyum memotivasi tubuh untuk ceria, bergairah, optimis dan positif ketimbang anda bermuram durja di awal hari. Ini tentu menjadikan awal hari anda lebih baik.

4. Awali hari dengan senyum karena akan membuat anda disukai orang sekitar.

Ada dua orang yang bekerja bersama anda, yang satu suka tersenyum pada anda meski tidak kenal baik dengan anda. Satu lagi, anda mengenal baik namun tidak pernah tersenyum pada anda. Anda pasti lebih memilih berbicara dengan orang pertama yang suka tersenyum meski tidak kenal baik. Mengapa? Law of Attraction. Mereka yang tersenyum akan mudah didekati dan dikategorikan lebih ramah dibandingkan tidak. Coba deh!

So, sudahkah anda tersenyum pagi ini?😁

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.