ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Zwetschgenmarkt: Pasar yang Tidak Jual Plum, Lalu Apa?

Tampak pengunjung sedang memperhatikan barang dagangan.

Ini bukan apel atau plum. Akhirnya saya beli buah Nektarinen, murah loh.

Barangkali harganya murah dibandingkan pasar malam di Indonesia, dompet aneka macam.

Rencana saya dan suami pergi ke ‘Zwetschgenmarkt’ berbelanja dan mungkin ada yang bisa dibeli. Meski saya tidak tahu ‘Zwetschgenmarkt’  itu apa? Menyebut namanya saja susah, akhirnya karena penasaran saya ikut. Acaranya pada hari minggu kemarin (17/9) jam 11 siang sampai sore hari. Padahal hari minggu semua mall dan toko di Jerman tutup tetapi entah mengapa pasar ini dibuka sebagai pasar rakyat.

‘Zwetschgenmarkt’ jika diterjemahkan artinya pasar yang menjual plum. Buah plum baik untuk kesehatan. Ketika saya sampai di sana, kami tidak menemukan lagi plum. Bisa jadi pasar itu hanya julukan atau buah plum sesungguhnya sudah habis. Kami datang sekitar jam 2 siang.

Lah, bagaimana nama judul pasar tidak konsisten? Tetapi di pasar ini semacam pasar yang menjual hasil panen dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Pasar ini memang tidak bisa disebut sebagai pasar tradisional karena tidak ada tawar menawar harga di sini. Semua harga sudah sesuai dengan informasi harga yang dipasang alias harga pas.

Konon pasar ini memang sudah jadi tradisi diadakan setelah musim panas. Beberapa petani tampak menjajakan hasil panen. Namun ada pula beberapa pedagang lain asal Asia yang berdagang pakaian, tas dan lain-lain. Sementara ada yang lain menjual aneka pernak-pernik barang rumah tangga. Di sudut lain ada yang menjual makanan dan minuman yang siap disantap. Beberapa orang tampak asyik menikmati jajanan dan anak-anak sibuk bermain di arena bermain dengan membayar sejumlah uang sekali putar.

Area parkir disediakan gratis bagi yang hendak berbelanja. Ada juga sudut yang digunakan untuk berdonasi bagi masyarakat yang ingin menyumbang. Di sudut lain saya mengamati ada pos untuk berkampanye. Ingat loh 24 September ini, Jerman menyelenggarakan pemilu! Pastinya momen pasar rakyat bermanfaat prmosi massa untuk memilih. 

Tak jauh dari ‘Zwetschgenmarkt’ ada Flohmarkt. Silahkan cek tulisan saya tentang Flohmarkt di sini! Jadi tumpah ruah orang-orang berbelanja, memperhatikan setiap barang dagangan, menikmati suasana dengan keluarga dan bertemunya orang-orang bersama teman dan koleganya. Wah, seru!!!

Semoga bermanfaat😁

Advertisements

9 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s