PSYCHOLOGY

Apakah Anda Termasuk Orang Berdedikasi dalam Bekerja?


Ilustrasi. Orang yang berdedikasi mengorbankan kepentingan diri sendiri demi pekerjaan yang dicintainya.

Dedikasi dalam kamus Oxford yang ditemukan merujuk pada pengertian mencurahkan energi dan waktunya untuk sesuatu yang dianggap penting. Begitu pentingnya hingga orang yang berdedikasi bisa bekerja sampai melupakan keluarga atau orang-orang tercinta. Orang yang berdedikasi tidak memikirkan berapa besar penghargaan yang diperoleh, namun mereka yang berdedikasi akan bahagia bila apa yang dikerjakannya berarti untuk orang lain.
Dalam dunia kerja di tengah persaingan, apakah masih dijumpai orang yang berdedikasi? Atau apakah orang berdedikasi hanya sebatas ingin mendapatkan promosi jabatan? Bagaimana mengukur orang yang benar-benar berdedikasi melaksanakannya dengan orang-orang yang tidak? 

Dari hasil wawancara dengan beberapa teman yang bekerja sebagai HRD, silahkan disimak ciri-ciri berikut yang termasuk berdedikasi. Apa saja?

1. Punya semangat kepahlawanan (warrior’s spirit)

Mereka yang berdedikasi seperti yang dijelaskan di atas, tidak pernah ragu untuk berkorban demi menyelesaikan pekerjaannya. Bisa saja mereka tekun mengerjakan tugas dan mengorbankan waktu makan siang. Atau mereka bekerja lembur dan mengorbankan waktu bersama keluarga agar pekerjaannya sempurna. Spirit pengorbanan juga tercermin ketika mereka juga tidak pelit untuk menghargai hasil kerja teman atau bawahannya misal traktir makan atau beri hadiah. Berdedikasi juga ditunjukkan ketika dalam pekerjaan tim, dia bisa berani ‘pasang badan’ sebagai supervisor bilamana ada pekerjaan yang tidak beres. Hmm, adakah itu?

2.  Mau melayani (a servant’s heart)

Bekerja itu tidak hanya pemenuhan aktualisasi diri namun juga memiliki jiwa melayani. Mereka yang tidak punya jiwa melayani tak mungkin berdedikasi. Orang berdedikasi tidak memikirkan posisi jabatan meski mereka berada di posisi puncak pimpinan. Berdedikasi juga dikatakan mampu menempatkan kepentingan orang lain atau bersama. Dia yang berdedikasi tidak egois dan suka menolong (helpful).

3. Orang yang menyenangkan (joyful person)

Seberapa pun berat dan besarnya tanggungjawab dalam bekerja, menjadi orang menyenangkan adalah harapan setiap orang bekerja. Mengapa? Karena kenyamanan akan menimbulkan kepuasan kerja. Meski gaji besar namun anda tidak nyaman bekerja, tentu anda akan memilih untuk hengkang. Mereka yang berdedikasi tahu dan paham betul soal itu. Jadi mereka pun tampil jadi pribadi yang menyenangkan. Meski kita tidak bisa menyenangkan hati semua orang, namun orang berdedikasi selalu mengesankan sebagai orang yang menyenangkan.

4. Berkomitmen menyelesaikan tugas yang diberikan (committed to work)

Berdedikasi mampu menunjukkan pribadi yang tangguh dalam menyelesaikan pekerjaannya. Mereka tak suka menunda pekerjaan bahkan sedapat mungkin mengerjakan dengan sempurna. Mereka terbiasa mengerjakan lebih dari yang seharusnya. Mereka juga tidak mengeluh karena beban pekerjaan yang dipikulnya. Sejatinya, mereka yang berdedikasi adalah orang yang mencintai pekerjaannya dan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Well, dari keempat ciri di atas, andakah itu? Atau adakah anda sudah menentukan siapa orangnya?

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

14 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.