COMMUNICATIONS

Mengapa Berpacaran Jarak Jauh Bisa Lebih Langgeng?

Kemajuan teknologi kini menjadi pendorong bagi banyak orang untuk tetap bisa memadu kasih meski jarak yang berjauhan memisahkan. Dulu banyak orang masih menganggap bahwa hubungan jarak jauh sepasang kekasih tidak akan mungkin berhasil. Namun kini nyatanya banyak juga pasangan jarak jauh, para LDR (Long Distance Relationship) yang berhasil melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, menikah. 

Sebuah studi (2013) yang diterbitkan dalam journal of communication menunjukkan meski ada jarak dalam relasi pasangan jarak jauh yang diteliti, namun ternyata tingkat kepercayaan yang tinggi memungkinkan mereka lebih intim ketimbang pasangan biasa. Hal ini tentu bertolakbelakang dengan pendapat orang di masa lalu bahwa jarak menjadi hambatan bagi kelanggengan suatu hubungan cinta. Apalagi mereka yang berpasangan jarak jauh tidak intens bertemu dan punya waktu romantis yang rendah ketimbang pasangan biasa. Namun bukan tidak mungkin, ada pejuang-pejuang LDR yang berhasil menaklukkannya.

Berdasarkan studi tersebut dan pengalaman pribadi yang pernah melakukan LDR (curcol), berikut alasan mengapa pacaran jarak jauh bisa langgeng. 

Here there are:

1. Saling percaya satu sama lain.

Meski pasangan jarak jauh bukan harapan semua orang di dunia ini, namun kenyataan menyebabkan sebagian orang terpaksa melakukan ini. Bisa karena pekerjaan, keinginan untuk sekolah, tuntutan ekonomi, aturan ijin tinggal dan lain sebagainya namun sekali lagi menjalankan hubungan jarak jauh diperlukan kepercayaan yang tinggi satu sama lain agar bisa berjalan baik. Bukankah menjalin hubungan itu mempercayai dulu baru kemudian menikah? 

2. Mampu mengatasi tantangan termasuk jarak yang memisahkan.

Duh, enaknya punya pasangan bisa ada setiap saat dibutuhkan. Namun tidak bagi mereka yang melakukan LDR. Jika jarak yang menjadi tantangan mampu ditaklukan untuk seorang yang dicintainya, bukan tidak mungkin mereka yang LDR mampu mengatasi tantangan lainnya di kemudian hari. Pepatah bijak berkata “Distance means nothing when someone means everything” 

3. Paham arti komunikasi.

Komunikasi tidak melulu digambarkan dalam bentuk kehadiran setiap waktu satu sama lain. Mereka yang melakukan hubungan jarak jauh mampu membangun komunikasi yang khas sehingga tidak ada lagi sekat jarak di antara mereka. Bahkan komunikasi yang berjarak ini lebih maksimal ketimbang pasangan biasa. Nyatanya hal romantis pun bisa dilakukan oleh pasangan jarak jauh asal tahu bagaimana mengkomunikasikannya satu sama lain.

Hmmm, semua ini bukan untuk digeneralisasikan namun kembali kepada setiap pasangan itu sendiri. Apakah komitmen dan kepercayaan bisa dilakukan meski atau tanpa jarak?

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: COMMUNICATIONS, MARRIAGE

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.