PSYCHOLOGY

Ritual Apa yang Anda Lakukan Agar Bisa Tertidur?

Tak bisa tidur nyenyak jika saya belum sikat gigi. Pengalaman pribadi, anda sendiri bagaimana?

Apakah anda sering mengalami kesulitan tidur saat malam hari? Atau apakah anda merasa tidak nyaman tidur jika belum melakukan ritual khusus? Ritual yang dimaksud adalah kebiasaan untuk melakukannya secara rutin, tak afdol jika tidak melakukannya. 

Nah, sesuai kebiasaan anda, ritual apa yang biasa anda lakukan supaya anda bisa tidur pulas dan tidak terganggu memikirkannya? Berikut saya membuat 10 daftar kebiasaan orang-orang berdasarkan pengalaman dan pengamatan sehari-hari yang saya jumpai.

Apa saja?

1. Sikat gigi malam hari

Kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur adalah keharusan jika anda tidak ingin bau mulut keesokan harinya saat bangun tidur. Selain itu, gigi yang sehat juga perlu dijaga. Salah satunya adalah perlu menggosok gigi sebelum tidur. Sebagian orang merasa tidak nyaman jika tidak menggosok gigi sebelum tidur, contohnya saya. Bahkan saat traveling dan transit di Bandara karena overnight, sikat gigi dan perlengkapannya sudah ada dalam tas jinjing.

2. Minum susu hangat

Ada yang mengatakan bahwa susu hangat baik diminum sebelum tidur. Ini pula yang jadi alasan teman saya untuk meminum susu sebelum tidur. Saat traveling dengannya, kami harus mampir sejenak di supermarket hanya untuk membeli susu. Untungnya pihak hotel punya pemanas air elektronik, jadi tiap malam dia bisa membuat susu. Syukurlah!!

3. Menonton tivi

Ada pula orang yang membiasakan matanya sebelum tidur dengan menonton tivi. Ada teman bercerita tentang kakak iparnya yang biasa tidur di sofa depan tivi hingga tertidur. Parahnya tivi dipasang dalam volume suara besar. Jika tivi dimatikan, dia bisa sadar dan marah karena dimatikan. Tetapi jika tivi dibiarkan, dia bisa tertidur. Aneh ya, tetapi ada ya.

4. Membaca 

Ada orang yang tidak bisa tidur jika tidak membaca. Mereka bisa membaca apa saja, mulai dari novel, majalah, koran, online news hingga laporan kerja. Katanya nih, jika tidak membaca otaknya masih memikirkan apa yang sudah terlewat pada hari ini. Jadi daripada tidak bisa tidur memikirkan pekerjaan hari ini, berita hari ini atau gosip hari ini, dia lebih memilih membacanya. Menarik ya!

5. Mengecek hape

Ada juga nih kebiasaan tidur bersama hape. Rasanya hape bisa jadi teman tidur. Meski sudah ada peringatan agar menjauhkan hape 30 sentimeter, namun karena kebiasaan tak bisa lepas maka dia pun tidur bersama hape. Saat ditanya apa yang dilakukannya dengan hape, mulai dari cek email, cek medsos, main games, stalking hingga sexting. Komplit katanya asal ada hape di dekat tempat tidur, lalu dia akan tertidur setelahnya.

6. Mendengarkan musik

Musik yang ringan dan menenangkan ternyata diperlukan buat sebagian orang agar bisa tertidur. Sebaiknya orang seperti ini tidur sendiri atau mendengarkan musik dengan headset, lah jika tidak, tak terbayang teman sekamarnya yang ingin tidur dalam keadaan sunyi. Kebanyakan sih mereka punya headset lalu dengarkan musik sendirian.

7. Membersihkan muka dan perawatan malam hari

Nah, ini kebiasaan perempuan pada umumnya untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Ada teman saya saat kami camping kala remaja, sebelum tidur dia menyisir rambutnya dan pakai bedak. Lalu saya sempat bingung, akan kemana dia pergi malam hari begini? Rupanya dia berprinsip begini, kita ‘kan tidak pernah tahu kapan kita meninggal. Lah jika kita tiba-tiba meninggal saat tertidur, kita sudah siap dalam keadaan cantik bertemu dengan malaikat. Gubrakss! Bagaimana ya kabar teman saya yang ini? Lain teman juga begitu, sebelum tidur dia harus meletakan tiga macam olesan wajah agar tidak keriput dan tetap cantik saat tua nanti. Nah, ini belum saya cek apakah dia masih cantik atau tidak sampai sekarang.

8. Memastikan rumah dan segala isinya dengan aman

Ini kebiasaan para orangtua dimana saja, mereka sebelum tidur terbiasa mengecek seluruh rumah. Apakah pintu gerbang sudah ditutup? Apakah pintu depan sudah terkunci? Apakah jendela tidak ada yang terbuka? Apakah anak-anak sudah tertidur atau belum pulang? Apakah semua dalam keadaan aman? 

9. Minum obat

Ada juga sebagian orang yang diwajibkan mengkonsumsi obat tertentu sebelum tidur. Obat ini biasanya rekomendasi dokter untuk pengobatan. Sesuai petunjuk dokter misalnya, obat dikonsumsi sebelum tidur atau jam-jam menjelang tidur. Namun ada juga orang yang mengkonsumsi obat sebelum tidur karena katanya obat bagus dibiarkan bekerja pada tubuh saat tertidur. Waduh, ini mitos atau fakta?

10. Doa/sembahyang malam

Ini juga biasa dilakukan sebagai ungkapan syukur atau pengajuan permohonan kepada Tuhan. Biasanya sebelum tidur, doa menjadi lebih khusyuk karena suasana yang sunyi dan tak terganggu aktivitas lainnya. 

Lalu, dari kesepuluh aktivitas di atas, adakah di antara anda yang melakukannya? Atau ada ide tambahan buat saya melengkapinya? 😁

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s