ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Bukan Buat Bergaya, Ini Fungsi dan Penjelasan Kacamata Surya

Logo CE berlaku di Eropa. Kacamata surya ini termasuk kategori 3.

Apakah anda punya kacamata surya? Apakah anda suka menggunakan kacamata surya kala terik matahari? Kacamata surya atau sunglasses adalah kacamata berwarna gelap (bukan kacamata berwarna transparan) yang digunakan melindungi mata dari pengaruh teriknya matahari. Kacamata surya bukan hanya untuk gaya penampilan saja, namun sesungguhnya berguna untuk merawat mata.

Nah yang menarik adalah kacamata surya ini punya standar khusus bila dipergunakan di Eropa. Walah, baru tahu saya! Saya hanya tahu begitu murah mendapatkan kacamata surya di pinggir jalan seharga puluhan ribu di Jakarta dan sekitarnya. Awalnya menggunakan kacamata surya karena bentuknya yang menarik untuk menambah penampilan. Namun setelah berkonsultasi dengan dokter mata di sini, mata benar-benar memerlukan perlindungan khusus, terutama terhadap bahaya silau matahari. Sebaiknya jangan sembarangan menggunakan kacamata surya loh.

Di Eropa, produk yang memenuhi standar harus punya tanda CE (lihat foto). Dalam kacamata surya juga tertera informasi kategori yang dimiliki. Kategori itu yang menentukan fungsi dan penggunaan kacamata, dimulai dari kategori 0 hingga 4. Untuk kategori 0 dan 1 dideskripsikan ‘Light tint sunglasses’ dimana penggunaannya bilamana sinar mataharinya tidak begitu menyilaukan mata, misal langit berawan atau matahari yang malu-malu muncul di awan.

Kategori selanjutnya adalah kategori 2 dan 3 yang merupakan kategori umumnya dipakai oleh kebanyakan orang. Mengapa? Kategori 2 dikatakan baik untuk melindungi dari silau matahari, sedangkan kategori 3 dianggap punya perlindungan yang maksimal dari silau matahari. Digambarkan dalam simbol bahwa matahari benar-benar terik seperti suasana di pantai, maka kacamata surya kategori 2 dan 3 tepat digunakan.

Kategori terakhir adalah kategori 4. Di kategori ini dideskripsikan sebagai perlindungan khusus untuk mengurangi silaunya matahari. Jenis ini misalnya harus digunakan pada mereka yang sedang menjalani perawatan karena penyakit mata katarak. Mereka yang menderita katarak sangat sensitif terhadap silau matahari. 

So, setelah membaca uraian saya di atas, ternyata kesehatan mata itu penting, dimulai dari penggunaan kacamata surya. Kacamata surya bukan sekedar gaya penampilan, namun berfungsi untuk melindungi secara optimal mata dari sinar UV.

Meski demikian, dalam boks kacamata surya ada beberapa saran penggunaanya. Satu, not for direct vieweing of the sun. Istilahnya, meski berkacamata ya tidak usah menantang memandangi matahari secara langsung. Kedua, kacamata surya ini juga bukan perlindungan buat cahaya buatan, misal buat perlindungan mata saat las besi. Ketiga, kacamata surya juga tidak cocok untuk melindungi mata saat mengendarai kendaraan pada malam hari. Beberapa orang ada yang bermasalah menyetir di malam hari karena silau lampu-lampu kendaraan sehingga memandang perlu kacamata surya ini. Sebetulnya ini tidak tepat.

Baiklah, dari penjelasan di atas, bagaimana kacamata surya milik anda? Coba di cek masuk dalam kategori mana? 

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND, OPINION

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.