ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Pemilu Jerman 2017: Dibalik Perempuan Hebat, Ada Suami Tercinta

Karena tidak menemukan foto Angela Merkel dengan suami, cukup foto ini saja sebagai ilustrasi. Foto diambil dari majalah lokal (13/9).

Jika pepatah biasa mengatakan dibalik kesukesan seorang pria, ada seorang istri yang hebat. Lalu bagaimana jika berlaku kebalikannya. Di balik perempuan hebat, ada seorang pria yang mendukungnya. Siapa? Siapa lagi jika bukan suami tercinta.

Sebut saja, Angela Merkel, sang Kanselir di Jerman. Perempuan tangguh ini merupakan perempuan yang cerdas sejak kecil dan sebagai pemimpin, ia mampu mengambil kebijakan yang populer meski tidak disukai. Kini dia pun menjagokan kembali jadi Kanselir untuk keempat kalinya. Dia terjun ke dunia politik yang katanya merupakan dunia para pria dan memegang posisi Kanselir, sungguh bukan perkara mudah. Namun Tante Merkel percaya bahwa ia masih mampu menyeimbangkan politik dunia dengan beragam isu, termasuk isu pengungsi yang juga memanas di Jerman.

Berusia 63 tahun dan dibesarkan dalam keluarga kristen yang taat di wilayah dulu bekas Jerman Timur. Kepandaian Tante Markel pun memikat Prof. Joachim Sauer, seorang ilmuwan yang kini jadi suaminya. Hal menarik adalah suami tante Merkel tak suka tampil di muka publik, apalagi disorot media. Konon saat isterinya diambil sumpah jadi Kanselir, dia pun tak datang di upacara tersebut. Ini bukan berarti Prof. Sauer tidak mendukung isterinya loh.

Bukti kecintaan suami pada Tante Merkel terlihat bagaimana Prof. Sauer masih memasakkan makanan untuk sang Kanselir, di tengah kesibukkannya di kampus. Pernah saya lihat di majalah terbitan Jerman, Tante Merkel difoto saat membayar di kasir di suatu supermarket di Berlin. Begitu humble-nya jadi Kanselir, dia pun tak suka kemewahan dan tetap berbelanja seperti layaknya ibu-ibu di Jerman pada umumnya. 

Angela Merkel juga adalah seorang ibu, bagi Daniel dan Adrian, meski mereka adalah anak tiri yakni anak dari suami dengan mantan isteri terdahulu. Ia juga begitu perhatian sebagai ibu kala suatu kali salah satu anak harus berhadapan dengan masalah, ini saya lihat pernah dimuat di majalah lokal. Meski dia adalah seorang Kanselir, yang punya pengaruh kekuasaan besar di Jerman, namun dia tetap seperti layaknya ibu dalam keluarga.

Perbedaan usia lima tahun antara Angela Merkel dengan suami memperlihatkan bahwa mereka adalah pasangan yang ideal. Keduanya adalah orang cerdas dan cocok satu sama lain, menurut pendapat beberapa kerabat mereka. Hal Ini cukup membuktikan bagaimana karir isteri yang hebat perlu mendapat dukungan dari sang suami, apalagi si perempuan adalah Kanselir Jerman. 

Meski kehadiran Prof. Sauer tidak begitu menonjol dalam setiap peristiwa kenegaraan, juga bukan berarti dia tidak mendukung peran dan jabatan isterinya. Hanya saja, dia memilih untuk tidak tampil dan berbicara banyak di hadapan media. Namun dalam keseharian bersama Kanselir, dia adalah suami yang suka memasakkan makanan untuk isterinya. Terbukti, Tante Merkel suka sekali masakan suaminya. 

Moral of story is… siapa pun anda sebagai perempuan dan apa pun jabatan anda, anda tetaplah isteri dan ibu di rumah. Memiliki suami yang mendukung karir dan cita-cita isteri bukan suami biasa, tetapi suami luar biasa.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND, MARRIAGE

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.