OPINION

Merasa Sedih, Stop Dengar Musik Mellow!

Jika bersedih, mending pergi berlibur daripada semakin galau dengar musik yang mellow. Foto ilustrasi.

Banyak orang berprinsip, No Music No Life. Itu sebab banyak orang menutup telinga mereka dengan headset agar bisa tetap mendengarkan musik. Saat bekerja, menyetir mobil, mengendarai motor atau menggenjot sepeda atau misalnya melakukan aktivitas apa saja dalam keseharian rasanya tak lengkap tanpa mendengarkan musik. Apakah anda juga suka mendengarkan musik saat bekerja?

Ada pepatah bijak mengatakan bahwa saat anda bahagia anda benar-benar menikmati musik, namun saat anda bersedih anda memahami lirik dari musik itu. Bagaimana menurut pendapat anda soal pepatah ini? 

Seorang ahli music therapist dan peneliti juga di University of Miami merilis dalam jurnal Pschology Today, bahwa musik mellow (baca melankolis) tidak menyebabkan perasaan sedih. Rasa sedih tercipta karena pemicu yang menyebabkan kita bersedih yang dikaitkan dengan kenangan akan lagu tersebut atau bayangan emosional yang muncul saat mendengarkan musik itu. Jadi rasa sedih, galau dan mellow dengar musik bukan karena tempo, irama atau unsur musik itu sendiri tetapi ada pengalaman kesedihan yang berkontribusi menciptakannya.

Ini kisah sudah lama, saat masih di Jakarta. Di dalam mobil, saya mendengarkan musik lewat radio. Saat itu sedang hits lagu dari Band asal Swedia, Roxette yaitu ‘Anyone’ Video klip lagu ini saat ditayangkan di MTV kala itu, perempuan jalan sendirian di pantai kemudian makin lama perempuan ini menuju ke tengah laut. Saya masih ingat juga lirik dan video klip dari lagu ini. Saya juga suka lagu-lagu dari grup band ini. Lalu penyiar radio menambahkan bahwa lagu ini termasuk video klipnya menjadi kontroversi bahkan sempat dilarang beredar di Eropa. Alhasil tren lagu ini menurun dan tidak hits lagi. Mengapa? Produser dari lagu ini mencoba menenggelamkan diri di laut mirip seperti dalam video klip ‘Anyone’ Gosipnya lagu ini memicu orang untuk melakukan bunuh diri. Hmmm, Who knows ya!

Back to topic, jika anda memang sedang bersedih maka carilah musik dengan beat cepat dan riang. Agar tidak larut dalam kesedihan, hentikan musik galau nan mellow. Lakukan dan sibukkan diri anda dengan aktivitas lainnya daripada sekedar mendengarkan musik mellow nan galau.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: OPINION, PSYCHOLOGY

Tagged as: ,

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.