ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Pemilu Jerman 2017 (3): Serba-Serbi

Ilustrasi. Sumber foto: Dokumen pribadi.

24 September 2017 adalah pesta demokrasi bagi rakyat Jerman. Seluruh rakyat Jerman berpartisipasi mulai dari pagi hingga sore hari untuk datang ke tempat pemungutan suara sesuai yang sudah ditentukan. Nah berhubung ada peraturan tertulis di depan ruang pemungutan suara, dilarang mengambil gambar maka saya tidak ada dokumentasi apa pun di sini.

Berikut beberapa poin hasil pengamatan dan pengalaman mewawancarai suami yang melakukan hak suara di wilayah Bayern:

1. Pemilu dilaksanakan di hari Minggu. Kala hari Minggu umumnya di Jerman tak ada aktivitas, kecuali pergi ke Gereja. Nah, pemilu diselenggarakan tanpa mengganggu rutinitas bekerja. Dan katanya selalu hari minggu, sehingga tidak membuat hari libur (feierntag) dari libur tahunan biasanya. 

2. Undangan untuk memilih sudah terkirim via pos sebulan sebelumnya. Undangan ini seperti kartu pos yang menjelaskan untuk siapa dan dimana akan memilih. Sepertinya undangan ini dikirim oleh Stadtverwaltung setempat.

3. Jika saat waktu memilih berhalangan, semisal sakit atau terpaksa bekerja. Maka undangan yang berupa kartu pos pun sebagai bukti memilih dapat dikirimkan via pos. Artinya tiap warga negara tetap bisa menyuarakan haknya meski tak hadir di Wahlraum, tempat pemungutan suara.

4. Bagi mereka yang memilih membawa kartu identitas bisa paspor atau kartu identitas kependudukan lainnya beserta undangan memilih. Mereka yang tidak memiliki undangan memilih, tentu dilarang masuk.

5. Di dalam ruang pemungutan suara, peserta mendapatkan kartu suara. Di lembar pertama adalah memilih kandidat yang sudah berkampanye selama ini untuk mendapatkan jatah kursi sesuai landkreiss-nya. Di lembar kedua adalah memilih partai. 

6. Peserta memberi tanda silang (X) sesuai pilihannya. Setelah itu kartu suara dimasukkan dalam kotak suara.

7. Proses pemungutan suara terbilang singkat. Tidak ada nomor antrian, ruang tunggu untuk dipanggil karena tergantung jumlah pemilih yang terdaftar. Saya perhatikan setiap orang masuk dalam wahlraum hanya sekitar 5-10 menit. 

8. Oh iya, setelah melakukan pungutan suara, jari para pemilih tidak ditandai oleh tinta warna sebagai penanda sudah memilih. Jadi tidak terlihat juga apakah orang ini sudah memilih atau belum.

Apakah semua warga negara Jerman diharuskan memilih? Kata suami saya, tidak juga jika ada orang yang tidak ingin berpartisipasi. Namun prinsipnya sebagai warga negara yang baik, sebaiknya anda ikut berpartisipasi untuk kelangsungan pemerintahan.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s