OPINION

Percayakah Berbelanja Kosmetik Via Online? Ini Saran Saya

Ilustrasinya majalah perempuan saja. Jika kosmetik yang sebenarnya, nanti iklan lagi.

Di era kemudahan bertransaksi di masa kini, banyak orang dimudahkan untuk berbelanja via online. Dulu saya ragu apakah segala keperluan bisa dilakukan hanya dengan mengklik tombol di layar komputer lalu melakukan pembayaran kemudian mengirimkan bukti pembayaran. Terakhir anda mendapatkan persetujuan bahwa transaksi anda berhasil maka anda mendapatkan apa yang anda inginkan. Mudah? Itu pengalaman saya memesan tiket dan hotel secara online.

Lalu bagaimana berbelanja kosmetik?

Suatu kali saya berbelanja baju di toko mode perempuan di Jerman. Kemudian si kasir memasukkan booklet ke dalam tas jinjingan. Saya pikir hal itu biasa sebagai promosi toko. Saat tiba di rumah saya penasaran ternyata booklet tersebut tawaran berbelanja kosmetik merek ternama asal Perancis. Wow!

Booklet berisi berbagai produk kecantikan perempuan namun yang menarik adalah anda tinggal mengisi formulir menyerupai kartu pos jika memesannya. Artinya apa? Anda tidak perlu beli perangko untuk mengirimkannya atau bea pengiriman gratis.

Dalam formulir pembelian semua sudah terstruktur tentang daftar barang yang akan dibeli termasuk kodenya yang memudahkan pembeli. Hal menarik adalah jika anda mengirimkan daftar pembelian, anda mendapatkan beberapa hadiah menarik lainnya. Siapa sih perempuan yang tidak suka dikasih hadiah?

Setelah mengamati dan meminta pendapat suami, akhirnya diputuskan membeli beberapa daftar barang melebihi 20€. Mengapa? Jika anda membeli produk melebihi 20€ maka dijamin tidak dikenakan ongkos kirim paket. Bila belanja kurang dari 20€, paket dikenakan sebesar 3€-4€. Ini pun memancing perempuan seperti saya untuk berbelanja lebih 20€.

Saya pikir 20€ saya mendapatkan berbagai produk kecantikan yang layak dari Perancis. Artinya kualitas produknya terjamin pula. Lalu di sebelah balik formulir pembelian yang dibentuk menyerupai kartu pos, saya mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran dilakukan setelah barang tiba maksimal 1 bulan. Wow!!!

Biasanya nih saat di Indonesia, kebanyakan transaksi bayar dulu baru kemudian dapat barang yang dibeli. Di sini tidak, ada sistim trust padahal online loh! Dua minggu kemudian paket tersebut datang setelah saya mengirimkan daftar berbelanja tanpa bea perangko. Bisa bayar setelah gajian tiba, luar biasa!

Berdasarkan pengalaman tersebut, ini saran saya untuk berbelanja kosmetik secara online:

  1. Lihat dulu asal produknya! Cari tahu dan riset berbagai testimoni orang tentang produk tersebut sebelum memutuskan berbelanja online!
  2. Jika masih konsumen baru, pilih barang yang tidak langsung bersentuhan dan menimbulkan alergi atau jerawat. Biasanya anda sudah paham jenis kulit anda, jika memakai bedak sembarang bisa menimbulkan jerawat atau alergi maka pilih barang lain semisal pensil alis atau lipstik.
  3. Pilih pembayaran yang memudahkan anda! Jangan hanya tergiur harganya namun membebani anda dengan tagihannya di kemudian hari! Kebetulan pembayaran yang saya lakukan bisa melalui transfer antar bank setelah barang tiba. Tidak pakai kartu kredit pula.
  4. Pikirkan apa (bonus) yang bisa saya dapatkan selain produk yang saya beli! Misalnya irit bensin/transportasi ketimbang berbelanja di mall, ada hadiahnya, gratis bea pengiriman, dsb.
  5. Bagaimana pengirimannya? Sebaiknya pikirkan pula biaya pengirimannya. Misal nih anda membeli pensil alis sekian rupiah, namun biaya pengirimannya lebih mahal dari harga pensil alis. Jika kondisi demikian, sebaiknya tidak usah berbelanja online. Saya senang jika tidak ada biaya pengiriman misalnya.

Begitulah pengalaman saya berbelanja kosmetik online. Bagaimana pengalaman anda?😁

Advertisements

Categories: OPINION

Tagged as: , , ,

4 replies »

    • Sipplah kalo masih aman. Saya paling suka kalo masih ada bonus tambahan, namanya perempuan jika dikasih gratis pasti suka… misalnya belanja 20€ gratis ongkir, dapat tas, dapat parfum senilai 37€ kan asyik tuh… tengkyu jeng komentarnya😁

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.