ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Masuk Angin? Kenali Daun Dill dan Praktik Memasak Saus Dill

Daun dill tumbuh berjejer di kebun. Ternyata khasiatnya bisa untuk masuk angin.

Daun dill rupanya tak populer di Indonesia. Setelah saya cari dalam literatur ditemukan bahwa nama lainnya di Indonesia adalah Adas Sowa. Daun dill tumbuh di daratan Eropa dan mudah diperoleh di supermarket juga.  Bentuknya panjang seperti daun bawang, hanya ini lebih kurus dan berbunga (lihat gambar).

Selain dimanfaatkan untuk dimasak, daun dill ternyata berkhasiat untuk obat. Khasiatnya bisa untuk mengobati sakit kembung atau masalah pencernaan. Bahkan ada yang percaya daun dill juga bisa untuk mengobati masuk angin. Jika tak percaya, coba telusuri salah satu jamu tolak angin, pasti ada daun dill atau adas di dalam sajiannya. Wangi daun dill memang khas sekali.

Nah, manfaat daun dill begitu besar buat saya yang kadang merasa masuk angin. Akhirnya saya coba eksperimen memasak saus dill di rumah. Ini resep ibu mertua saya sih. Tak ada salahnya jika kita mempraktikkan apalagi saat ini kerap datang hujan. Untuk menghindari masuk angin, silahkan praktik membuat saus dill di bawah ini.

Pertama-tama, makanan yang enak dengan sajian saus dill atau Dill Sauce adalah sejenis rebusan atau sajian yang tidak banyak rempah misal steamed salmon. Kali ini saya mencoba daging sapi dan sayuran yang semuanya direbus. 

Steamed meat and vegetables with dill sauce. 

Begini membuat Saus Dill yang enak itu, bahan yang diperlukan antara lain:

  • Daun dill yang diiris halus 2 sendok makan.
  • 1/2 liter air.
  • Sedikit cuka.
  • 40 gram fett atau bisa diganti minyak sayur/margarin.
  • 40 gram tepung terigu.
  • 1 kaldu penyedap rasa (fleish suppe Knorr).

Untuk cuka, jika tidak suka anda bisa menggantinya dengan sour cream atau air perasan lemon. Tepung terigu bisa juga diganti dengan mayonnaise atau yoghurt. Sedangkan penyedap rasa bisa digantikan garam dan lada secukupnya.

Di beberapa resep pembuatan saus dill, ada juga yang menggunakan bawang yang diiris halus atau bawang putih bubuk sebagai penyedap. Silahkan saja sesuai selera.

Langkah membuat saus dill:

Panaskan fett dalam wajan panas hingga mencair. Masukkan tepung terigu hingga mengental lalu dilanjutkan air. Aduk perlahan, setelah itu masukkan penyedap rasa dan sedikit cuka. Terakhir campurkan daun dill. Masak selama 10 menit. Siap disajikan dengan makanan lain.

Ada yang menyantap saus dill menjadi bumbu olesan diselipan daging seperti hamburger. Silahkan berkreasi sesuai selera juga!

Untuk sajian makanan saya:

Mudah bukan?

Daging dan sayuran direbus bersamaan dalam air kira-kira 3 liter. Masak sampai daging sapi berasa empuk. Tambahkan garam di dalam air. Ini juga mudah bukan?

Daging yang dipilih adalah daging sapi tanpa lemak dan tulang. Sedangkan sayuran, saya memilih wortel dan kubis.

Baik makanan dan saus dill siap disajikan bersamaan. Semoga bermanfaat­čśü

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.