Bip Bip Alarm di Supermarket, Malunya! Ternyata Ini Penyebabnya

Pernahkah anda berbelanja lalu saat keluar dari pintu kasir terdengar bunyi alarm peringatan? Alarm peringatan biasa diletakkan di dekat pintu keluar dan atau dekat kasir yang dimaksudkan untuk mengontrol pelanggan yang keluar, apakah ada barang yang dibelanjakan namun tidak terbayar di kasir. Istilah kasarnya, jika alarm berbunyi apakah anda mencuri barang? Karena jika alarm berbunyi berarti ada barang yang tidak ter-scan dengan baik oleh kasir. Begitu ‘kan ya?

Berdasarkan pengalaman, suatu kali saya berbelanja di supermarket. Tak banyak barang yang dibeli sesampainya di meja kasir. “Hallo” kata si kasir. Saya pun membalas kata yang sama sambil tersenyum. Selesai semua barang ter-scan harga di layar komputer. Lalu kasir menyebut nominal yang saya mesti bayarkan. Saya keluarkan sejumlah uang. Selesai!

Berjarak 50 sentimeter kira-kira dari kasir, saya melewati pintu alarm. Ini yang membuat saya malu saat itu juga. Alarm berbunyi bip bip beberapa kali. Itu pasti karena saya karena tak ada pelanggan lain yang bersamaan dengan saya saat keluar. Saya bingung. Saya malu juga. Campur aduk perasaan saya saat itu.

Si kasir juga tidak mempercayai bahwa saya membawa barang lain dalam tas kecil hitam yang saya kenakan. Atau sepertinya kejadian seperti ini sudah pernah terjadi. Entahlah.

Saya menyerahkan tas hitam saya dan barang belanjaan dengan maksud diperiksa si kasir. Eh, si kasir malah bertanya tentang sepatu saya. Loh kok bersambung ke sepatu saya.

Kasir bertanya “Sind das neue Schuhe?” Dia mempertanyakan apakah sepatu yang saya kenakan itu baru. Karena perasaan yang bercampur aduk, saya mengangguk. Sepertinya saya sudah lupa juga menjawab pakai bahasa Jerman, cukup mengangguk. Efek psikologis.

Setelah itu kasir menjelaskan dalam bahasa Jerman bahwa sepatu baru yang dijual di toko tertentu dengan harga tertentu masih tertempel chip, untuk menghindari kemalingan. Meski chip sudah ter-scan dengan baik saat membayar di kasir, namun pada kasus sepatu-sepatu tertentu chip masih menempel. Kemudian alarm pengingat yang sensitif biasanya langsung merespon chip tersebut.

Padahal sebelum ke supermarket ini saya sudah berbelanja di tempat lain namun tidak ada masalah atau alarm pengingat tidak berbunyi. Sepatu saya memang baru dipakai.

Lalu kasir menyarankan saya untuk memasukkan sepatu ke microwave selama dua detik untuk memudarkan chip tersebut. Saran yang baik. “Vielen dank. Auf Wiedersehen” kata saya kepada kasir sambil keluar supermarket.

Sepulang supermarket, saya jadi ingat beberapa kejadian di mall tentang orang-orang yang kaget ketika bunyi alarm pengingat padahal dia tidak membawa barang keluar tanpa pembayaran. Mungkin bisa jadi ini salah satu penyebabnya.

Tips dari kasir tadi patut dicoba ya. Apakah anda punya pengalaman serupa?

Semoga bermanfaat!

3 thoughts on “Bip Bip Alarm di Supermarket, Malunya! Ternyata Ini Penyebabnya

  1. Pengalaman yg sama juga sy alami, tas xx hadiah dr anak sy berbunyi bep bep bep di beberapa toko tertentu, saking takutnya bunyi lg stlh bayar di kasir sy minta tlg pegawai toko ruk abtar sy keluar toko, betul bep bep bep bunyi lagi, untung aku mibta diantar, kata pegawai toko disuruh ke counter xx tuk mematikan chip ato barcode gitu

    Liked by 1 person

    1. Sepatu baru biasanya ada logo atau metal di dalamnya. Nah letakkan sepatu yg masih baru di microwave selama 1 menit 30 detik. Setelah itu bisa digunakan.

      Like

Leave a comment