ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Menyimak Pengelolaan Pom BBM di Jerman (Bayern) dan Austria

Contoh pom bensin di Jerman (Bayern).

Contoh pom bensin di dekat perbatasan di Austria. 

Harganya berbeda dan harga ini murah karena bayar langsung pakai kartu debit. Itu mungkin karena pengelola memangkas biaya menggaji karyawan yang bertugas jadi kasir.

Lagipula tak ada petugas yang membantu mengisikan BBM ke tangki mobil anda. Pelayanan mandiri.

Memiliki kendaraan yang membutuhkan BBM (=Bahan Bakar Minyak) sepertinya perlu jeli dalam membelinya. Saya ambil contoh Bayern saja karena mungkin tiap bundesland atau negara bagian berbeda-beda. Lagipula saya belum mengalami isi bensin di wilayah negara bagian lain.

Di Bayern tiap pom bensin bisa berbeda-beda harganya. Mengapa? Karena pom bensin dikelola oleh pihak swasta. Meski hanya sekian cents Euro, namun bayangkan jika sekali membeli bensin full tank, tentu berbeda cents pun berpengaruh menjadi besar nominalnya saat dibayar.

Katakanlah pom bensin di wilayah rest area dekat tol bisa mematok harga lebih mahal dibandingkan wilayah pemukiman. Karena letaknya yang strategis di jalan tol tentu amat memungkinkan mobil butuh BBM setiap saat. Oleh karena itu terkadang untuk mendapatkan harga termurah, saya melaju ke negara tetangga, Austria yang sedikit lebih murah. 

Di Austria juga sama. Pengelolaan pom bensin diserahkan kepada pihak swasta. Pihak swasta bisa berlakukan tarif sesuai ketentuan. Nantinya pihak swasta pengelola pom bensin yang bertanggungjawab atas pajak BBM kepada negara. Ada yang menggabungkan layanan pom bensin dengan mini market sehingga pembayaran bensin dibayarkan di kasir mini market. Ada pula pembayaran dengan kartu debit langsung, artinya tidak ada kasir yang menerima pembayaran. Karena tidak ada kasir maka harga bensin biasanya lebih murah. Jangan coba-coba kabur setelah isi bensin karena ada rekaman CCTV yang akan mencatat nomor polisi mobil anda!

Baik di Jerman maupun di Austria menerapkan pelayanan mandiri. Artinya sopir yang membawa mobil mengisi bahan bakar yang diperlukan langsung dari tangki. Tidak ada petugas yang membantu. Sebaiknya matikan mesin mobil saat anda sedang mengisi bensin. Semua petunjuknya jelas terbaca untuk diikuti. Lalu ambil kertas bon yang tercetak di mesin otomatis dekat tangki. Bawa bon untuk pembayaran di kasir.

Berdasarkan data statistik, di tahun 2015, Jerman memiliki jumlah stasiun pengisian bahan bakar tertinggi kedua di Eropa, jauh tertinggal dari Italia. Bila dibandingkan tahun 1970, jumlah pom bensin atau stasiun pengisian BBM hanya 46 ribu di Jerman. Kini jumlah bertambahnya bahkan untiuk setiap jarak terdekat ada pom bensin. 

Begitulah hasil pengamatan saya. Ada pendapat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.