Apa yang Bisa Dilakukan Saat Transit di Stasiun Salzburg, Austria?

Posted on October 9, 2017

0



Kereta tiba di stasiun Salzburg, Austria.

Air mancur di depan stasiun Salzburg.

Stasiun Hauptbahnhof Salzburg.

Dengan adanya lintas Uni Eropa antar negara schengen, membuat siapa saja senang melaju dengan kereta. Mudah, murah dan cepat begitu pemikiran para turis yang datang dari berbagai negara. Contohnya nih, jika anda berangkat dari Jerman ke Italia maka anda bisa berhenti sejenak di Austria. Seperti yang saya lakukan, saya berangkat dari stasiun Muldorf (Südostbayern), Jerman ke Roma, Italia dan berhenti di Salzburg, Austria. Untuk melanjutkan perjalanan ke stasiun Rome Termini, masih ada 4 jam untuk transit di sini.

Di stasiun Hauptbahnhof Salzburg, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan. Begini pengalaman saya:

1. Keliling kota Slazburg

Pesan tiket di sini jika ingin keliling kota tetapi ingat jangka waktu transit.

Rak otomatis untuk tempat penyimpanan barang seperti tas dan koper bawaan anda.

Gunakan mesin ini jika ingin menyimpan barang, misal untuk ukuran kecil (small) dikenakan 2€, bayar hanya sekali pakai. Dengan begitu, anda bebas berkeliling kota.

Untuk berkeliling kota yang dikenal sebagai penghasil garam terbesar di dunia, maka anda bisa mengikuti paket wisata yang ditawarkan dalam situs resmi seperti keliling kota, menikmati lokasi yang dijadikan shooting film ‘sound of music’ atau pergi ke Hallstat yang letaknya tak jauh. Namun kembali lagi, anda mesti pertimbangkan berapa lama waktu transit anda. 

Untuk keliling kota Salzburg, bisa gunakan tiket kereta selama 24 jam dengan membayar 4€ di fahrkarte di stasiun Slazburg. Anda bisa bebas atur keperluan anda tanpa mengikuti paket wisata. Oh ya supaya tidak repot membawa tas dan koper silahkan menuju tempat penyimpanan barang yang letaknya di dekat toilet di stasiun Salzburg. Lokasi wisata apa saja di Salzburg, bisa dicek di sini. Sedangkan tak mau repot bisa coba hop on hop off bus untuk keliling kota Salzburg.

2. Nge-Mall

Ini mall di dekat stasiun, bisa untuk berbelanja, makan atau salon pun ada.

Tak jauh dari pintu keluar ada mall yang bisa anda nikmati untuk windows shopping atau belanja sungguhan. Selain pakaian dan supermarket, anda bisa temukan juga kafe, Starbuck, McD dan salon.

3. Nongkrong di Kafe/Restoran

Kedinginan? Ada kafe yang menyediakan teh misalnya saya beli 2€.

Jika malas keluar dari stasiun, anda juga bisa menikmati sajian kuliner di restoran dan kafe di Stasiun. Untuk harga semisal saya beli kopi dan teh masing-masing 2€. Pengen yang murah, beli saja makanan yang tersedia di supermarket SPAR di Stasiun. 

4. Surfing Internet

Di stasiun terdapat ruang tunggu yang bisa digunakan untuk melihat jadwal kereta dan juga surfing. Di sini tersedia WIFI gratis, tempat yang nyaman untuk menunggu kereta selanjutnya dan tempat untuk me-recharge alat elektronik anda.

Tips:

  • Jika anda ingin ke toilet di Stasiun Salzburg, anda harus membayar 0,50€ yang dimasukkan ke dalam mesin otomatis sebagai pintu masuk. Jika anda ingin berhemat, anda bisa berjalan kaki kira-kira 5 menit keluar stasiun. Lalu anda bisa menemukan toilet/WC gratis di dalam mall, lantai 2.
  • Di sebelah WC stasiun ada tempat penitipan barang. Ketimbang anda membawa tas dan koper anda, silahkan masukkan koin anda semisal ukuran koper kecil (Small) kena 2€ dan seterusnya. Penggunaan mesin penyimpanan barang mudah kok. Ikuti saja instruksinya. Sebaiknya pastikan barang apa saja yang akan disimpan, karena hanya boleh sekali membuka dan menutup pintu brankasnya.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi kota Salzburg, Austria atau hanya sekedar transit? Silahkan!

Advertisements
Posted in: TRAVELING