5 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Roma, Italia

Posted on October 10, 2017

8



Anda bisa berkeliling kota Roma dengan bis yang tersedia setiap hari dari jam 9 pagi sampai sore hari.

Sepertinya ini tempat untuk beli tiket bis Hop On Hop Off.  Silahkan dowload applikasinya di playstore Big Bus App!

Suka sejarah? Anda harus berkunjung ke Roma, Italia yang menyimpan ribuan sejarah masa lalu dan tak lekang oleh waktu. Ini seperti apa yang saya pelajari dalam peradaban romawi kuno saat pelajaran sekolah dulu. Bahkan rasanya tak pernah selesai dikunjungi hanya dalam beberapa hari. Namun sayangnya, kami tak punya banyak waktu untuk menikmati keindahan arsitektur bangunan yang indah dan mempelajari setiap inchi sejarah yang tersimpan di sini. 

Berikut rekomendasi lima tempat wajib yang perlu dikunjungi bila anda berada di Roma, Italia.

  • COLOSSEO



Ada banyak jasa menawarkan jadi pemandu selama di berada di tempat ini. 

    Pernahkah anda menonton film yang bercerita tentang gladiator? Di Colosseo inilah para gladiator berduel jaman dulu kala menjadi tontonan, sehingga bangunan ini disebut ‘Amphitheatre‘ terbesar yang pernah ada dalam sejarah. Dibangun pada tahun 72 BC (sebelum masehi) pada masa kejayaan generasi Flavia Family sehingga ada yang menyebut peninggalan ini sebagai ‘Amphiteatrum Flavium.‘ Bangunan yang terlihat elegan ini muat untuk kapasitas 55 ribu orang penonton. Wow! Saya sih percaya, tribunnya saja tinggi sekitar 50 meter. Mungkin perjuangan para gladiator saling adu kekuatan dan kehebatan terekam di tempat ini. Hmm, jika ingin masuk tempatnya tak jauh dari pusat kota Roma. Tiket masuk 12€ per orang.

    Tips: Jika tak ingin berada dalam antrian yang panjang, sebaiknya datang pagi hari setelah jam 9 pagi. Cara kedua, anda bisa membayar lebih dengan melewati antrian. Banyak pemandu turis menawarkan jasa cara kedua ini sembari disampaikan informasi pengetahuan bersejarah tentang Colosseo.

    • PANTHEON (PIAZZA DELLA ROTONDA)

    Tampak depan Pantheon. 

    Dulu Pantheon dikenal sebagai kuil pemujaan kemudian diubah menjadi Basilika. 

    Tempat bersejarah kedua adalah Pantheon. Bangunan ini berbentuk klasik yang kuno seperti menonton film romawi tentang dewa-dewi. Betul sekali! Kuil ini diperuntukkan bagi dewa yang dipercayai masyarakat romawi kuno sebelum masehi. Pendirinya Marco V. Agrippa membangunnya sebagai bentuk kemenangan setelah melawan bangsa Persia sekitar abad 27 dan 25 sebelum masehi. Setelah munculnya periode kekristenan, kuil ini diubah menjadi gereja pada tahun 608. Menariknya tempat ini gratis untuk dikunjungi.

    Tips: Begitu banyak turis yang datang, masuklah sesuai antrian dengan tertib. Meski sekarang sudah tidak digunakan lagi sebagai tempat ibadah, pengunjung diharapkan dapat menghormati situs purbakala yang berada di dalam. Di dalam juga ada kursi seperi layaknya gereja jika ingin rehat sejenak. 

    • PIAZZA VENEZIA

    Tampak depan.

    Di sebelah barat Piazza Venezia.

    Tempat ketiga adalah Vittoriano E Piazza Venezia atau disebut juga Palazzo Venezia. Sayangnya saya tidak masuk dalam museum padahal saya dapat gratis tiket setelah berkunjung ke Castle San Angelo (castel sant’angelo). Museum ini disebut ‘the Vittoriano Museum’ yang letaknya berdekatan di sebelah barat dari Palazzo Venesia atau Piazza Venezia. Ini semacam lapangan luas yang menyimpan reruntuhan kejayaan masa lalu. Tidak yang tersisa. 

    Tips: Jika sejak kedatangan ke Roma, anda sudah membeli kartu ROMA PASS maka anda bisa masuk ke dalam museum. Namun jika tidak punya, sebaiknya berkunjung dulu ke Castel Sant’Angelo sehingga bisa berkunjung gratis ke museum.

    • PIAZZA DI SPAGNA (SPANISH STEPS)

    Seharusnya saya bisa mengambil foto tangga yang lay outnya indah, namun karena padatnya turis dan lalu lalang pedagang membuat tidak nyaman. Mereka juga lebih memilih ambil foto di tangga.

    Air mancur di depan Spanish Steps.

    Bangunan romawi kuno selanjutnya dikenal dengan nama Spanish Steps jika dalam ejaan bahasa Inggris. Katanya bentuk layout yang unik seperti kupu-kupu yang terbang membuat bangunan ini terkenal. Di depan tangga menuju bangunan ini didirikan air mancur khas bercirikan Baroque yang dikenal ‘the Barcaccia. Apakah ada kaitannya dengan bangsa Spanyol? Tidak ada informasi di sekitar bangunan yang menjelaskannya. Tempat ini gratis dikunjungi.

    Tips: Turis yang datang lebih banyak duduk di pelataran tangga dan mengambil foto. Karena lokasinya terbuka dan bebas untuk dikunjungi, hati-hati dengan barang bawaan anda. Kondisinya yang ramai oleh turis membuat pedagang lalu lalang menawarkan dagangan macam-macam. Lalu juga pengemis di sekitar pelataran tangga. Sebaiknya anda bisa menolak dengan sopan tawaran pengasong di sekitar tempat tersebut.

    • FONTANA DI TREVI

    Ini air mancur yang terkenal indah itu.

    Lihat banyaknya koin yang dilemparkan ke kolam! Anda bisa memohon permintaan untuk terwujud sebelum koin dilemparkan ke kolam. Namun ada pula yang beranggapan koin dilemparkan agar anda bisa ke Roma suatu saat nanti. 

    Tempat kelima menurut saya di seputaran pusat kota Roma yang saling berdekatan adalah Fontana Di Trevi atau Piazza di Trevi. Jika anda pernah menonton film Da Vinci Code yang diperankan oleh Tom Hanks, maka tempat ini tak asing lagi. Ini adalah air mancur terindah di kota Roma yang juga bercirikan khas Baroque. Air mancur ini selesai dibangun pada tahun 1762 sebagai bentuk penghormatan diangkatnya Paus Xlement XIII. Di sekitar air mancur dikelilingi tempat duduk seperti layaknya di teater. Prediksi saya ini lebih sekedar dari air mancur biasa. Di tengah kolam dibangun patung dewa Neptunus yang terkenal itu. Agar anda bisa kembali lagi ke kota Roma, lemparkan koin ke dalam kolam dari belakang. Itu kepercayaan mereka yang datang. Tempat ini terbuka dan gratis.

    Tips: Tak mudah mengambil foto kala siang hingga sore hari dan tentunya selalu dipadati oleh turis. Patuhi larangan petugas sebelum ditegur. Karena area terbuka dan lalu lalang orang, berhati-hatilah terhadap copet dan barang bawaan anda. Jaga kebersihan juga! Hanya koin yang dimasukkan dalam kolam bukan barang yang lain atau sampah. Berhati-hatilah terhadap orang yang menawarkan jasa foto! Sebaiknya gunakan tongkat narsis anda atau berfoto bergantian lebih baik.

    Secara keseluruhan, tips dari saya adalah sebagai berikut:

    • Gunakan alas kaki yang super nyaman karena anda akan lebih sering berjalan kaki.
    • Bawa air minum.
    • Bawa pelindung kepala seperti topi atau payung bila datang di musim panas.
    • Tak mudah menemukan toilet atau WC umum sebaiknya pertimbangkan bila anda masih berada di penginapan atau restoran/kafe. 
    • Bawa sunglasses.
    • Gunakan google maps atau peta kota Roma dan perhatikan papan penunjuk jalan.
    • Siapkan kamera anda.
    • Banyak situs bersejarah yang gratis, jika anda tak suka berkunjung ke museum sebaiknya simpan uang anda.

      Semoga bermanfaat!

      Advertisements
      Posted in: TRAVELING