TRAVELING

Menginap di Biara? Pengalaman Menarik Bila Datang ke Roma, Italia

Sudut kota Roma saat senja.

Indahnya kota Roma.

Bangunan apartemen di kota Roma.

Indah ya!

Seorang Biarawan tampak belakang. 

Anda tidak diwajibkan ikut misa harian bila menginap di biara. Namun ada pelayanan misa setiap hari jika menginap di biara.

Ketika saya memutuskan untuk pergi ke Roma, saya pun mulai cari informasi tentang penginapan. Dari berbagai informasi didapatkan bahwa turis paling banyak menginap di dekat stasiun Roma Termini. Alasannya, wilayah ini termasuk area backpacker. Kedua, wilayah ini dekat dengan sarana transportasi yang terhubung langsung ke bandara atau tempat lain seperti kota atau negara lain.

Referensi hotel pun mulai saya cari di sekitar stasiun pusat Roma Termini. Namun banyak pula mengatakan bahwa wilayah ini tak aman, banyak copet dan terlihat kumuh. Akhirnya saya mencari lokasi lain yang mungkin lebih baik.

Ada satu pencarian yang mengatakan menginap di biara. Di kota Roma banyak sekali biara ditemukan. Apa itu biara? Tempat tinggal para biarawan-biarawati. Kini biara pun bisa menjadi pilihan rekomendasi untuk menginap. Beberapa teman yang pernah menginap di biara berpendapat bahwa fasilitas di biara seperti tempat tidur, sarapan pagi, kamar mandi lengkap seperti layaknya di hotel berbintang. Namun anda tidak bisa berbuat keributan di sini. Dalam biara harus tertib, sopan dan tidak melakukan kebisingan. 

Hal menarik jika anda tinggal dalam biara adalah anda bisa ikut misa kudus yang diselenggarakan tiap hari. Lalu anda juga bisa mengamati kehidupan para biarawan-biarawati. Tak perlu khawatir para biarawan-biarawati tidak mengecek keyakinan beragama mereka yang datang menginap. Mereka senang juga bila diajak berdialog tentang berbagai hal setelah anda meminta kesediaan mereka.

Oh ya, ini mungkin jadi pertimbangan anda bila menginap di kota Roma. Ada beberapa situs penginapan yang tidak memasukkan pajak menginap dalam kuitansi pembelian hotel. Di Italia anda harus membayar pajak hotel.

Jika demikian, anda tetap membayar pajak sebesar 3€ per orang per malam. Misal anda telah membayar 1 kamar double untuk dua orang sebesar 60€ per malam. Anda tetap membayar 6€ untuk dua orang selama 1 malam. Pembayaran dilakukan di muka saat anda check in di hotel.

Bagaimana jika menginap di biara? 

Di beberapa negara di Eropa menawarkan untuk menginap di biara. Ini bisa menjadi alasan keagamaan karena turis bisa ikut serta mengikuti misa kudus setiap hari yang diselenggarakan di biara. Atau alasan kedua, ekonomis. Artinya dengan harga terjangkau, turis bisa mendapatkan sarapan pagi. Bahkan ada juga beberapa biara yang menyediakan akomodasi sekaligus untuk makan siang dan makan malam. Tergantung kebijakan masing-masing biara. Karena anda menginap di biara maka anda perlu menjaga kesopanan termasuk menghormati fasilitas dan sarana tempat ibadah. Ikuti peraturan yang ada, misal tidak membuat keributan setelah jam 10 malam.

Pertimbangan menginap di biara:

  1. Harga terjangkau dibandingkan di hotel apabila anda berpergian dalam grup.
  2. Bangunan bergaya gothik sehingga bisa untuk dijadikan spot berfoto. 
  3. Jika suka ketenangan dibandingkan hotel ala backpacker, anda bisa memilih penginapan di biara. Pastinya tenang alias tidak berisik.
  4. Dipastikan anda dapat sarapan pagi.
  5. Anda juga bebas memilih pembayaran termasuk anda bisa booking dulu dan melakukan pembayaran setelah anda tiba di sana.

Bagaimana? Jika tertarik, silahkan temukan situs penginapan menginap di biara seperti monasterystays, monasterybooking dsb.

Advertisements

Categories: TRAVELING

Tagged as: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s