TRAVELING

Siapakah Mozart? Cari Tahu di Mozart Geburthaus, Salzburg

Rumah tempat dimana Mozart dilahirkan. 

Patung Mozart berdiri dekat museum.

Sebuah prasasti menandai kelahiran Mozart pada 27 Januari 1756.

Ada promosi paket tur lain menyusuri sungai di seberang museum dengan kapal yang romantis.

Harga tiket masuk.

Gereja di ujung jalan.

Oleh-oleh yang bisa jadi buah tangan.

Mozart terlahir dengan nama Wolfgang Amadeus Mozart pada tahun 1756 di Salzburg, tepatnya di jalan Getreidegasse. Namanya dikenal memberi pengaruh besar pada dunia musik. Dia bahkan memulai debutnya ketika penampilannya berhasil memukau Pangeran dari Bavarian. Sejak itu karyanya semakin dicintai oleh siapa saja. Ini terbukti saat ia konser keliling Eropa, karyanya dikagumi banyak orang.

Sejarah yang panjang yang dilewati Mozart menjadikan karyanya seolah abadi. Ingat tiada yang instan di dunia ini. Saat saya memasuki rumah kelahiran tokoh musik dunia ini, saya terkagum atas usaha pemerintah setempat untuk melestarikan dan memelihara peninggalan milik Mozart dan keluarganya. Bayangkan bahwa turis seluruh dunia datang ke Salzburg hanya untuk menyimak dan mempelajari riwayat komposer terkenal ini. Entah karena kelelahan dan faktor makan siang, saya belum menikmati makan siang saat waktunya tiba sehingga banyak informasi yang saya lewatkan. Sebaiknya jika berkunjung ke museum atau tempat bersejarah tidak dalam kondisi kelelahan dan kelaparan sehingga fokus.

Untuk menuju ke rumah kelahiran Mozart, anda naik bis dari stasiun Hauptbahnhof Salzburg. Bayar saja 4€ per orang untuk 24 jam sehingga anda puas berkeliling, tidak hanya di rumah bersejarah Mozart. Anda bisa naik bis jurusan ke Rathaus atau Altstadt (kota tua). Turunlah di halte bis Rathaus, berjalan kaki kira-kira 3 menit maka anda sudah tiba. 

Per orang dikenakan tiket masuk 11€. Cukup mahal memang namun bagi pengagum karya Mozart, mereka rela bayar tiket tersebut. Tak jauh dari situ, anda bisa menikmati aneka sovenir dengan gambar Mozart seperti coklat, makanan, pernak-pernik hingga bel musik sebagai hadiah. Semua lengkap! 

Suasana kota tua yang sejuk dan dihiasi bangunan khas baroque layaknya di Jerman menambah keindahan untuk berfoto. Beberapa turis tampak asyik berfoto, selebihnya mereka berbelanja di area pertokoan dengan merek-merek ternama. Namanya area turis tak lengkap bila tidak ada restoran. Aneka restoran ada di sini mulai makanan laut (seafood), McD, makanan India, masakan Italia, restoran Asia bahkan makanan Jerman, semua ada. Untuk menarik atensi pengunjung di restoran Austria, mereka menambah iringan musik karya Mozart sehingga terkesan romantis. 

Setelah mengunjungi rumah kelahiran Mozart atau Mozart Geburthaus, perjalanan sejarah bisa dilanjutkan ke Mozart Wohnhaus atau rumah tinggal Mozart. 

Tidak hanya Mozart, di Salzburg ada beberapa rumah kelahiran Musikus dunia juga. Ini bisa anda dapatkan asalkan anda bersedia berkeliling hingga museum Salzburg. Penasarankan siapa saja tokoh musik dunia lainnya? Silahkan datang ke Salzburg!

Tips dari saya:

  • Jika anda berkunjung ke museum, sebaiknya anda dalam kondisi yang nyaman, tidak kelaparan atau kelelahan agar setiap informasi bisa tersampaikan dengan baik.
  • Bawa uang tunai untuk bayar tiket masuk! Jika di beberapa negara masih diterima pembayaran kartu kredit atau debit, di sini tidak.
  • Udaranya dingin meski masih di musim gugur. Bawa jaket/syal/baju hangat agar merasa nyaman. Mungkin letaknya di sekitar pegunungan membuat suasana begitu sejuk dan dingin.
  • Hasrat untuk ‘urusan ke belakang’ karena udara begitu dingin, di sini tidak ada WC umum. Manfaatkan saat di museum atau restoran saat makan siang di sana secara gratis.

Well, tiada yang paling berkesan bahwa dalam hidup kita masih dikenang dengan karya-karya yang baik. Semua proses yang dilalui Mozart begitu panjang, namun masih diingat orang hingga sekarang. Impian itu tidak ada yang instan, asalkan kita berani bayar mahal harga kesabaran. 

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s