Gallusmarkt: Pasar Tradisional Perayaan Santo Gallus 16 Oktober

Posted on October 16, 2017

0



Papan informasi tentang penyelenggaraan Gallusmarkt 2017.

Hiasan dari bunga kering.

Hiasan dan aksesoris rumah tangga.

Tas untuk belanja terbuat dari rotan atau kerajinan rotan.

Perlengkapan rumah tangga.

Bumbu dapur.

Aneka manisan dan permen.

Selai buah-buahan. Tampak belakang orang duduk di luar restoran.

Kaos kaki dan keperluan pribadi.

Sebagai penganut Katolik, perayaan hari Santo-Santa sebagai orang kudus biasa dilakukan. Ingat ya tradisi nama ‘Namenstag‘ yang menjadi kebiasaan orang Bayern pada jaman dulu, sekarang sudah tidak populer lagi. Hari ini 16 Oktober juga diperingati sebagai hari raya Santo Gallus. Nama babtis ini jarang atau malah saya baru dengar setelah saya berada di Jerman. Kini saya jadi tahu setelah ada ‘Gallusmarkt’ baru-baru ini.

Santo Gallus dikatakan berasal dari Irlandia. Dia seorang Biarawan kemudian menyebarkan pengajaran sampai ke Swiss. Dia pun memilih menjadi pendoa dan pertapa hingga wafat. Hidupnya yang saleh pada abad 5 Masehi menjadikan dia panutan dan terpilih sebagai orang kudus.

Lalu apa kaitan Santo Gallus dengan pasar? 

Suami saya mengajak untuk pergi ke Gallusmarkt kemarin. Saya ikut saja meski saya tidak tahu pasar apa itu. Memang tidak perlu paham nama dan asal pasar, karena ternyata nama adalah nama. Hingga selesai pun saya belum paham apa maksudnya. Pasar hanya dua hari ini digelar sebagai bentuk pesta rakyat untuk memperingati Santo Gallus, yang jatuh pada 16 Oktober.

Apa yang bisa ditemukan?

Aneka macam orang lalu lalang membeli. Jadi semacam bazaar. Ada spot makanan khas masakan Jerman. Toko permen dan coklat. Ada yang menjual pakaian dan kebutuhan pribadi. Ada pula yang menjual peralatan rumah tangga hingga saya menemukan pojok untuk anak-anak bermain. Semacam hiburan anak-anak dengan memasukkan koin yang diiringi musik riang.

Di sudut lain ada restoran yang dipenuhi pengunjung. Semacam biergarten dimana orang bisa ngobrol sambil minum bir. Ada juga kafe dimana orang bisa menikmati kopi dan kue-kue. Lengkap!

Di Jerman pasar digelar sesuai periode kebutuhan. Namun yang pasti pasar model begini akan menjadi terbesar saat menjelang Natal. Nantikan reportase saya selanjutnya ya!

Advertisements