Puas Seharian Makan Bebek Gaya Barat dan Gaya Timur

Posted on October 23, 2017

0



Masakan bebek gaya barat, Ente Keule. Kiri adalah rotkraut.

Masakan bebek ala gaya timur, pekkingsuppe.
Pesanan suami saya, cukup fish fillet. Cara membuat bisa disontek di sini.

Dua orang dengan selera berbeda.

Saya rindu makan bebek goreng plus sambal dan lalapan dengan nasi hangat. Itu angan-angan saya. Wiken datang! Akhirnya kami memutuskan makan di luar. Antara percaya dan tidak bahwa sepanjang hari kecuali sarapan pagi bahwa saya makan bebek. Bebek atau ente dalam bahasa Jerman dengan gaya western (barat) dan gaya Asia (timur).

Makan siang tiba, kami berhenti di restoran ala buffet. Karena sudah tak terbayang menu western lain, pilihan jatuh pada bebek goreng. Saya pikir mereka punya nasi untuk menyantapnya. Ente Keule nama makanan yang saya pilih. Baiklah, tak ada nasi apalagi sambal. 

Si pramusaji segera menuangkan paha bebek yang besar di atas piring. Lalu dengan cekatan, dia menaruh dua kentang rebus racikan. Saya masih bengong melihatnya. Lalu menyiram kentang dengan saus berwarna kecoklatan. Wah, porsinya besar juga ya! Dan terakhir dia memberi saya sepiring kecil rotkraut

Cara membuat bebek ini sebenarnya mudah karena tak banyak bumbu yang saya rasakan. Setelah potongan bebek tanpa lemak dicuci, lumuri bebek dengan garam dan merica sebentar. Lalu panggang di oven kira-kira 30 menit atau tergantung juga besaran potongan bebek yang dikehendaki. Angkat sebentar. Lalu terakhir goreng tak lama untuk membuat warnanya kecoklatan emas. Simpel ya!

Di atas gaya barat. Puas berjalan-jalan waktu makan malam pun tiba. Makan malam memang tak perlu makan besar porsinya. Karena sudah tak banyak waktu untuk memilih, kami berhenti lagi di restoran cepat saji ala Asian Food. Pilihan jatuh pada Pekkingsuppe

Begini cara memasaknya. Potongan bebek yang sudah direbus, disuwir-suwir halus. Siapkan pula saos tomat, irisan bawang bombay, cabai iris, potongan wortel, jamur dan sedikit jahe dengan potongan memanjang tipis. Panaskan minyak di wajan lalu masukkan bawang bombay, cabai, wortel, jahe dan jamur. Tumis sebentar. Masukkan suwiran bebek, saos tomat, garam, cuka dan gula setelah diberi air sedikit. Masukkan telur yang sudah dikocok dengan garpu. Jangan diaduk terlalu cepat sehingga dapat membuat serpihan telur yang indah! Masak kembali tak lama. 

Malam yang dingin pun terasa hangat dengan makan pekkingsuppe. Oh ya, harga makan bebek ala gaya barat yakni Ente Keule sebesar 9,8€. Sedangkan makan bebek ala gaya timur yakni pekkingsuppe sebesar 1.9€. Keduanya lezat menurut saya.

Bagaimana tertarik memasaknya? Atau apakah anda ingin membeli langsung di Jerman? 

Advertisements