Mari Memasak Spaghetti Bolognese!

Posted on October 24, 2017

0



Spaghetti Bolognese ala Anna.

Tak perlu repot membuat sausnya, beli saja bubuk racikan yang sudah ada di supermarket.

Setelah dari kemarin kita membahas wisata Italia dan mencicipi makanan khas di restoran mereka. Saatnya saya membuat ‘Spaghetti Bolognese.’ Sebelum ke Roma, memang saya melewati Bologna yang menjadi asal muasal nama makanan ini. Menurut penduduk Italia, spaghetti adalah makanan tradisional asal Bologna yang dengan resep daging sapi cincang beserta saus tomat menjadi ciri khas sebagai topping. Resep ini sudah ada sejak abad 18. Menariknya memang saos ini tidak dicampurkan ke dalam spaghetti melainkan terpisah di atas. Ini memang ciri khas orang Italia yang saya alami selama di sana.

Jika anda merasakan saus Bolognese dalam sajian spaghetti, apakah anda merasakan hal yang sama seperti saya? Sepertinya bumbunya tak jauh berbeda dengan lasagna, ya ‘kan? Ternyata memang demikian adanya setelah saya lihat di food court di Italia, si koki memasukkan bumbu racikan yang sama untuk spaghetti bolognese dan lasagna. Agar tidak diklaim oleh negara lain, pemerintah Italia sudah mendaftarkan makanan ini sebagai otentik milik mereka. Di Asia terkadang resep spaghetti bolognese sudah tercampur dari adaptasi gaya kuliner Amerika atau Austrlia yang juga menjadi pendatang orang Italia pada jaman dulu kala.

Sebelum kita memasak, saya jelaskan dulu tentang saus bolognese. Saus ini adalah racikan bawang putih dan beberapa rempah-rempah khas Italia. Resep asli saus menggunakan anggur putih sehingga rasanya dan tekstur daging setelah dicampurkan berasa berbeda. Untuk membuatnya kental dan penuh rasa, saus perlu ditambahkan tomat. Lalu sebagai penutup sajian adalah menaburi dengan parutan keju. Itu pun jika anda suka.

Langkah selanjutnya memasak seperti di bawah ini:

Bahan yang diperlukan:

  • 250 Gram spaghetti
  • 200 Gram daging sapi cincang
  • Air
  • 1 Bubuk spaghetti bolognese
  • Minyak secukupnya

Langkah memasak:

  1. Masak terlebih dulu spaghetti selama 10 menit dalam air yang sudah mendidih. Agar tekstur kekenyalan spaghetti, saya suka memasukkan sedikit minyak sayur ke dalam rebusan pasta.
  2. Setelah itu angkat dan tiriskan spaghetti.
  3. Panaskan minyak sayur di wajan. Tumis daging sapi cincang hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu masukkan air secukupnya untuk saus. Kemudian tambahkan bubuk spaghetti Bolognese. Masak dengan api kecil kurang lebih 5 menit.
  4. Jika anda suka, silahkan taburi dengan irisan keju. Siap disajikan untuk porsi 2-3 orang.

Mudah bukan? Maksud saya, tidak usahlah repot bagaimana membuat saus bolognese. Pergi ke supermarket dan dapatkan yang sudah tersedia!

Selamat mencoba!

Advertisements
Posted in: FOOD