FOOD

Ayo Masak, Nudeln mit Tomatensauce!

Setuju jika dikatakan tomat kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Caranya mudah untuk membuat saos tomat. Hancurkan tomat sehingga menjadi daging tomat yang halus lalu tambahkan berbagai bumbu yang anda suka saat dimasak dalam wajan panas.

Saos tomat diletakkan di atas nudeln/pasta.

Begini tampilannya setelah saos tomat diaduk rata ke dalam mie.

Inspirasi traveling membawa saya pada keinginan untuk mencoba resep lain asal Italia. Masakan selanjutnya adalah Nudeln mit Tomatensauce. Meski namanya terdengar Jerman, namun sesungguhnya bila ditelisik makanan ini berasal dari Italia. Masakan Italia sudah mendunia, begitu pendapat saya. Contohnya makanan ini yang menurut saya tidak jauh berbeda dengan ‘Pasta Saus Tomat.’ Setelah saya telusuri riwayat makanan ini, pasta saus tomat juga dibuat di negara lain semisal Amerika, Perancis, Inggris dan beberapa negara lain, bahkan hingga di Jerman. Hanya di sini, penyebutannya menjadi Nudeln mit Tomatensauce.

Tomat kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Tomat dipercaya mengandung antioksidan yang kuat sehingga tubuh mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker misalnya. Siapa pun setuju jika dikatakan tomat punya banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan dan kebugaran tubuh. Ini pula yang mendasari mereka yang suka masak, membuat saus tomat agar menambah kelezatan pasta. Pasta saos tomat sudah diklaim dalam buku resep dari seorang koki Italia pada sekitar abad 18.

Saos tomat sesungguhnya bagi saya mudah, saya bisa membeli yang sudah tersedia dalam bentuk kemasan di supermarket. Namun ada pula yang membuatnya secara khusus dari bahan dasar tomat. Daging tomat yang dipilih, dihancurkan secara halus. Panaskan wajan dengan minyak zaitun kemudian masukkan daging tomat yang sudah halus tersebut. Tambahkan garam dan sedikit gula sebagai penyedap rasa. Done! Namun ada pula saat memasak saos tomat, mereka menambahkan bawang putih atau bawang bombay sesuai selera anda lalu hancurkan dan masukkan sebelum daging tomat dimasak. Lain lagi untuk menambah rasa saos tomat, orang lain memasukkan lada, daun basil dan oregano yang dihancurkan setelah saos tomat setengah masak.

Selanjutnya, ayo kita masak!

Bahan yang diperlukan:

  • 3 liter konsentrat saus tomat yang bisa dibeli di supermarket.
  • 1 sendok teh kaldu sayur.
  • Bawang putih bubuk secukupnya.
  • Oregano bubuk secukupnya.
  • Garam dan merica.
  • Gula.
  • 150 Gram nudeln/pasta
  • Air.
  • Minyak sayur secukupnya.

Cara memasak:

  1. Masak air hingga mendidih kemudian masukkan nudeln. Tunggu hingga 10 menit baru matikan kompor. Tiriskan nudeln dan singkirkan.
  2. Panaskan wajan dan masukkan minyak sayur. Masukkan 3 liter kosentrat saus tomat ke dalam wajan dan kaldu sayuran penyedap rasa. Tambahkan bawang putih bubuk, oregano bubuk, garam, merica dan sedikit gula. Namun itu semua tergantung selera anda. Tambahkan air sedikit. Masak hingga mengental baik.
  3. Siap disajikan. Siapkan nudeln ke dalam piring lalu tuang saus tomat sebagai topping.

Catatan dari saya:

  • Untuk bubuk penyedap rasa sebagai tambahan, disesuaikan dengan selera anda. Jika anda suka pedas, maka anda bisa tambahkan bubuk paprika atau irisan cabai misalnya.
  • Anda juga bisa menambakan irisan daun basil dan tidak menambahkan bubuk oregano.
  • Jika rasa saos tomat terlalu masam, saya tambahkan gula tabur sebelum disantap.
  • Mungkin bagi anda, makanan ini terasa hambar. Anda bisa menambahkan daging cincang giling sebelum dimasukkan konsentrat saos tomat.

Selamat makan!

 

Advertisements

Categories: FOOD

Tagged as: , , , , , ,

5 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s