Kalbsschnitzel ‘Saltimbocca’ mit Kartoffelpüree: Masakan Khas Jerman (8)

Posted on November 2, 2017

0



Makan siang siap disantap, seperti di restoran.

Daging fillet sapi yang dilumuri bumbu dimakan bersama kentang tumbuk dan rotkraut

Daging sapi fillet diberi bumbu terlebih dulu sebelum dimasak.

Goreng dalam api kecil hingga berwarna kecoklatan.

Kentang tumbuk pun disiapkan.

Bingung mau masak apa? Pergilah saya ke supermarket dan mencari bahan makanan yang bisa dimasak kala hari libur kemarin. Saya dan suami akhirnya pergi ke tetangga sebelah, Austria maksudnya karena di sana tidak libur pada tanggal 31 Oktober. Mungkin berbelanja di Austria, saya bisa menemukan makanan yang baru untuk dicoba. 

Yeah, saya menemukan sesuatu di rak daging sapi. Ini semacam fillet daging sapi yang masih muda, schnitzel namun sudah diberi bumbu sehingga memasaknya lebih mudah. Lengkapnya ada yang mengatakan makanan ini adalah Kalbsschnitzel Saltimbocca, namun di kemasan hahya tertulis Saltimbocca. Mari kita ulas, makanan apa itu?

Cara memasak Saltimbocca menggunakan bahan-bahan seperti kayu untuk menusuk, daun ‘salbei‘ yang sudah dibersihkan, garam, merica dan mentega. Saya tidak dapat menerjemahkan daun salbei ke dalam bahasa Indonesia. Konon salbei tergolong rempah-rempah di daratan Eropa yang digunakan sebagai bumbu dapur. 

Untuk memasaknya, daging fillet tanpa lemak kemudian dilumuri dengan garam dan merica secukupnya di kedua sisi. Daun salbei bisa dibuat utuh lalu dijepit dengan tusuk sate begitu di daging. Namun ada juga daun salbei diiris halus lalu ditaburi di sekitar daging. Bisa tambahkan irisan paprika atau cabai yang halus di kedua sisi jika ingin pedas. Kemudian panaskan wajan dan goreng kedua sisi daging yang berbumbu dengan mentega. Goreng dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan. Masakan pun siap disajikan.

Kemudian untuk makanan pelengkap, saya menggunakan mashed potato atau kentang tumbuk seperti yang pernah saya ulas sebelumnya. 

Baca https://liwunfamily.com/2017/01/19/mashed-potato-atau-kentang-tumbuk-kartoffelbrei-makanan-khas-jerman-4/

Jika malas, anda bisa membeli bubuk kentang yang sudah jadi. Jangan lupa beri susu dan sedikit mentega saat mengaduk adonan! Mashed potato pun siap dihidangkan.

Agar semakin lengkap, sajian saya tambahkan rotkraut. Makan siang pun sudah siap ala restoran. 

Tertarik mencobanya?

Advertisements