Curryhuhn mit Kokosmilch und Salat: Masakan Asia di Jerman (3)

Posted on November 12, 2017

0



Makanan pertama, Curryhuhn mit Kokonosmilch.

Makanan kedua, salat khas Thailand.

Tak pernah habis mengulik soal makanan, terutama masakan asing di luar Indonesia. Kali ini saya membahas masakan dari negeri Gajah Putih. Mengapa? Saya rindu masakan Indonesia kemudian apa daya tidak sedang berada di wilayah yang ada restoran Indonesia plus saya malas masak. Wiken memang waktunya berburu makanan. Selain mencoba rasa baru, mungkin menarik saya bagikan lewat tulisan di sini.

Di kota München ada beberapa restoran franchise Thailand yang sudah punya nama. Artinya restoran ini tak pernah sepi dikunjungi peminat mulai dari orang Asia macam saya hingga mereka penduduk lokal yakni orang Jerman sendiri. Saya lupa nama restorannya, tetapi kali ini saya ingat nama masakan mereka. 

Pertama, Curryhuhn mit Kokosmilch. 

Nama masakan memang terdengar Jerman, namun sesungguhnya ini adalah masakan ayam bumbu karri. Untuk karri sendiri menggunakan santan, dimana di sini disebutnya Kokosmilch

Si pramusaji datang dengan ramah membawakan masakan ini kepada saya. Mungkin dikira saya orang Thailand karena ini sudah kesekian kali saya diajak bicara bahasa Thai namun saya hanya menjawab “Entshuldigung, Ich komme nicht aus Thailand.” Lalu mereka pun tersenyum maklum sambil pergi. Kadang mereka berpikir saya adalah orang Filipina. Lanjut ke cerita masakan!

Masakan ini berkuah agak kental karena mengandung santan kelapa. Rasanya enak menurut saya. Ada sayuran seperti labu dan daun bambu ditambah irisan cabai merah. Kuah karrinya benar-benar terasa, tidak encer hanya berasa air saja. Daging ayam fillet berupa potongan-potongan kecil. Saya suka sekali. Karena belum berasa pedas, saya tambahkan cabai kering khas Thailand. 


Kedua, salat khas Thailand.

Jika anda berkunjung ke Thailand, mereka punya berbagai pilihan salat yang patut dicoba. Saya biasa membahas salat resep buatan Mertua, sekarang saya sontek bagaimana salat buatan Thailand. 

Salat ini rasanya menyegarkan. Kuah cukanya tidak berasa kecut dan sedikit berasa manis mungkin pengaruh sayuran di dalam. Isiannya semua sayuran dan mie bihun halus. Sayuran ada daun selada air, tomat, bawang bombay dan cabai merah. Sepertinya membuat salat ini tak sulit, mungkin anda bisa praktikkan di rumah.

Begitulah perkenalan makanan khas Thailand yang saya cicipi. Semoga menginspirasi🍽

Advertisements