Mengapa Begitu Senang Orang Indonesia Datang ke Hong Kong?

Posted on November 13, 2017

7



Pertunjukan teknologi cahaya dan instrumen musik yang indah di Victoria Habour yang sayang dilewatkannya.

Kapal Ferry yang menghubungkan kedua wilayah Hong Kong.

The Peak, di sini anda bisa menyaksikan kota Hong Kong.

Ada tiket yang harus dibayarkan untuk menuju ‘The Peak’. 

Malam hari pun kota ini tak pernah sepi.

Wisata kuliner seperti street foods selalu enak menurut saya.

Peta transportasi publik MTR yang sudah tersistim dengan baik.

Bus menuju ke bandara yang memudahkan turis.

Ladies Market di siang hari.



Sebagai wilayah yang pernah menjadi koloni Inggris, Hong Kong punya beragam alasan mengapa harus dikunjungi. Bagi orang Indonesia pilihan berwisata ke Hong Kong menjadi pilihan yang mungkin dilakukan. Sebagian wilayah Hong Kong berada dekat dengan negara Tiongkok. Sebagian lagi yang menjadi pusat kota terpisah yang dapat dijangkau dengan kapal ferry. Keindahan panorama alam di antara kedua wilayah yang dipisahkan ini menimbulkan pemandangan yang unik dan menarik mata. 

Saya setuju dengan pendapat orang-orang yang datang hanya untuk bekerja atau wisata saja bahwa lahan di Hong Kong mahal. Begitu mahalnya hingga standar hotel untuk bintang dua atau bintang 3 saja membuat anda sulit untuk melonggarkan kaki di kamar hotel. Meski harga hotel di Hong Kong sesuai dengan besaran ruang di kamar, namun pilihan untuk datang ke Hong Kong begitu mudah. Apalagi promosi tiket pesawat menjadikan Hong Kong destinasi liburan yang sering dipilih orang Indonesia.

Berikut laporan pandangan mata dan mewawancari beberapa teman yang suka hilir mudik berwisata ke Hong Kong.

(1). Tak perlu visa

Yups, bagi orang Indonesia asal anda memiliki paspor dan tidak punya daftar cekal berpergian ke luar negeri tentunya anda bisa berpergian ke Hong Kong. Penerbangan langsung kira-kira tiga jam, namun saya memilih transit dulu di Bandara Changi, Singapura. Setelah tiba di Hong Kong, anda tinggal isi kartu kedatangan dan mengikuti prosedur pemeriksaan keimigrasian. Jika anda ingin langsung ke Macau, juga boleh memotong antrian dan mengikuti jalur khusus. Di sini anda akan mendapatkan semacam stiker sebagai bukti keimigrasian. Done! Anda bebas tinggal di Hong Kong selama 30 hari. Jika ingin tinggal lebih lama maka anda harus mengajukan visa di Konsulat Tiongkok dua minggu sebelum keberangkatan.

(2). Kulinernya enak

Begitu mudah mendapatkan makanan dari yang berkelas dan mahal hingga jajanan kaki lima. Hong Kong punya budaya wisata kuliner malam yang bisa anda temukan di pasar malam. Jika anda sering makan di restoran bergaya Tiongkok, anda perlu datang ke Hong Kong. Semua makanannya enak menurut saya. Hal menarik bagi anda yang berkocek tebal, silahkan buka daftar restoran yang sudah mendapat penghargaan terbaik! Hong Kong memberi award pada restoran-restoran terbaiknya. Jangan khawatir restoran berpredikat terbaik biasanya para staffnya berbahasa Inggris! Ada juga loh restoran Michelin di Hong Kong. 

(3). ‘Surga’ Belanja 

    Ini juga alasan menarik bagi para perempuan jika dikatakan Hong Kong adalah surga berbelanja. Di Hong Kong anda bisa mendapatkan barang bermutu dan berkelas hingga barang-barang yang sedang kekinian namun harganya terjangkau. Saya sampai datang berkali-kali hanya untuk membeli barang yang diinginkan di ‘Ladies Market.’ Di sini anda bisa menawar harga juga. Ini semacam area berbelanja tradisional dengan lapak-lapak yang memenuhi area di sepanjang jalan yang ditemukan. Meski namanya ‘Ladies Market’, ternyata banyak juga barang-barang keperluan kaum adam.

    (4). Multi-etnis

      Pemerintah Hong Kong bangga menyebutnya sebagai identitas ‘Asia’s World City’ dimana anda bisa menemukan berbagai etnis terutama Asia di sini. Di sini saya menemukan banyak juga orang Indonesia yang bekerja di sektor domestik. Pegawai hotel yang membersihkan kamar di hotel kedua yang saya tempati juga merupakan orang Indonesia. Saya mendengar sayup-sayup dia berbicara bahasa Jawa melalui telepon sembari membersihkan kamar. Dari dia, saya banyak bertanya soal transportasi atau wisata seputar kota Hong Kong. Tidak hanya etnis Asia saja di Hong Kong, banyak juga kaum migran dari berbagai bangsa yang datang untuk bekerja di sini. Sebagai wilayah yang pernah jadi ‘koloni’ Inggris, tentu bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar sehari-hari kedua. Banyak aksara latin sebagai petunjuk informasi publik yang mudah bagi turis dan pendatang. Selain itu, anda juga bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penduduk lokal dalam bahasa Inggris. 

      (5). Tempat wisata populer

      Di Hong Kong anda bisa mengunjungi Disneyland yang terkenal di dunia. Taman fantasi ini digemari sebagai wisata keluarga. Destinasi wisata yang menarik lagi adalah Victoria Park, baik malam hari maupun siang hari tempat ini menawarkan keindahan kota Hong Kong. Itu adalah sebagian lokasi wisata yang berbayar. Tempat wisata gratis juga bisa anda lakukan yakni menyaksikan cahaya lampu semacam pertunjukan dengan iringan musik di dekat pelabuhan. Anda juga bisa datang ke Avenue of Stars, dimana anda bisa berfoto di samping patung Bruce Lee yang legendaris itu. Atau mungkin tertarik dengan kemerlapan night market di Temple Street atau menikmati berbagai festival/karnaval yang kerap digelar di Lan Kwai Fong

      Kesimpulan

      Hong Kong bisa menjadi pilihan untuk berwisata bagi anda. Sekarang sudah banyak jalur penerbangan menuju Hong Kong dari Indonesia. Ada juga tawaran paket tur yang memudahkan anda di Hong Kong. Transportasi publiknya yang ramah bagi turis membuat siapa saja ingin berkeliling Hong Kong. Udaranya juga tidak terlalu terik jika siang hari, malahan anda bisa kedinginan di malam hari. Pastinya siapkan kocek anda sebelum menjelajah Hong Kong! 

      Semoga bermanfaat!

            Advertisements
            Posted in: TRAVELING