Nudeln mit Schinken: Masakan Khas Jerman (12)

Posted on November 13, 2017

0



Praktis dan mudah, silahkan dicoba!


Pastinya tak banyak bumbu dan bahan yang diperlukan, mudah dan murah penyajiannya.


Anda bisa mengganti nudeln sesuai selera dan kebutuhan.



Masak apa yang paling cepat kala makan siang tiba dimana anda tak punya banyak waktu untuk memasaknya. Di Indonesia yang biasa saya lakukan adalah memasak mie instan dan telor. Selain praktis, makanan itu mengenyangkan. Supaya tidak dikomplen banyak orang karena tak sehat, saya tambahkan aneka sayuran dan bumbu instan diganti dengan bumbu ulek yang saya siapkan sendiri. Bakmi Indonesia itu sudah dikenal di mancanegara loh.

Kali ini saya pikir hal serupa akan saya lakukan kala saya tak punya banyak waktu untuk makan siang dan memasak. Saya cek di kulkas, hanya schinken yang dipunyai. Schinken di Indonesia lebih dikenal sebagai ham, yakni produk daging yang sebenarnya sudah masak. Untuk memasaknya kadang direbus, dikeringkan, dipanggang atau diasap. Sebagai makanan yang sudah jadi, schinken ini juga bisa menjadi makanan kalt essen atau makan malam bagi kebanyakan orang Jerman. Tentunya pemotongan dan penyediaan produk daging ini disesuaikan dengan regulasi yang berlaku di wilayah Jerman. 

Baca https://liwunfamily.com/2017/08/27/kalt-essen-makanan-dingin-ala-jerman-tak-perlu-dimasak/

Masakan saya yang praktis dan cepat ini memang hanya membutuhkan schinken dan nudeln saja. Bagi anda yang tak suka berlama-lama di dapur atau tak tahu banyak cara memasak, bisa ditiru cara saya memasak berikut. 

Bahan yang diperlukan:

  1. Nudeln sesuai kebutuhan.
  2. Schinken secukupnya.
  3. Minyak sayur.
  4. Merica/paprika bubuk jika suka.

Cara memasak:

  1. Rebus air hingga mendidih dan tambahkan garam. Jika sudah mendidih, masukkan nudeln ke dalam air. Masak hingga 8-10 menit.
  2. Jika sudah matang, tiriskan dari air. Singkirkan sementara.
  3. Iris schinken menjadi potongan yang lebih kecil. 
  4. Panaskan wajan dan masukkan minyak sayur.
  5. Masukkan daging schinken, masak hingga beberapa menit. 
  6. Lalu masukkan nudeln yang sudah ditiriskan dari air. Aduk bersamaan hingga tercampur dan masak selama 2-3 menit. Tambahkan merica bubuk atau paprika bubuk jika suka. Selesai!

Saran penyajian:

  • Anda juga bisa mengganti bentuk nudeln sesuai selera. Kebetulan yang saya gunakan seperti fusilli
  • Anda juga bisa menambahkan telur yang sudah direbus terlebih dulu lalu dipotong-potong kecil. Masukkan bersamaan saat mengaduk nudeln dan schinken bersamaan.
  • Karena schinken sudah berasa asin, sebaiknya tidak ditambahkan garam atau kaldu apa pun. 
  • Jika ingin pedas, anda bisa tambahkan merica bubuk atau paprika bubuk sesuai selera.

Mudah ‘kan? Selamat mencoba!🍲

Advertisements