Mengapa Banyak Orang Berkunjung ke Istana Maimun, Medan?

Posted on November 15, 2017

0



Istana Maimun tampak depan.

Prasasti di depan istana bertuliskan bahasa Belanda bahwa istana ini baru didirikan pada tanggal 26 Agustus 1888, selesai pada tahun 1891.


Saya sudah sering menulis dari mancanegara, kali ini saya berputar kembali ke Indonesia. Siapa yang pernah berkunjung ke Medan, ibukota Sumatera Utara? Saya sering berkunjung ke sini ketika masih bekerja di Indonesia karena kami punya kantor proyek di sini juga. Acapkali ada pertemuan, bisa jadi diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara. Lagi pula, Medan termasuk lima kota besar di Indonesia. Siapa pun orang Indonesia pasti tahu dimana kota Medan!

Setelah rapat selesai, teman saya mengajak untuk pergi ke Istana Maimun. Sebenarnya ini bukan kali pertama saya berkunjung ke Medan dan datang lagi ke Istana Maimun. Perbedaannya, saya tidak pernah mendokumentasikan dengan baik. Karena teman saya tahu bahwa saya suka mengambil foto, akhirnya dia meminta saya mendokumentasikan dirinya saat di Istana Maimun. 

Dengan becak dari hotel, kami menuju ke jalan Brigjen Katamso yang menjadi lokasi istana ini. Mungkin anda bertanya, apa yang istimewa dari Istana Maimun? Atau mengapa sih kita wajib mengunjungi Istana Maimun? 

Berikut ulasan saya:

  • Alasan harga tiket masuk yang murah.



Istana Maimun menjelang senja hari. Cantik ya?

    Untuk masuk istana ini tidak gratis. Anda harus membayar Rp 5.000, itu jaman saya pergi ke sana. Ada yang mengatakan harga tiket masuk sekarang Rp 10.000. Bagaimana pun menurut saya harganya masih terbilang murah, tidak lebih dari 1€. Sedangkan di luar Indonesia, beberapa Istana mengenakan harga tiket masuk yang terbilang mahal. Harga tiket yang terjangkau diharapkan dapat menjangkau siapa saja untuk datang dan mencintai kekayaan negeri sendiri. 

    Jika anda berkunjung ke kota Medan, silahkan naik becak atau pesan taksi menuju ke sini! Ada yang mengatakan istana ini adalah landmark kota Medan. Harga tiket masuk yang murah tentu membuat siapa saja ringan hati untuk datang. Bagaimana menurut anda?

    • Alasan gaya arsitekturnya.

    Gaya arsitektur lekungan ini menandakan ciri khas Timur Tengah, bagaimana menurut anda?

    Hal menarik kedua adalah bangunan yang tak lekang oleh waktu ini juga punya ciri khas arsitektur yang komplit. Perpaduan budaya Melayu Islam, India hingga budaya Eropa seperti Spanyol dan Italia terlihat di sini. Contohnya ada beberapa pintu yang menunjukkan pengaruh Spanyol. Ini terlihat dari lekukannya khas bangunan di Spanyol. Sedangkan pintu yang lain bercirikan Timur Tengah dan India.

    Bangunan ini atas inisiatif  Sultan Deli, Sultan Mahmud Al-Rashid yang selesai dibangun pada tahun 1891. Ini terlihat dari prasasti di pintu utama. Katanya sih, arsiteknya berasal dari Italia. Ciri khas Eropa lainnya terlihat dari lampu-lampu yang menghiasi ruangan. Istana ini memiliki 30 ruangan, dengan hall utama yang berisikan singgasan kerajaan. Jadi istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli. 

    • Alasan suka sejarah.

    Ini Sultan Mahmoed Perkasa Alam yang menjadi inisiator pembangunan Istana Maimun. Foto diambil saat beliau berusia 29 tahun.

    Tak ada keterangan foto.

    Keterangan foto, ini isteri Saripaduka Sultan Osman Al Sani Perkasa Alam.

    Silsilah Kesultanan Deli.

    Suka sejarah? Wajib untuk menelusuri Istana yang indah ini. Istana ini bercirikan Melayu yang kental dengan perpaduan lintas budaya. Di ruang tamu dimana umumnya para keluarga kerajaan menerima tamu, semuanya bernuansa kuning keemasan. Jika diperhatikan warna kuning ini adalah lambang keagungan atau kejayaan. Melalui aksara berbahasa Belanda di prasasti pembuatannya, kita jadi tahu sejarah pendiriannya. 

    Nama lengkap Sultan Deli yang membangun Istana adalah Seripaduka Tuanku Sultan Mahmud Al-Rasyid Alam Shah (1858-1873). Beliau juga yang merintis banyak kerjasama perdagangan dan perkebunan untuk kesejahteraan rakyatnya pada jamannya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan datang ke sini!

    • Alasan untuk tempat berfoto

    Perhatikan larangan berfoto yang diberikan!

    Agar kekinian, tak lengkap rasanya jika tidak berfoto di istana yang indah ini. Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Ada juga jasa fotografer yang membantu anda jika mau di sini. Dan yang menariknya di sini anda bisa menyewa kostum khas budaya setempat. Setelah itu, anda bisa berpose dengan baju tersebut. 

    Kesimpulan

    Sambil menabung untuk pergi ke istana luar negeri, mungkin suatu saat anda bisa datang ke Istana Maimun yang tak kalah cantiknya. Istana Maimun juga salah satu istana termegah dan terindah di Indonesia. Semoga empat alasan di atas menginspirasi anda untuk berkunjung ke Istana Maimun, Medan.

    Advertisements
    Posted in: TRAVELING