Saure Grumbeere und Nudeln: Masakan Khas Jerman (13)

Siap disantap selagi hangat!

Ada mie, kentang, telur dan bawang goreng. Jika disimak cara memasaknya, seperti mie rebus.

Memasak makanan hangat selagi musim gugur yang dingin di luar kemudian menginspirasi saya membuat mie rebus pakai telur dan irisan cabai rawit. Karena rindu bakmi godok, saya intip masakan Jerman yang mirip. Saya cari di buku resep memasak tidak ketemu. Saya ingat Saure Grumbeere mit Nudeln ini resep kreavitas Oma Mertua yang diturunkan ke Ibu Mertua lalu kemudian saya mencobanya sendiri. Mudah ‘kok!

‘Saure Grumbeere mit Nudeln’ ini sebenarnya seperti bakmi godok atau bakmi rebus jika di Indonesia. Isiannya ada mie (nudeln), telur rebus dan kentang (Grumbeere). Mungkin jika anda paham bahasa Jerman dan sering mengikuti resep masakan saya, anda bertanya kok Grumbeere untuk menggantikan kata kentang, yang biasa disebut Kartoffel

Di Jerman sesuai penjelasan ibu Mertua, ada tiga tipe kentang yakni fest kochend yang biasa digunakan untuk kartoffelsalat, vorwiegend fest kochend yang umum digunakan untuk kentang goreng, kentang rebus atau kentang tumbuk. Terakhir, mehlig kochend, ini jenis kentang yang bila dimasak mudah hancur dan cocok untuk kentang tumbuk, perkedel atau kroket.

Setelah saya cari tahu rupanya grumbeere adalah sejenis umbi-umbian seperti kentang namun jenisnya berbeda. Kira-kira dari penjelasan tiga jenis kentang, grumbeere masuk pada jenis kentang mana? Jenis kentang grumbeere ini paling banyak ditemukan di wilayah Amerika bagian selatan. Kentang jenis ini lembut teksturnya, artinya tidak usah terlalu lama memasaknya seperti normalnya kentang pada umumnya. Hmm, menarik ya!

Kembali lagi ke menu masakan, saure grumbeere mit nudeln adalah makanan kreasi sendiri. Untuk kuahnya sesuai nama maka berasa masam yang berasal dari cuka sayuran. Cuka sayuran ini sebagian berasal dari wine untuk campuran masakan. Asamnya tentu berbeda dengan rasa masam pada cuka umumnya atau rasa masam dari perasan buah lemon. 

Agar menyegarkan, kuah diberi daun salam dan tumisan bawang bombay sebelumnya. Dimakan selagi panas, saure grumbeere mit nudeln sesuai untuk menghangatkan badan dan rasanya yang masam buat badan kembali bersemangat.

Bahan yang diperlukan:

  1. Air secukupnya.
  2. Nudeln atau mie yang sesuai selera anda.
  3. Grumbeere atau kentang.
  4. Telur sesuai selera anda.
  5. Bawang bombay yang diiris halus.
  6. Beberapa daun salam.
  7. Fett atau minyak sayur untuk menumis.
  8. Bawang goreng jika suka.
  9. Cuka sayuran.
  10. Kaldu sayuran, Maggi dan bubuk paprika pedas.


Cara memasak:

  1. Rebus air untuk memasak nudeln terlebih dulu dan tambahkan garam dalam rebusan air. Jika sudah mendidih, masukkan nudeln dan masak hingga 8-10 menit. Setelah matang, tiriskan airnya dan singkirkan sementara waktu.
  2. Rebus air untuk memasak grumbeere yang sudah dipotong-potong seukuran dadu. Beri garam pada rebusan air. Jika sudah mendidih, masukkan kentang dan masak hingga matang. 
  3. Panaskan wajan dan masukkan fett. Tumis bawang bombay yang sudah diiris halus dan masukkan daun salam ke dalam. Jika berasa harum, tambahkan air secukupnya untuk kuah kaldu. Masukkan kaldu sayuran ke dalam dan bubuk paprika.
  4. Masukkan telur dalam rebusan selama 5-8 menit dengan api sedang. Jika telur sudah setengah matang, masukkan kentang ke dalam kuah kaldu. Masak hingga 3-4 menit. Tambahkan cuka sayuran ke dalam kuah kaldu.

Saran penyajian:

  1. Ambil nudeln atau mie ke atas mangkuk. Masukkan kuah kaldu yang sudah dimasak. Taburi sebagai topping, bawang goreng.
  2. Bawang goreng hanya sesuai selera dan keinginan anda saja.
  3. Anda bisa juga bebas mengkreasikan dengan sayuran seperti sawi, tauge atau wortel.
  4. Jika kurang pedas, silahkan tambahkan irisan cabai sesuai keinginan anda.

Selamat menikmati!🥘

Advertisements


Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND, FOOD

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: