4 Poin Penting Bila Memelihara Ikan Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah

Memelihara ikan hias sebagai binatang peliharaan di rumah bukan perkara murah tetapi bagaimana kita mampu merawatnya dengan baik.

Anda juga perlu ketekunan untuk memelihara ikan hias di rumah.

Memelihara ikan hias di rumah seolah-olah memberikan kedamaian batin bagi pemiliknya. Bagaimana menurut anda?

Warna-warni ikan hias memberikan nuansa tersendiri dalam ruangan di rumah.


Siapa pun pecinta binatang biasanya mereka senang jika punya binatang peliharaan di rumah. Binatang peliharaan membawa suasana menyenangkan di rumah. Sebuah studi menunjukkan bahwa punya binatang peliharaan picu kebahagiaan bagi pemiliknya. Ternyata memelihara ikan hias bukan perkara mudah dan murah semata untuk memeliharanya. 

Baca https://liwunfamily.com/2017/01/03/punya-binatang-peliharaan-pets-picu-kebahagiaan/

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa untuk punya anjing saja di Jerman sebaiknya kita punya asuransi. Jika kita punya binatang lain semisal kucing juga maka perlu diperhatikan bagaimana kebutuhannya. Jangan sampai anda mendapatkan masalah dari komunitas pecinta hewan! 

Baca https://liwunfamily.com/2017/11/05/ingin-pelihara-anjing-tetapi-tak-mau-repot-ini-caranya/

Setelah melihat ikan hias di akuarium saat sedang berada di suatu restoran, saya berpikir mungkin cocok jika saya pelihara ikan saja di rumah. Suami saya tampak tak setuju karena ternyata memelihara ikan hias bukan perkara mudah dan murah saja. Meski kami berdua suka terhadap binatang dan menyenangi tingkah pola mereka yang lucu namun masih banyak pertimbangan sebelum anda memelihara binatang seperti ikan. Saya pikir punya ikan hias dalam akuarium di rumah merupakan hal yang asyik. Namun anda perlu perhatikan empat poin di bawah ini.

Akhirnya saya berkonsultasi dengan beberapa teman pecinta hewan dan memiliki hewan peliharaan di rumah. Berikut hasil diskusi yang perlu jadi pertimbangan bila ingin memelihara ikan yang baik.

1. Penyediaan air dan akuarium yang menunjang kehidupan ikan hias.

Terkadang kita mudah menggampangkan memelihara ikan dengan menyediakan akuarium saja dan menambah volum air ke dalam. Ternyata bukan hanya itu! Akuarium bukan seperti wadah ‘mangkuk’ besar agar ikan bisa tetap hidup. Untuk memelihara ikan, pertama-tama kita memastikan ukuran akuarium tersebut, apakah besar atau kecil? Dengan begitu, kita jadi paham berapa banyak ikan yang diperlukan dan suasana yang perlu dibangun di dalam akuarium sehingga menampilkan habitat aslinya. Jika ukuran akuarium besar, kita juga bisa menempatkan ikan yang besar dan lebih banyak. Jadi akuarium bukan soal keindahan semata namun kelayakan ikan hidup di dalamnya. Pastikan air yang diperlukan juga sesuai suhu dan ph yang dibutuhkan ikan.

2. Perhatikan jenis ikan hias yang dipelihara dan berkonsultasilah dengan ahlinya.

Sebagai pemula, sebaiknya ikan hias yang dipelihara bukan ikan yang berasal dari laut. Karena ternyata ikan yang diambil dari laut perlu diperhatikan suhu dan kadar garam yang memang disesuaikan dengan kondisi laut. Susah ya!? Anda bisa belajar dari tukang ikan hias bagaimana mereka merawat ikan-ikan dalam penangkaran? Lalu pastikan jenis ikan yang dipilih tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Misalnya nih pilih ikan besar dan ikan kecil, ternyata ikan besar memangsa ikan kecil. Tentu anda tak suka hal ini terjadi. Saran saya, konsultasi dulu dengan tukang ikan mana ikan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan anda. 

3. Kebersihan, pencahayaan dan filter akuarium.

Bagi anda yang malas merawat diri, jangan harap merawat hewan peliharaan! Bagaimana pun meski kita memelihara ikan, kita perlu membersihkan akuarium secara rutin. Anda perlu meluangkan waktu untuk memperhatikan kondisi dan kebersihan akuarium yang menjadi tempat tinggal ikan. Selain kebersihan, perlu diperhatikan juga pencahayaan di akuarium yang terbaik bagi kehidupan ikan. Saya pernah menonton film kartun ‘Finding Nemo’ bahwa ternyata dalam akuarium juga perlu diperhatikan sistim filtrasi bila ingin ikan hidup dengan layak. Filter akuarium berfungsi untuk menjaga kualitas kehidupan habitat ikan sesuai habitat alamnya, baik untuk ikan air tawar maupun untuk ikan air laut.

4. Perhatikan kebutuhan ikan hias seperti makanan dan dekorasi yang diperlukan.

Dekorasi ikan dimaksudkan memberi ikan suasana yang nyaman layaknya habitat alami. Anda bisa membeli aneka dekorasi dengan berkunjung ke toko ikan hias. Ada beberapa aturan seperti dekorasi yang disesuaikan dengan kebutuhan ikan dan tanaman yang diperlukan dalam akuarium sehingga aman untuk ikan. Selain itu, pemenuhan gizi ikan perlu diperhatikan sesuai jenis ikan yang dipelihara. Makanan jenis ikan hias air tawar tentu berbeda dengan ikan laut. Pakan ikan juga disesuaikan dengan kebiasaan makan ikan dan ukuran mulutnya.

Kesimpulan

Memelihara ikan hias di rumah menurut saya seperti memberi kedamaian batin. Meski memelihara ikan hias bukan seperti memelihara binatang lain dimana kita harus memikirkan apa yang akan terjadi jika kita pergi keluar rumah, namun memelihara ikan hias juga perlu ketekunan. Memelihara hewan peliharaan bukan hanya karena kecintaan semata tetapi lebih peduli pada kebutuhan yang diperlukan bagi hewan tersebut. 

Setelah saya pertimbangkan poin di atas, saya jadi berpikir ulang dan tidak untuk saat ini. Yakni punya binatang peliharaan dimana saya masih disibukkan dengan pernak-pernik kehidupan.

Jadi binatang peliharaan apa yang sudah anda pelihara di rumah?

Advertisements


Categories: OPINION

Tags: , , , , , , ,

7 replies

  1. Wah, klau ikan hias sy msh belum ya, blm berpengalaman gitu, dan saat ini memang tdk memungkinkan, krn tinggal d desa.

    Yg kmi pelihara skrg cuma kucing, anjing, dan ayam.

    Liked by 1 person

  2. Saya mah gak tau memelihara ikan,,. Biasanya ibu saya kalo dah pulang pasar, “dipelihara” sendiri. Abis itu dimasak atau digoreng. Saya cuma tau makan..
    Lho? Ini memelihara apa mksudnya? 😁😭😂

    Juskidd mbak .. 😊 #chukcle

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: