Tips Untuk Anda (23): 5 Pilihan Hadiah yang Diberikan pada Tuan Rumah bila Bertamu

Memberikan hadiah tanaman adalah salah satu cara tamu mengapresiasi undangan si empunya rumah.

Pernahkah anda diundang bertamu yang disertai jamuan makan, namun anda bingung kira-kira perlukah memberikan hadiah untuk si empunya rumah? Saya pernah dan undangan ini adalah kali pertama kami diundang sebagai pasangan yang baru menikah. Meski ini bukan kewajiban tamu bila diundang datang untuk membawakan hadiah, namun sebagai tanda simpati atas undangan bisa jadi anda memikirkan hadiah apa yang akan diberikan pada tuan rumah. Menurut saya, hadiah ini sebagai tanda kasih dan penghormatan atas undangan tuan rumah apalagi mereka juga pengantin baru yang baru pindah ke kota yang sama.

Pikirkan hadiah yang diberikan akan berarti dan berguna bagi keperluan dari keluarga yang dikunjungi. Itu yang menjadi alasan pilihan hadiah yang bisa anda berikan. Jadi tidak semata-mata soal harga atau nilai dari hadiah tetapi bagaimana keluarga yang dikunjungi dapat memanfaatkan hadiah yang kita berikan.

Berikut bisa jadi pilihan bagi anda untuk datang dan memberikan hadiah bagi si empunya rumah.

  1. Bunga hidup atau tanaman

Dulu tamu berkunjung memberikan bunga anggrek, sekarang di rumah anggrek sedang tak berbunga. Contoh tanaman yang dimaksud yang juga bisa diberikan sebagai hadiah.

Beberapa kali saya diundang datang untuk bertamu, ini hadiah yang paling mudah dan sederhana untuk diberikan. Meski si empunya rumah tak suka berkebun misalnya, namun hadiah bunga hidup akan berguna sebagai dekorasi rumah. Bukankah rumah akan terlihat indah dengan hiasan bunga hidup? Saya juga mendapatkan anggrek hidup yang indah saat mendapatkan kunjungan tamu. Beberapa tanaman hidup juga menghiasi ruang tamu sebagai hadiah. Ada juga bambu yang diikat dengan pita merah yang ternyata bermakna bagi tuan rumah.

Anda bisa datang ke toko bunga dan memilihkan kartu ucapan jika perlu. Berkonsultasilah kepada petugas toko bunga, bunga yang tepat sebagai hadiah kunjungan. Atau anda bisa membeli di supermarket bunga hidup yang perawatannya tak sulit dan terlihat menarik. Bunga hidup itu simbol kehidupan yang bermakna, tidak hanya dipandang sebagai hal yang romantis saja.

  1. Minuman alkohol

Untuk memberikan hadiah kepada empunya rumah, anda juga perlu melihat karakter dari si tuan rumah. Jika si tuan rumah tidak pernah minum alkohol, sebaiknya hindari pemberian hadiah ini. Minuman alkohol biasa diberikan di Jerman sebagai tanda persahabatan. Lagi pula minuman beralkohol seperti anggur yang berkualitas tinggi tentu bila disimpan semakin lama maka semakin enak. Tak heran, di tiap rumah di Jerman ada rak untuk menyimpan minuman beralkohol termasuk pemberian dari kolega atau sahabat yang berkunjung.

  1. Tekstil

Suatu kali saya diundang jamun makan siang, saya membawakan kain tenun dari Flores. Si empunya rumah adalah orang Jerman yang belum pernah datang ke Asia, termasuk Indonesia. Sambil menunggu persiapan jamuan, saya bercerita tentang kain tenun yang saya bawa. Saya ceritakan bahwa Indonesia kaya akan hasil tekstil secara tradisional, termasuk kain tenun yang pembuatannya memerlukan waktu satu bulan. Menarik ya! Kain itu akhirnya disimpan di rak pajangan di ruang tamu. Saya memilih kain tenun sebagai hadiah kepada tuan rumah karena itu adalah bagian dari budaya saya di Indonesia. Melalui hadiah, saya bisa memperkenalkan hal baru yang menjadi topik yang disukai untuk dibicarakan selama pertemuan. Tips selanjutnya tentu pilih hadiah yang unik!

  1. Cinderamata

Jam dengan desain menarik tergolong cinderamata.

Cinderamata ini bisa macam-macam, misalnya lukisan atau pigura foto yang kemudian bisa dimanfaatkan tuan rumah sebagai pajangan. Perhatikan karakter tuan rumah sebagai pengundang, yang tentunya cinderamata yang dimaksud berkaitan. Saat anda traveling lalu menemukan cinderamata yang menarik, anda bisa juga memberikan sebagai hadiah kunjungan. Cinderamata tentunya dimaksudkan anda memberikan hadiah yang bisa disimpan dan dipajang dalam rumah. Selain pilih cinderamata yang unik, pilih juga cinderamata yang mencerminkan tentang pribadi anda. Misal sewaktu anda suka traveling ke negeri Tiongkok, lalu ada menemukan kaligrafi yang bermakna kehidupan. Anda bisa berikan itu sembari anda menjelaskan maknanya pada tuan rumah.

  1. Perlengkapan rumah tangga

Perlengkapan rumah tangga yang dimaksud tentu yang menunjang aktivitas si empunya rumah. Tipsnya anda harus menyelediki kebiasaan atau minat dari tuan rumah. Misalnya, si tuan rumah suka memasak, anda bisa berikan alat masak terbaru. Atau berikan alat membuat jus yang berinovasi tinggi dimana jus tersebut akan menghasilkan konsetrat buah yang tinggi dibandingkan jus pada umumnya. Atau anda bisa berikan porcelain tea or coffee cup misalnya. Namun sebaiknya hindari hadiah yang merepotkan anda semisal sofa atau meja tamu, tentu anda tak perlu menghadiahkan itu. Pilih juga hadiah yang tidak menyinggung perasaan si tuan rumah, misal anda memberikan mesin kopi tetapi tuan rumah tak suka minum kopi misalnya.

Kesimpulan

Hadiah saat bertamu bukanlah keharusan. Umumnya dilakukan saat pertama kali kunjungan atau ada kebutuhan istimewa dibalik undangan, seperti yang saya ceritakan ketika saya pertama kali diundang jadi warga baru di suatu kota, pindah rumah, bos di kantor mengundang makan malam keluarga karena promosi jabatan, dan lain sebagainya. Hadiah dimaksudkan sebagai apresiasi atau penghormatan atas undangan tersebut.

Bagaimana pengalaman anda yang lain seputar undangan jamuan makan?

2 thoughts on “Tips Untuk Anda (23): 5 Pilihan Hadiah yang Diberikan pada Tuan Rumah bila Bertamu

  1. Waw, diundang dg ngsih hadiah buat tuan rumah. Menarik kyaknya ya. Mungkin bisa jg dicoba ide nya ya. Soalnya, biasanya sy hanya ngsh hadiah buat org yg mengundang sy di ultahnya.

    Thanks for the share.

    Liked by 1 person

Leave a comment