Hallstatt, Austria: Temukan Kedamaian Batin di Tepi Danau

 

wp-image-1351482405

Salah satu sudut di Hallstatt yang kerap gambarnya berseliweran di media sosial.

 

 

 

wp-image-885704254

Pemukiman yang masih lestari di pinggir danau Hallstatt menambah semarak pemandangan sekitarnya.

 

Mungkin bagi anda yang pernah menyimak lokasi UNESCO World Heritage yang berseliweran di facebook maka Hallstatt, Austria tidak asing lagi bagi anda. Atas informasi viral yang saya dapatkan di media sosial tersebut, saya pun cari tahu lokasi yang letaknya ternyata tak jauh dari tempat tinggal. Sebagai estimasi, google maps memperkirakan saya butuh 3 jam untuk tiba di lokasi dari rumah tinggal saya. Karena merasa tak jauh, saya dan suami pun berniat berkunjung ke sana dengan mengendarai mobil.

Jika anda berangkat dari Munich, Jerman maka ada banyak paket promosi tur untuk berkunjung ke Hallstatt. Tanpa ikut paket tur pun, rasanya mudah berkunjung ke Hallstatt dengan menumpang kereta dari stasiun Hauptbahnhof Munich menuju stasiun Hauptbahnhof Salzburg. Dari stasiun Salzburg, anda bisa tetap melanjutkan rute dengan kereta api dan turun di stasiun terdekat yakni Hallstatt Markt. Dari sini tentunya anda bisa menumpang ferry yang tersedia menuju lokasi danau terindah itu. Demikian pengalaman seorang rekan yang bercerita dengan menggunakan kereta, sementara saya dan suami berangkat menggunakan mobil. Namun jika anda tak mau repot, anda bisa mengikuti paket tur yang disediakan pemerintah setempat, berangkat dari kota Salzburg.

 

wp-image--1585808162

Pemandangan di sekitar danau.

 

 

wp-image--21556243

Salah satu Gereja yang berada di dekat danau.

 

 

wp-image--134545219

Angsa cantik bermain di danau.

 

 

wp-image--161000330

Pusat kota yang menawarkan kesejukan mata.

 

 

dig

Damai rasanya berada di pinggir danau ini.

 

Lokasi wisata ini awalnya merupakan tambang garam terbesar di dunia, tak jauh berbeda dengan kota Salzburg. Oleh karena itu Hallstatt dikenal dalam bahasa Jerman sebagai salah satu Salzwelten, yakni Salz adalah garam dan Welten adalah dunia. Kota Hallstatt tidak besar bahkan berjalan kaki menyusurinya danau saja sudah cukup tiga puluh menit. Kota yang diselimuti pegunungan di sekitarnya dan danau di tengah menjadikan pemandangan kota ini begitu indah dan damai.

Tidak ada tiket masuk untuk datang menyusuri danau. Jika anda suka menyusuri danau dengan sewa kapal, itu bisa jadi pilihan dengan beragam harga yang ditawarkan di sini. Di sekitar danau, saya menyaksikan bahwa rumah tradisional bergaya Jerman masih terpelihara di tempat ini. Memang Austria dan Jerman memiliki banyak kemiripan budaya dan tradisi, tidak hanya soal bahasa yang sama.

Begitu banyak turis datang hanya untuk menyaksikan keindahan danau ini. Anda pun berkesempatan untuk menikmati sajian masakan khas Jerman di restoran yang terdapat di pinggir pantai. Hal romantis ini yang diciptakan para pemilik restoran dengan menyajikan pemandangan indah di tepi danau bagi para turis yang datang.

Ada dua gereja yang tetap kokoh berdiri megah yakni gereja Katolik dan gereja Protestan. Bangunan ini juga menjadi ciri khas Hallstat bilamana anda mendapatkan gambarnya viral di media sosial. Ada banyak sisi foto bisa diambil, namun pastinya pemandangan danau tidak lepas dari rumah penduduk yang bergaya rumah tradisional Jerman. 

Perasaan damai itu yang saya rasakan kala saya datang pertama kali di Hallstatt. Merasa damai sesaat menikmati karya ciptaan Tuhan yang luar biasa indah dan mempesona. Di tepi danau, saya mendapatkan kedamaian batin kala air danau tenang dan pemandangan di sekitarnya yang menawarkan keagungan Tuhan. 

Siapa pun mata yang memandang lokasi ini tepat dikatakan bahwa kedamaian ada di sini. Seorang turis asal Tiongkok berpendapat bahwa pemandangan ini seperti layaknya di Surga karena memberikan kedamaian. Saya sependapat!

Advertisements


Categories: Uncategorized

2 replies

  1. Enjoying the beauty of nature is really amazing and peaceful as well.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: