wp-image-176491324

Advent datang pada tanggal 3 Desember nanti. Periode dimana umat Kristiani di seluruh dunia mempersiapkan diri menjelang Natal, hari kelahiran Yesus Kristus. Salah satu hal menarik yang selalu dijumpai di Jerman saat menjelang Natal adalah pasar malam yang diadakan setiap malam di tengah musim dingin dan rinai salju menyelimuti.

Pasar malam menjelang Natal menjadi ciri khas masyarakat Jerman, yang mayoritas penduduknya merayakan Natal. Pasar ini konon dimulai sejak ratusan tahun lalu untuk menjual segala kebutuhan persiapan perayaan Natal seperti kue-kue, lilin, makanan, dekorasi hiasan Natal hingga hadiah Natal untuk anak-anak. Makin berkembangnya pasar ini setiap tahun, akhirnya hampir di setiap kota pun rutin menggelar pasar musiman bagi penduduknya menjelang hari raya Natal

Konon pasar malam menjelang Natal yang tertua ada di Nürnberg, yang sudah digelar sejak lebih 300 tahun lalu. Christkindlesmarkt yang menjadi sebutan lain pasar malam menjelang Natal, yang terbesar termasuk di kota Nürnberg. Selanjutnya ada juga di kota Dresden dan kota Munich.

Warna-warni lampu menghiasi temaram berselimut salju menambah keindahan pasar malam ini. Bagi anda yang ingin berlibur ke Jerman menjelang Natal, anda wajib berfoto dibalik kemeriahan penduduk Jerman yang mempersiapkan diri sebelum Natal. Saya datang pada siang hari, lain waktu saya akan datang di kota lain saat malam hari.

Nantikan laporan pandangan mata selanjutnya!