Coba Masakan Yunani, Griechiesches Restaurant ‘Restaurant Elia’ di Bavaria 1: Rekomendasi Tempat (4)

Restoran tampak depan.

Daftar menu.

Saya pesan teh mint di sini, suami pesan Alpfelsaft.

Pergi ke Yunani? Tidak, berikut ini saya bagikan pengalaman petualangan rasa menikmati makanan di restoran bergaya Yunani. Jika di Jerman, restoran Yunani biasa disebut ‘Griechiesches Restaurant’ yang berasal dari kata ‘das Griechenland’, bahasa Jerman yang berarti Yunani.

Restoran ini terletak di wilayah Osterhofen-Altenmarkt, Bavaria. Kebetulan saya dan suami mencicipi petualangan masakan kala kami ingin bertemu teman yang lokasinya tak jauh dari restoran tersebut. Nama restorannya, Restaurant Elia. Suasana restoran yang diperlihatkan tampak hommy dan alunan musik berbahasa Yunani diperdengarkan selama kita makan di sana. 

Pramusaji pun ramah menyambut kami dari awal hingga selesai makan. Di akhir saat kami berpamitan, seorang pramusaji menyalami kami dan mengucapkan salam perpisahan. Mereka benar-benar ramah.

Bayangkan kami mendapatkan menu lengkap mulai dari welcome drinks, salat pembuka hingga dessert. Semuanya itu gratis, kita hanya membayar menu yang dipesankan saja. Menarik ya! Restorannya nyaman, bersih dan toilet umum dibuat semenarik dan senyaman mungkin untuk tamu. Di sini juga ada bar minuman, jika hanya ingin sekedar minum saja sambil duduk-duduk.

Ouzo, dua minuman mungil khas Yunani sebagai pembuka.

Bumbu pelengkap tersedia di meja, juga Ouzu dan Apfelsaft, milik suami.

Salat hidangan pembuka.

Roti baguette sebagai hidangan pembuka.

Pertama kali datang, pramusaji menyalakan lilin di meja kami. Kemudian dia datang lagi memberikan minuman pembuka yang secara tradisional biasa disajikan di Yunani. Namanya Ouzo, semacam minuman alkohol khas tradisional masyarakat Yunani. Minuman ini rasanya manis dan hangat di tenggorokan. Ouzo memang biasa ditempatkan sebagai minuman pembuka bersama makanan kecil lainnya di awal hidangan di Yunani.

Begitu tradisionalnya minuman ini hingga Ouzo diklaim sebagai produk Yunani. Jika datang ke Yunani pun, anda bisa singgah ke museum Ouzo juga. Saat datang ke restoran Yunani di Jerman, menurut suami saya maka Ouzo akan selalu disajikan di awal dan gratis. Ouzo diberikan dalam gelas kecil seperti layaknya anda meminum alkohol. Mungkin karena gratis jadi tamu hanya diberikan dalam gelas kecil. 

Ini semacam minuman yang tepat disajikan kala udara di luar memang sekitar 3 sampai 4 derajat celcius. Usai minuman pembuka, pramusaji datang lagi menawarkan salat pembuka. Tentu saja kami senang, gratis pula. Salat pembuka dan roti baguette tersedia di hadapan kami sebagai hidangan pembuka.

Salat pembuka terdiri atas aneka sayuran segar seperti salada hijau, salada merah, tomat, paprika, timun dan sebagainya. Dressing salat dibuat segar dan tidak masam. Rasanya luar biasa sembari kami menunggu menu makanan yang dipesan. Karena saya suka sayuran, maka salat itu pun habis tak tersisa. Ini enak dan gratis pula!

Nantikan makanan yang kami pesan di artikel kedua!❤

Advertisements


Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND, FOOD

Tags: , , , , , , , , ,

3 replies

  1. Anna thanks for recommendations in order to Greek cuisine, I love mediterranean cuisine, and olives oils and salad from greek, besides traditional goat cheese as yogurt…
    I hope you enjoy food cos if you ve got a bon appetite you´re knocking on heavens door and you aren´t Bob Dylan and no attendance in a gig, your body is the star with lots of flavors…
    Love
    David

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: